J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Produk Pertama Perusahaan Teknologi Terkenal, Ada yang Bisnis Makanan!

7 Produk Pertama Perusahaan Teknologi Terkenal, Ada yang Bisnis Makanan!

Senin, 30 Sep 2019, 11:00 WIB
Produk apa yang pertama kali dirilis oleh Apple? Kali ini Jaka bahas produk pertama yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan teknologi ternama!

Setiap kesuksesan pasti membutuhkan langkah pertama. Itulah yang dilakukan oleh banyak perusahaan-perusahaan teknologi ternama di dunia.

Ketika merilis produk pertama, mungkin mereka belum terbayang bisa berhasil seperti sekarang. Mereka hanya berusaha untuk memberikan produk yang terbaik.

Oleh karena itu, kali ini Jaka akan kasih kamu daftar produk pertama dari perusahaan teknologi ternama yang harus kamu tahu!

Produk Pertama Perusahaan Teknologi

Untuk apa sih mengetahui produk pertama dari perusahaan-perusahaan teknologi ini? Jaka jamin kamu bakal dapat banyak pelajaran berharga setelah mengetahuinya.

Kamu akan memahami bahwa kesuksesan mereka dimulai dari bawah. Setelah itu, mereka berjuang mati-matian agar bisa seperti sekarang.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah daftarnya!

1. Nintendo - Kartu Permainan

Produk Pertama Perusahaan Teknologi 1 Fe145
Sumber foto: Wikipedia

Salah satu perusahaan game terbesar di dunia sekaligus tertua adalah Nintendo. Bagaimana tidak, perusahaan ini berdiri sejak tahun 1889 oleh Fusajiro Yamauchi.

Ketika itu, ia membuat bisnis kecil dengan memproduksi kartu bermain bernama Hanafuda. Awalnya, Yamauchi sendiri yang mengecat kartunya.

Bisnis ini bertahan lama hingga tahun 1963, ketika nama perusahaan ini berubah menjadi Nintendo Company dan mulai merambah bisnis lain, termasuk perusahaan taksi dan beras instan.

Ekspansi ini membuat Nintendo hampir bangkrut karena banyak yang tidak berhasil. Untunglah, pada tahun 1971 mereka mulai merambah industri video game dan cerita kesuksesan pun dimulai.

2. IBM - Mesin Tabulator (Mesin Hitung)

Produk Pertama Perusahaan Teknologi 2 0bb14
Sumber foto: IBM

International Business Machine alias IBM merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Perusahaan ini dijuluki sebagai big blue.

Perusahaan ini telah ada sejak akhir abad 19, setelah beberapa perusahaan melakukan merger. Nama IBM sendiri baru digunakan mulai tahun 1924.

Lantas, produk apa yang pertama kali diproduksi oleh IBM? Jika kita menggunakan nama lama, maka produk pertama dari IBM adalah mesin tabulator yang digunakan untuk menghitung.

Dengan mesin yang diciptakan pada tahun 1896 ini, kita akan mampu memproses informasi atau data dengan meletakkannya di sebuah tabel.

3. Sony - Radio Transistor

Produk Pertama Perusahaan Teknologi 3 C62f1
Sumber foto: Flickr

Perusahaan lain asal Jepang, Sony juga memiliki sejarah yang cukup panjang. Perusahaan ini berdiri setelah perang dunia kedua dan mulanya hanya sebagai toko elektronik.

Waktu itu, namanya masih Tokyo Tsushin Kogyuo atau Tokyo Telecommunications Engineering Corporation.

Mereka menciptakan tape recorder pertama Jepang. Produknya ini banyak digunakan oleh pemerintah Jepang. Meksipun kecil, bobotnya mencapai 35 kg.

Perusahaan ini berubah nama menjadi Sony pada tahun 1958, namun telah memliki produk radio transistor dengan merek Sony yang muncul pada tahun 1955.

Produk Pertama Lainnya . . .

4. Samsung - Televisi Hitam Putih

Produk Pertama Perusahaan Teknologi 4 24cc2
Sumber foto: Flickr

Samsung bisa dibilang merupakan salah satu raksasa elektronik di dunia, termasuk memproduksi smarpthone Samsung yang terkenal.

Awalnya, Samsung merupakan toko jual beli bahan makanan yang didirikan pada tahun 1938 oleh Lee Byung-Chull.

Setelah perang Korea, Lee memperluas bisnisnya ke bidang lain seperti tekstil. Samsung memasuki industri elektronik pada tahun 1969.

Produk pertama mereka adalah sebuah televisi hitam putih, bahkan hingga diekspor ke luar negeri. Setelah itu, perkembangan lini bisnis ini berkembang dengan sangat pesat hingga sekarang.

5. Apple - Apple I

Produk Pertama Perusahaan Teknologi 5 8af78
Sumber foto: Cult of Mac

Mungkin kamu sudah sering membaca bahwa Apple didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak pada tahun 1976 di garasi rumah Jobs.

Produk pertama mereka adalah Apple I, sebuah komputer yang dirancang oleh Wozniak dan diperkenalkan ke publik pada ajang Homebrew Computer Club.

Berbeda dengan komputer biasa, waktu itu Apple I hanya dijual dalam bentuk motherboard tanpa kerangka PC, monitor, ataupun keyboard.

Meskipun begitu, produk inilah yang akan mengantarkan Apple menjadi salah satu perusahaan yang paling bernilai di dunia berkat inovasi-inovasi produknya.

6. Microsoft - Bahasa Pemrograman BASIC untuk Altair 8800

Produk Pertama Perusahaan Teknologi 6 58aea
Sumber foto: Wikipedia

Microsoft bisa menjadi besar karena sistem operasi untuk komputer, Windows. Ternyata, sejak awal perusahaan ini terbentuk mereka sudah berfokus pada sistem operasi.

Pada tahun 1975, Paul Allen dan Bill Gates sama-sama memutuskan untuk drop out dari kampus mereka agar bisa mendirikan Microsoft di Albuquerque, New Mexico, Amerika Serikat.

Mereka berdua sama-sama penggemar komputer. Ketika mendirikan perusahaan, mereka membuat bahasa pemograman BASIC yang digunakan untuk komputer Altair 8800.

Allen dan Gates mendapatkan ide ini setelah membaca majalah Popular Mechanics. Setelah itu, mereka menciptakan Windows yang dituduh Steve Jobs sebagai benda tiruan.

7. Xiaomi - Xiaomi Mi1

Produk Pertama Perusahaan Teknologi 7 F6922
Sumber foto: Gizmochina

Perusahaan asal China, Xiaomi, bisa terbilang paling muda di antara perusahaan lain yang ada di daftar ini.

Xiaomi didirikan pada tahun 2010 dan bermarkas di Beijing. Mereka berfokus pada benda-benda elektronik yang digunakan sehari-hari, seperti smartphone, aplikasi mobile, dan perangkat rumah.

Produk pertama yang dirilis oleh Xiaomi adalah sebuah smartphone bernama Xiaomi Mi1 dan membawa Xiaomi menjadi produsen smartphone terbesar di China pada tahun 2014.

Akhir Kata

Itulah produk-produk pertama yang dihasilkan oleh perusahaan teknologi ternama. Ada yang tetap konsisten, namun ada juga yang berpindah haluan.

Mana menurutmu yang paling fenomenal? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Perusahaan atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah.

ARTIKEL TERKAIT
7 Perusahaan Game Yang Paling Dibenci Para Gamer Hobinya Menguras Kantong Gamer 53dd0

7 Perusahaan Game yang Paling Dibenci Para Gamer, Hobi Menguras Kantong Gamer!

Ceo Teknologi Kena Hack D8cfc

5 Bos Perusahaan Teknologi yang Pernah Kena Hack | Mark Zuckerberg Paling Parah!

7 Perusahaan Game Paling Dihormati Di Dunia Nggak Pernah Mengecewakan 2da16

7 Perusahaan Game Paling Dihormati di Dunia, Nggak Pernah Mengecewakan!

7 Ceo Terbaik Dari Perusahaan Teknologi Yang Disukai Karyawannya 7a3c6

7 CEO Terbaik Perusahaan Teknologi yang Disukai Karyawannya, Bikin Betah Kerja!

5 Alasan Utama Kenapa Ea Menjadi Perusahaan Game Paling Dibenci Serakah Dan Kepala Batu 3c2de

5 Alasan EA Menjadi Perusahaan Game Paling Dibenci | Serakah dan Kepala Batu!

5 Perusahaan Game Yang Bangkit Dari Kematian Kesempatan Kedua Para Raksasa Industri Game 424ee

5 Perusahaan Game yang Bangkit dari Kematian, Nggak Cuma Telltale Games!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal