J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Jony Ive Mundur, Ini 10 Produk Apple Terbaik yang Pernah Didesain Olehnya

Senin, 8 Jul 2019, 21:00 WIB
Berita tentang hengkangnya Jony Ive dari Apple menimbulkan kehebohan sendiri. Padahal, banyak produk terbaik Apple merupakan buah karyanya!

Beberapa hari kemarin, kabar mengejutkan datang dari Apple. Bukan merilis handphone baru, melainkan keluarnya kepala desain mereka, Jony Ive.

Ada beberapa alasan yang mencuat terkait hengkangnya Ive. Ada yang mengatakan ia tidak cocok dengan CEO Apple, Tim Cook. Ada juga yang berkata ia ingin mendirikan perusahaan sendiri.

Mau yang mana pun alasannya, kita patut berterima kasih kepada Ive karena ia telah memberikan banyak sekali produk-produk Apple yang indah berkat desainnya.

Oleh karena itu, kali ini Jaka mau kasih kamu daftar produk-produk terbaik Apple yang didesain oleh Jony Ive!

Produk Apple Terbaik yang Didesain Oleh Jony Ive

Sir Jonathan Paul 'Jony' Ive merupakan seorang desainer yang lahir dan besar di Inggris. Ive belajar desain di University of Northumbria di Newcastle, Inggris.

Ia bergabung dengan Apple sejak tahun 1992, hingga memutuskan untuk mundur di tahun 2019. Setelah 27 tahun, Apple harus kehilangan desainer terbaiknya.

Ciri khas dari Ive adalah desain minimalis yang terlihat dari produk-produk Apple. Hal tersebut sejalan dengan filosofi mendiang Steve Jobs, sehingga mereka berdua sangat cocok.

Dalam rentang waktu yang cukup panjang untuk sebuah karir, tentu pasti ada karya fenomenal yang dihasilkan oleh Ive selama di Apple.

Oleh karena itu, kali ini Jaka mau kasih kalian daftar 10 produk terbaik dari Jony Ive untuk Apple yang Jaka anggap paling terbaik sekaligus fenomenal.

1. iMac G3 (1998)

Produk Apple Terbaik Jony Ive 1 59e65
Sumber foto: 512 Pixels

Di awal era komputer personal mulai booming, bentuk PC sangat membosankan jika tidak bisa dibilang mengerikan. Berbentuk kotak dan berwarna abu-abu menjadi ciri khas komputer zaman itu.

Sekembalinya Jobs ke Apple, ia merombak semua PC Apple yang seperti itu. Ive menawarkan desain komputer yang indah yang kelak akan diberi nama iMac G3.

Alih-alih berwarna suram, Ive dengan berani membuat komputernya berwarna Bondi Blue yang terlihat menyegarkan. Bahkan, setelah itu rilis iMac G3 versi warna lain, mulai Lime hingga Strawberry.

Apalagi, desain dari komputer ini dibuat semi transparan sehingga kita bisa melihat apa yang ada di dalam komputer ini.

2. iBook G3 (1999)

Produk Apple Terbaik Jony Ive 2 1bda5
Sumber foto: Flickr

Tidak hanya komputer, Jobs dan Ive juga mengubah total bentuk laptop Apple yang mereka miliki. Hasilnya adalah iBook G3 yang berbentuk seperti cangkang.

Konsep desain yang dimiliki oleh iMac G3 diterapkan untuk laptop ini sehingga siapapun yang sedang bekerja dengan laptop ini akan menarik perhatian orang lain.

Laptop ini dibuat dengan bahan karet dan plastik. Lebar layarnya sendiri 12.1 inci. Bahkan, laptop ini memiliki handle sehingga memudahkan kita untuk membawanya ke mana-mana.

3. Power Mac G4 Cube (2000)

Produk Apple Terbaik Jony Ive 3 26822
Sumber foto: Macworld

Desain benar-benar menjadi perhatian Jobs untuk menyelamatkan Apple dari kebangkrutan. Setelah keberhasilan iMac G3 dan iBook G3, ia dan Ive merilis Power Mac G4 Cube.

Komputer tersebut sama sekali tidak mirip dengan komputer yang diproduksi oleh perusahaan lain. Ia berbentuk kotak yang dilapisi oleh polikarbonat dan lebih kecil dari kebanyakan PC.

Berbeda dengan iMac G3 yang sudah termasuk layar, kamu membutuhkan monitor agar bisa menggunakan Power Mac G4 Cube.

Biasanya, PC ini dikombinasikan dengan monitor Apple Studio Display dan perangkat-perangkat lain seperti keyboard, mouse, dan speaker.

Produk Apple Lainnya . . .

4. iPod (2001)

Produk Apple Terbaik Jony Ive 4 30e1c
Sumber foto: Gadget Mill

Jika ditanya barang apa yang paling menyelamatkan Apple dari kebangkrutan di awal tahun 2000-an, mungkin jawabannya adalah iPod.

iPod memang bukan MP3 player pertama, tapi perangkat ini memang memulai revolusi industri musik di kala itu. Perangkat lagu ini mampu diisi hingga 1.000 lagu sekaligus.

Apalagi, desainnya dilengkapi dengan scrool wheel pintar yang membuat kita bisa memilih lagu dengan cepat. Antarmuka yang dimiliki juga sangat ramah terhadap pengguna.

iPod memiliki beberapa varian mulai dari iPod Shuffle, iPod Mini, hingga iPod Touch. Kepopulerannya habis secara perlahan ketika iPhone dirilis pada tahun 2007.

5. iMac G4 (2001)

Produk Apple Terbaik Jony Ive 5 4d720
Sumber foto: The Mac Stop

Keindahan desain yang dimiliki iMac G3 berlanjut ke generasi selanjutnya, iMac G4. Sebagai komputer all-in-one, iMac G4 ini memiliki desain yang anti mainstream.

Sekali lagi Ive berhasil membuktikan diri sebagai desainer papan atas. iMac G4 memiliki layar datar yang tipis dengan penyangga yang bisa digerak-gerakkan.

Saking spesialnya komputer ini, iMac G4 pernah menjadi kover majalah Time bersama CEO Apple, Steve Jobs.

Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2001, komputer ini jelas terlihat sebagai benda yang datang dari masa depan.

6. iPhone (2007)

Produk Apple Terbaik Jony Ive 6 0ea3a
Sumber foto: Macworld

Setelah Apple kian membesar berkat keberhasilan produk-produknya, mereka mengembangkan sayap dengan membuat ponsel pintar pertama mereka.

Dirilis tahun 2007, iPhone diumumkan sebagai gabungan antara iPod, telepon, dan perangkat untuk terhubung dengan interet.

iPhone pertama memiliki layar selebar 3.5 inci dan mungkin menjadi handphone populer pertama yang dilengkapi dengan fitur layar sentuh.

Lini iPhone menjadi salah satu sumber pemasukan utama dari Apple, di mana tahun ini dijadwalkan akan merilis iPhone 11.

7. MacBook Air (2008)

Produk Apple Terbaik Jony Ive 7 9b7d6
Sumber foto: Mobile Outfitters

Setelah merilis iBook G3, desain dari laptop Apple terkesan monoton, baik seri PowerBook, iBook, hingga Macbook.

Lantas, mereka merilis laptop paling tipis sedunia, MacBook Air, pada tahun 2008. Saking tipisnya, laptop ini bisa masuk ke dalam amplop cokelat, geng.

Apalagi, laptop ini memiliki desain yang indah, layar lebar, dan full-size keyboard. Tentu kita tidak bisa melepaskan peran Ive sebagai kepala desain di sini.

8. iPad (2010)

Produk Apple Terbaik Jony Ive 8 01225
Sumber foto: 9to5Mac

Ketika diumumkan ke publik, banyak orang yang nyiyir ke iPad dan menganggapnya hanya sebagai iPhone versi lebih besar.

Kenyataannya, pada akhirnya banyak produsen lain yang ikut memproduksi tablet seperti Samsung. Lagi-lagi Apple mematahkan perkataan orang.

iPad memang terlihat sangat menarik karena desainnya yang indah serta konsep untuk menggabungkan smartphone dan laptop.

Mungkin karena desain inilah Apple berhasil menjual tablet, sedangkan Microsoft dan perusahaan lain tidak begitu berhasil.

9. Apple Watch (2014)

Produk Apple Terbaik Jony Ive 9 Ec27b
Sumber foto: 9to5mac

Salah satu produk Apple yang tergolong baru adalah Apple Watch. Gadget ini memiliki bodi yang terbuat dari stainless steel dengan tali jam yang bisa diganti-ganti.

Meskipun bukan smartwatch pertama yang ada di pasaran, banyak orang menganggap Apple Watch worth it untuk dibeli terutama oleh pengguna iPhone.

Sekali lagi, Apple berhasil membungkam para skeptis yang ragu akan keberhasilan jam tangan pintar ini menggeser kedudukan jam konvensional.

Sedihnya, Apple Watch merupakan salah satu produk terakhir yang menjadi karya Ive di Apple.

10. Apple Park (2017)

Produk Apple Terbaik Jony Ive 10 1519b
Sumber foto: Cult of Mac

Tidak cuma perangkat yang dijual oleh Apple, Jony Ive juga memiliki konstribusi dalam merancang markas Apple, Apple Park.

Meskipun Apple Park diarsiteki oleh Normas Foster, Ive memiliki peran yang tidak sedikit dalam menentukan desain gedung yang disebut spaceship beserta tamannya.

Ive ingin memastikan bahwa roh dan filosofi yang dipercaya Apple harus bisa tergambarkan oleh Apple Park.

Akhir Kata

Mau diakui atau tidak, kepergian Jony Ive akan merugikan Apple. Semenjak Steve Jobs wafat, Apple dianggap seperti kehilangan jati dirinya.

Apalagi, bisa jadi desain dari produk-produk Apple setelah ini akan mengalami penurunan kualitas sehingga Tim Cook mungkin akan menyesal karena membiarkannya pergi.

Walaupun dikabarkan Ive akan tetap menjadi mitra Apple dengan perusahaannya LoveFrom, tentu tidak akan pernah sama ketika Ive berada di dalam Apple secara langsung.

Yang bisa kita lakukan sebagai konsumen dan pemerhati teknologi adalah menjadi saksi bagaimana masa depan Apple tanpa sosok Jony Ive di dalamnya.

Baca juga artikel seputar Apple atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah

ARTIKEL TERKAIT
Inovasi Apple Mengubah Dunia Banner 0bd6d

5 Inovasi Apple yang Berhasil Mengubah Dunia, iPhone X Termasuk?

Sis Gelap Perusahaan Apple 1e6d1

6 Sisi Gelap dan Mencekam Perusahaan Apple | Banyak Karyawan yang Bunuh Diri?

Iphone Lineup2 81da7

5 iPhone Terburuk yang Pernah Dirilis Apple | iPhone 6 Plus Gampang Bengkok!

Fitur Ios Tidak Ada Di Android Banner 80acc

7 Fitur Penting yang Ada di iPhone, Tapi Nggak Ada di Android

Harga Iphone Turun 0ada5

iPhone Resmi Bangkrut dan Banting Harga 40%? Ini Dia Penjelasan Sebenarnya!

Fitur Baru Ios13 Banner A8bae

5 Fitur iOS 13 Terbaru yang Sudah Ada di Android Sejak Lama, Apple Cuma Jiplak?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Jony Ive Hengkang Dari Apple Setelah 30 Tahun Bekerja, Apple Rugi 127 Triliun!

Jony Ive Hengkang Dari Apple Setelah 30 Tahun Bekerja, Apple Rugi 127 Triliun!

7 Produk Apple Terbaik Sepanjang Masa, iPhone 11 Gak Termasuk?

7 Produk Apple Terbaik Sepanjang Masa, iPhone 11 Gak Termasuk?

7 Alasan Mengapa Apple Fanboy Selalu Menyukai Produk Apple, Demi Gengsi?

7 Alasan Mengapa Apple Fanboy Selalu Menyukai Produk Apple, Demi Gengsi?

10 Produk Apple yang Gak Layak Beli di 2020, iPhone SE 2020 Termasuk?

10 Produk Apple yang Gak Layak Beli di 2020, iPhone SE 2020 Termasuk?

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal