J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              PES 2020 vs FIFA 20, Mana yang Lebih Worth Buat Dimainkan?

              PES 2020 vs FIFA 20, Mana yang Lebih Worth Buat Dimainkan?

              00
              Selasa, 18 Jun 2019, 20:00 WIB
              Trailer dan tanggal rilis game sepakbola PES 2020 dan FIFA 20 sudah keluar! Manakah yang lebih worth untuk dimainkan?

              Apabila kita melihat beberapa tahun ke belakang, nampaknya pasar untuk game sepakbola hanya dikuasai oleh 2 perusahaan game raksasa, yaitu KONAMI dan EA Sports.

              KONAMI dengan game besutannya PES (Pro Evolution Soccer) dan FIFA dari EA Sports, menjadi dua kompetitor terbaik di kelasnya.

              Bahkan, nampaknya belum ada game sepakbola lain yang bisa menandingi dominasi 2 judul game tersebut.

              Memasuki pertengahan tahun 2019, kini sudah saatnya KONAMI dan EA kembali mendominasi pasar game sepakbola dunia.

              PES 2020 dan FIFA 20, manakah yang akan lebih unggul? Simak review Jaka dalam artikel ini!

              Rivalitas Abadi 2 Raksasa Game Sepakbola

              PES 2020 Vs FIFA 20 Mana Yang Lebih Worth It Buat Dimainkan 1 0d1ad

              Rivalitas PES dan FIFA sudah berlangsung puluhan tahun lamanya. Pada tahun 2000an awal, PES dari KONAMI sempat menjadi raja game sepakbola di Indonesia.

              EA Sports sebenarnya sudah terlebih dahulu mendominasi pasar game sepakbola dunia di era 90an dengan seri FIFA Soccer-nya.

              KONAMI berusaha mematikan dominasi tersebut dengan merilis Winning Eleven (judul di Jepang) yang telah sukses di dalam negeri untuk ke seluruh dunia dengan judul Goal Storm pada tahun 1996.

              Nama Goal Storm kemudian berubah menjadi International Superstar Soccer Pro pada tahun 1997 dan berubah lagi menjadi Pro Evolution Soccer (PES) pada tahun 2001.

              Kalau kalian ingat rental-rental PS jaman dahulu, hampir semuanya memainkan game sepakbola besutan KONAMI yang dulunya dikenal dengan nama Winning Eleven ini.

              PES 2020 Vs FIFA 20 Mana Yang Lebih Worth It Buat Dimainkan 2 1094f

              Namun, pada era pertengahan 2000an, dominasi PES mulai runtuh, geng. FIFA besutan EA Sports mulai menggurita kembali. Pasalnya, grafik dan gameplay yang ditawarkan FIFA memang lebih baik, sih.

              PES mengakui bahwa beberapa tahun belakangan, popularitas serta penjualan game-nya turun secara drastis.

              Hal ini berefek pada lisensi Champions League yang berpindah tangan dari PES ke FIFA pada tahun 2018.

              Dengan akan dirilisnya PES 2020 dan FIFA 20, mungkinkah PES berhasil merebut kembali mahkota sebagai game sepakbola terbaik dari FIFA?

              PES 2020 vs FIFA 20, Mana yang Lebih Worth untuk Dimainkan?

              PES 2020 Vs FIFA 20 Mana Yang Lebih Worth It Buat Dimainkan 3 96050

              Tahun kemarin, kita dapat melihat sendiri bahwa FIFA 19 menang telak dari PES 2019. Hampir semua lisensi tim, klub, negara, bahkan lisensi Liga Champion berhasil direbut FIFA setelah 10 tahun dikuasai oleh PES.

              Fitur singleplayer storymode The Journey yang menakjubkan semakin mengukuhkan dominasi FIFA sebagai game sepakbola terbaik dalam 1 dekade ini.

              Dalam ajang konvensi game E3 2019 belum lama ini, KONAMI dan EA Sports sama-sama merilis video trailer serta membocorkan fitur-fitur yang akan dihadirkan pada eFootball PES 2020 dan FIFA 20.

              Tanpa basa-basi lagi, Jaka akan membahas dan membandingkan kualitas dan fitur baru yang ditawarkan oleh 2 game tersebut

              PES 2020, Memanjakan Para Penggemar FC Barcelona

              Tahun 2019 ini, PES resmi berubah nama menjadi eFootball PES 2020. PES juga kembali menjalin kerjasama dengan raksasa sepakbola Catalunya, FC Barcelona.

              Dengan mengusung cover 2 legenda hidup FC Barcelona, Messi dan Ronaldinho, tampaknya PES berusaha menjaring para Cules untuk membeli dan memainkan PES 2020.

              Selain itu, developer eFootball PES 2020 juga menggunakan jasa beberapa legenda FC Barcelona lainnya seperti Iniesta sebagai gameplay consultant yang juga bisa kamu dapatkan sebagai karakter dalam MyClub apabila kamu melakukan Pre-Order.

              Jangan khawatir, game ini juga memiliki lisensi penuh atas semua hal yang berbau FC Barcelona, termasuk stadion Camp Nou yang realistis banget.

              PES 2020 Vs FIFA 20 Mana Yang Lebih Worth It Buat Dimainkan 4 02293

              Kalian bisa menggunakan legenda Maradona, Johan Cruyff, dan Zico sebagai karakter pilihan ketika memainkan mode Master League di PES 2020.

              Master League juga sudah diberikan fitur tambahan seperti dialog interaktif dan transfer yang mendetail untuk menjadikan pengalamanmu sebagai manajer sebuah tim menjadi makin realistis.

              PES 2020 meningkatkan gameplay dengan menambahkan dribble yang lebih variatif, gerakan bola yang realistis, mengembangkan skill pertahanan pemain, dan masih banyak lagi.

              Selain itu, terdapat sebuah mode baru bernama Matchday di mana kamu dapat berkompetisi rutin dengan pemain lain secara live setiap minggunya.

              Pemenang dari mode ini akan berhadapan di Grand Final nantinya.

              Grafis PES 2020 juga nggak main-main, geng. Mulai dari wajah pemain yang makin mirip dengan aslinya, sampai ke pencahayaan stadion, semuanya keren abis!

              Untuk yang bukan penggemar FC Barcelona, jangan khawatir. Juli nanti, KONAMI akan mengumumkan tim apa saja yang berlisensi di PES 2020.

              eFootball PES 2020 akan segera rilis di platform PS4, XBOX ONE, dan PC pada tanggal 10 September 2019.

              FIFA 20, Kembalinya Mode Sepakbola Jalanan

              Kalian ingat game sepakbola jalanan FIFA Street? Nah, game tersebut kembali dihadirkan oleh EA sebagai mode permainan baru di dalam game FIFA 20.

              FIFA berusaha mengobati rasa kangen kamu dengan seri FIFA Street yang telah lama tewas termakan usia dengan mode baru yang bernama Volta Football.

              Kamu dapat menyesuaikan karakter kamu sesuai dengan keinginan dalam mode ini. Agak mirip mode Become a Legend milik PES, sih.

              Dalam Volta Kick-Off, kalian dapat melihat tim kesayangan kalian bermain dalam sepakbola jalanan. Kalian juga bisa mengembangkan tim Volta kalian melalui pertandingan Single Player di Volta World.

              Volta Story Mode memungkinkan kamu bermain sepakbola jalanan dengan jalan storyline. Selain itu, kalian juga dapat bertanding dengan tim sepakbola jalanan player lain, lho. Serba Volta ya, geng.

              PES 2020 Vs FIFA 20 Mana Yang Lebih Worth It Buat Dimainkan 5 2fa9f

              Dalam segi gameplay, FIFA 20 mengembangkan beberapa hal teknis, seperti pengendalian bola yang semakin realistis serta trik-trik baru yang dapat kamu lakukan di dalam game.

              AI game ini juga semakin berkembang sehingga membuat permainan menjadi semakin kompetitif dan menantang. Kontrol manual player juga memiliki peranan yang lebih signifikan.

              FIFA 20 akan dirilis untuk platform PS4, XBOX ONE, dan PC pada 27 September 2019.

              Kesimpulan

              Sebenarnya agak sulit untuk membandingkan dua game yang belum rilis tersebut. Namun dari fitur yang disajikan, nampaknya FIFA 2020 lebih worth untuk kamu mainkan.

              PES 2020 lebih fokus mengembangkan fitur-fitur lama yang sudah ada. Selain itu, menurut opini Jaka, PES 2020 nampaknya terlalu pilih kasih kepada penggemar FC Barcelona.

              Berbeda dengan FIFA 20 yang menyajikan fitur-fitur baru yang lebih menarik. FIFA 20 juga nggak lupa untuk mengembangkan poin-poin plus yang ia miliki di versi sebelumnya.

              Lisensi yang dimiliki FIFA juga lebih banyak, geng. Memang, sih, kamu dapat men-download patch untuk game PES, namun Jaka lebih merekomendasikan untuk memainkan FIFA 20.

              Akhir Kata

              Sekian artikel Jaka mengenai perbandingan untuk mencari mana yang lebih worth untuk dimainkan antara PES 2020 dan FIFA 20.

              Apakah kalian #TimPES atau #TimFIFA? Tulis jawaban kalian di kolom komentar, ya!

              Baca juga artikel seputar Games atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba.

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal