J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Aplikasi Google untuk Kerja dan Belajar dari Rumah (WFH), Anti Ribet!

7 Aplikasi Google untuk Kerja dan Belajar dari Rumah (WFH), Anti Ribet!

Sabtu, 28 Mar 2020, 19:00 WIB
Google menciptakan beragam produk unggulannya untuk membantumu bisa bekerja dan belajar di rumah. Apa sajakah produk-produk favorit tersebut? Simak ulasannya berikut!

Merebaknya virus Corona akhir-akhir ini membuat banyak perusahaan dan instansi pendidikan terpaksa menerapkan kebijakan Work From Home (WFH).

Artinya, semua pekerjaan dan aktivitas pembelajaran dilakukan dari rumah demi mengurangi interaksi fisik antar manusia yang jadi pemicu penularan virus Covid-19.

Nah, beragam aplikasi dan produk online yang membantu kegiatan WFH pun bermunculan dan berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik bagi para penggunanya.

Google pun tak mau kalah loh, geng. Perusahaan teknologi terbesar ini menawarkan sederet produknya untuk membantu mempermudah kegiatan WFH. Apa sajakah itu?

Produk Google untuk Kerja dan Belajar di Rumah (WFH)

Google selalu berinovasi untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya saat beraktivitas.

Salah satunya lewat berbagai macam aplikasi buatan Google yang membantumu dalam bekerja ataupun belajar di manapun, termasuk di rumah.

Daripada berlama-lama, yuk simak ulasan berikut ini!

1. Google Drive

1 Custom A2b57
20121226061715_235
Google Drive 1.31.2755.2156
Apps Downloader & Plugin Google
DOWNLOAD

Pasti kamu familiar dengan aplikasi yang satu ini, bukan? Ya, Google Drive merupakan layanan penyimpanan online (cloud) milik Google.

Sejak diluncurkan tahun 2012, Google Drive sudah menjadi tempat penyimpanan online utama di berbagai perusahaan dan instansi pendidikan, geng.

Fitur sharing folder yang disediakan aplikasi ini memudahkan para karyawan ataupun tenaga pendidik untuk membagikan dokumen dan file kepada koleganya ataupun para siswa tanpa harus ribet mengirimkannya satu-satu via email.

2. Hangouts Meet

2 Custom Ce499
Logo Google Hangoutsmeet Icon
Hangouts Meet 38.0.294499117
Apps Social & Messaging Google Inc.
DOWNLOAD

Nah, kalau aplikasi yang satu ini sudah biasa digunakan oleh perusahaan untuk saling melakukan video conference antar tempat yang berbeda. Jadi tidak perlu adanya pertemuan fisik secara langsung, geng!

Selain perusahaan, sekolah juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk melakukan kegiatan belajar-mengajar dari rumah. Kerennya, Hangouts Meet bisa digunakan untuk menggelar pertemuan besar hingga 250 peserta per kelas, loh!

Nah, untuk semakin memaksimalkan pelayanan, Google menggratiskan fitur Hangouts Meet secara gratis hingga 1 Juli 2020. Kamu bisa live streaming hingga 100.000 penonton dalam suatu domain!

3. Google Classroom

3 Custom 5756e
Google Classroom D6e2d
Google Classroom 6.1.065.00.44
Apps Productivity Google LLC
DOWNLOAD

Aplikasi kelas online yang disediakan Google ini memang sangat membantu siswa dan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Terintegrasi dengan fitur Google lainnya, kamu bisa belajar dengan lancar dan mudah.

Saat dibuka, pengguna akan memilih satu peran di antara pengajar dan murid. Nantinya untuk mengakses kelas, murid harus mengetahui kode kelas yang sudah dibuat oleh pengajarnya.

Di Google Classroom tersedia juga laman tugas untuk para murid. Kerennya, karena aplikasi ini sepenuhnya menggunakan akun Google, bentuk tugas beserta deadline-nya bisa dicatatkan ke Google Calendar.

4. Google Docs, Sheets, and Slides

4 Custom 9c13d

Bagi pengguna setia produk Google, pastinya sudah tidak asing dengan ketiga fitur ini, bukan? Tergabung dalam G Suite bikinan Google, ketiganya dirancang sebagai saingannya Microsoft.

Yang jadi keunggulan ketiga aplikasi ini, kamu tidak perlu menekan tombol Save setiap kali hendak menyelesaikan tugas.

Aplikasi tersebut bakal secara otomatis melakukan penyimpanan setiap kali kamu selesai membuat perubahan pada dokumen.

Selain itu, dokumen yang kamu buat di sini akan otomatis tersimpan di Google Drive. Mau dibagikan kepada orang lain? Gampang! Tinggal menyalin link dokumen tersebut dan membagikannya kepada mereka.

5. Google Form

5 Custom Edf93
Formsapp For Google Forms D9a13
FormsApp for Google Forms 3.3.5
Apps
DOWNLOAD

Google Forms sebenarnya masih menjadi termasuk dalam G Suite bersama dengan beberapa aplikasi lainnya, seperti Google Documents, Google Sheets, dan Google Slides.

Aplikasi ini sering dipakai untuk membuat tugas survei dalam pekerjaan atau kuliah, khususnya artikel penelitian atau skripsi. Tak sedikit juga yang menggunakannya untuk pendaftaran online acara atau seminar.

Kelebihan dari Google Form adalah mampu mengolah ratusan data yang sudah terinput menjadi sebuah diagram ilmiah dengan sangat mudah. Hasil data inilah yang bisa dimanfaatkan penggunanya untuk keperluan ilmiah ataupun bisnis.

6. Google Duo

6 Custom 02594
Google Duo Icon
Google Duo 52.0.243391789
Apps Social & Messaging Google Inc.
DOWNLOAD

Aplikasi ini mirip dengan Hangouts Meet, yakni sama-sama merupakan produk yang menonjolkan video call sebagai fitur utamanya, lengkap dengan keunggulannya masing-masing.

Yang membedakan, Google Duo hanya memiliki fitur yang berfokus ke panggilan video antar-pengguna secara privat alias berdua saja. Aplikasi ini tidak mendukung multi video call lebih dari 2 orang.

Maka dari itu, aplikasi ini akan cocok buat karyawan yang akan melakukan video call dengan client ataupun boss, demikian juga dengan guru atau dosen yang akan melakukan ujian lisan secara online kepada murid atau siswanya secara privat.

7. Google Calendar

7 Custom 4c7b0
Gcalendar Icon
Google Calendar 5.6.10
Apps Productivity Google Inc.
DOWNLOAD

Siapa yang tidak tahu aplikasi Google yang satu ini? Tidak hanya dipakai untuk keperluan agenda pribadi, Google Calendar juga bisa digunakan secara maksimal untuk keperluan WFH, loh!

Google Calendar terintegrasi dengan aplikasi Google lainnya yang digunakan untuk WFH, seperti Google Classroom ataupun Hangouts Meet. Dari sana, jadwal tugas beserta deadline bisa dicantumkan di Google Calendar.

Di Google Calendar, kamu juga bisa menentukan siapa saja yang akan mendapatkan pengingat di jam yang sama. Cara ini bakal sangat membantu produktivitas tim atau kelas kendati harus bekerja dari rumah.

Akhir Kata

Itulah tadi sederet produk Google untuk kerja dan belajar di rumah, geng. Aplikasi mana saja yang sudah dipakai oleh kantor, sekolah, atau kampusmu?

Silakan share dan komen artikel ini untuk terus mendapatkan informasi, tips & trik dan berita dari Jalantikus.com.

Baca juga artikel seputar Google atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT

10 Keyword Tersembunyi Google Search yang Bikin Browsing Makin Asyik!

5a958f20conversation Startersxxxlarge2x

5 Bahasa Asing yang Harus Dikuasai Selain Bahasa Inggris, Wajib Install Aplikasi Translator!

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris 068bb

10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik 2020 | Android & iOS!

20130423181157_1218

32 Aplikasi Google Play Store Terinfeksi BadNews

10 Hal Menarik Google Inbox Banner

10 Hal Menarik dari Google Inbox Dibandingkan Aplikasi Email Lainnya

Game Penghasil Pulsa B835a

10 Aplikasi & Game Penghasil Pulsa di Android Tercepat & Terbaik

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Hati-Hati! 7 Aplikasi Buatan Google ini Ternyata Berbahaya untuk HP Android Kamu

Hati-Hati! 7 Aplikasi Buatan Google ini Ternyata Berbahaya untuk HP Android Kamu

7 Prank April Mop Google Paling Terseru, Ada Teknologi Time Travel?

7 Prank April Mop Google Paling Terseru, Ada Teknologi Time Travel?

Cara Membuat Google Form Paling Mudah & Anti Ribet, Cuma 3 Menit!

Cara Membuat Google Form Paling Mudah & Anti Ribet, Cuma 3 Menit!

5 Aplikasi yang Bisa Bantu Kerja dari Rumah (WFH), Antisipasi Virus Corona!

5 Aplikasi yang Bisa Bantu Kerja dari Rumah (WFH), Antisipasi Virus Corona!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal