Mengenal Perusahaan Sekuritas Terbaik di Indonesia 2021 | Melek Investasi

Perusahaan sekuritas memiliki peran sentral untuk membangun ekosistem permodalan suatu perusahan. Berkat perusahaan sekuritas terbaik, perusahaan sudah tidak terlalu bergantung kepada pendanaan dari bank.

Kamu dengan leluasa bisa berinvestasi lewat perusahaan sekuritas. Dengan cara ini, perekonomian lebih dinamis dan tumbuh, khususnya untuk kegiatan ekspansi perusahaan.

Kue ekonomi dari keuntungan perusahaan kini bisa dinikmati masyarakat luas. Lewat perantara perusahaan sekuritas, perusahaan-perusahaan di Indonesia mampu meningkatkan skala usaha.

Sayangnya, kamu harus tahu lebih dulu hal mendasar tentang sekuritas dan perusahaan sekuritas sebelum berinvestasi di pasar modal.

Biar lebih memahami definisi sekuritas dan perusahaan sekuritas, Jaka juga bakal jelaskan dan kasih tahu cara memilih perusahaan sekuritas terbaik.

Yuk, simak selangkapnya penjelasan Jaka sampai selesai!

Apa itu Sekuritas?

Info Sekuritas No 1 Di Indonesia 2a3fa

Pengertian sekuritas sendiri menurut KBBI adalah bukti hutang atau penyertaan modal. Misalnya berupa saham, obligasi, deposito, sertifikat, dan wesel.

Sekuritas hanyalah berupa instrumen keuangan, tapi beberapa orang menyebut sekuritas seolah-oleh menjadi sebuah badan atau perusahaan.

Hanya saja, kebiasaan masyarakat yang cenderung memudahkan penyebutan istilah. Alhasil, seakan-akan sekuritas itu sama dengan perusahaan sekuritas.

Semoga ini dapat menjelaskan perbedaan antara sekuritas dan perusahaan sekuritas.

Jenis-jenis Sekuritas

Perusahaan Sekuritas Terpercaya E9fed

Sebagai instrumen keuangan, sekuritas punya dua jenis instrumen keuangan yang bisa kamu jadikan pilihan investasi atau trading.

Kedua jenis instrumen keuangan ini bisa kamu pelajari sekilas di bawah ini, ya.

1. Hutang

Emiten menerbitkan surat hutang atau biasa disebut obligasi dengan tempo pembayaran dan kupon selama periode tertentu kepada pemegangnya.

Biasanya, jangka waktu obligasi minimal 12 bulan sejak diterbitkan. Di pasar sekunder, kamu juga bisa tetap menjualnya sewaktu-waktu.

2. Ekuitas

Untuk instrumen keuangan satu ini sifatnya berbeda dengan obligasi. Emiten menerbitkan surat kepemilikan perusahaan alias saham kepada pemegangnya.

Saham sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni saham preferen dan saham biasanya. Untuk penjelasan detil tentang saham, kamu bisa baca artikel Jaka yang khusus mengupas saham.

Peran Perusahaan Sekuritas

Perusahaan Sekuritas Di Indonesia 56a93

Instrumen keuangan butuh pihak yang bertanggungjawab yang menjadi perantara agar bisa dimiliki dan diperdagangkan oleh publik.

Nah, dari sini muncullah perusahaan sekuritas yang memiliki peran tersebut.

Didalam pelaksanaannya, perusahaan sekuritas harus mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebelum melakukan peran sebagai perusahaan perantara perdagangan instrumen keuangan atau efek.

Biar semakin paham tentang berbagai peran perusahaan sekuritas, sini Jaka jelaskan lewat poin-poin berikut ini.

1. Perantara Perdagangan (Jual Beli) Efek

Para investor dimudahkan untuk memilih metode investasi baik secara mandiri atau lewat bantuan manager investasi.

Nah, perusahaan sekuritas ini selain menyediakan akses untuk melakukan jual beli saham di pasar sekunder, tapi juga menyediakan jasa manajemen investasi lewat para broker.

Setiap pemilihan cara metode perdagangan saham mandiri atau via manager, itu tergantung kenyamanan kamu sebagai investor.

Hanya saja, setiap kenyamanan pasti membutuhkan fee tambahan. Tentu saja, fee yang didapat perusahaan sekuritas berbeda dari layanan trading mandiri dan manager investasi.

2. Penjamin Emisi Efek

Dari sisi emiten alias perusahaan yang menerbitkan saham, perusahaan sekuritas harus membantu proses penawaran saham perdana alias initial public offering (IPO).

Nah, dari sini peran manager investasi dituntut agar saham dari calon emiten terserap oleh pasar.

Kelebihan & Kekurangan Perusahaan Sekuritas

Lembaga Sekuritas Terbaik 4252d

Setiap platform investasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan platform lainnya, termasuk platform dari perusahaan sekuritas.

Kali ini Jaka juga bakal bahas kelebihan dan kekurangan perusahaan sekuritas yang sudah disiapkan untuk kamu. Yuk, pelajari selengkapnya di bawah ini!

Kelebihan Perusahaan Sekuritas

  1. Memudahkan proses investasi.
  2. Menyediakan tools untuk analisis emiten yang lengkap.
  3. Proses transaksi transparan berupa bid dan sell.
  4. Fleksibel menetapkan harga jual dan beli saham.
  5. Proses pencairan dana sudah terintegrasi dengan sistem perbankan.

Kekurangan Perusahaan Sekuritas

  1. Durasi pencairan dana bisa minimal minimal H+3 alias tiga hari setelah kamu mengajukan pencairan.
  2. Terdapat biaya fee berbeda yang dikenakan setiap kamu melakukan aktivitas transaksi baik opsi beli ataupun jual saham.
  3. Dikhususkan untuk emiten atau perusahaan besar bukan UKM dan UMKM.

Contoh Perusahaan Sekuritas Terbaik di Indonesia

5 Besar Perusahaan Sekuritas Di Indonesia 1bbfc

Jaka sudah mengulas empat perusahaan sekuritas yang bisa kamu jadikan referensi. Kamu bisa bergabung di perusahaan sekuritas ini karena memang sudah punya kredibitilitas di dunia perdagangan efek.

Berikut ini ada 5 perusahaan sekuritas yang bisa kamu pilih untuk melakukan perdagangan instrumen keuangan atau efek di Indonesia.

1. Mandiri Sekuritas

Perusahaan Mandiri Sekuritas yang berafiliasi dengan Bank Mandiri ini punya track record bagus banget.

Mandiri Sekuritas berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Best Investment Bank dari Finance Asia sejak tahun 2011-2021 alias bank sekuritas terbaik. Keren!

Buat para mahasiswa, kamu bisa buka akun di Mandiri Sekuritas dengan setoran awal Rp2 juta saja.

Sedangkan untuk masyarakat umum, setoran awal mulai dari Rp5 juta hingga Rp25 juta.

Soal biasanya transaksi saham, Mandiri Sekuritas menetapkan fee 0,29 persen per transaksi untuk jual saham dan 0,18 persen per transaksi untuk beli saham.

2. BNI Sekuritas

Seperti Mandiri Sekuritas, BNI Sekuritas juga berafiliasi dengan BNI untuk melayani kegiatan jual beli saham di pasar sekunder.

Di BNI Sekuritas, kamu bisa memilih jenis akun trading saham yakni reguler dan syariah.

Ketika kamu memilih akun syariah di BNI Sekuritas, maka emiten yang muncul halaman akun trading adalah emiten dari perusahaan yang sudah berserfikat emiten syariah dari DSN MUI Indonesia saja.

Sedangkan akun trading reguler bisa menampilkan berbagai emiten secara keseluruhan.

Untuk biaya transaksi di BNI Sekuritas, kamu bakal dikenakan biaya 0,25 persen per transaksi untuk jual saham dan 0,15 persen per transaksi untuk pembelian saham.

3. Samuel Sekuritas

Nah, sama dengan BNI Sekuritas, Samuel Sekuritas juga menyediakan dua pilihan akun yakni akun reguler dan online.

Bedanya, pada BNI Syariah sudah menyediakan akun syariah, sedangkan Samuel Sekuritas belum menyediakannya.

Untuk setoran awal, akun online punya syarat setoran lebih rendah yakni Rp1 juta. Namun, untuk akun reguler, kamu harus menyediakan uang minimal senilai Rp10 juta.

Dari sisi biaya transaksi, Samuel Sekuritas juga menetapkan biaya yang sama dengan BNI Sekuritas sebesar 0,25 persen per transaksi untuk penjualan saham dan 0,15 persen per transaksi kalau kamu menjual saham.

Untuk menamah layanan info real market, Samuel juga mengenakan biaya sebesar Rp 16.500.

4. Indo Premier Sekuritas

Perusahaan sekuritas satu ini menjadi kabar baik buat mahasiswa. Hanya dengan setoran awal Rp100 ribu, kamu sudah bisa memiliki akun di Indo Premier Sekuritas. Mantap!

Indo Premier tidak menetapkan biaya perawatan akun atau minimal transfer untuk setoran berikutnya, nih.

Selain itu, kamu cukup dikenakan biaya 0,19 persen per transaksi saat membeli saham dan 0,29 persen per transaksi ketika menjual saham.

5. Mirae Asset Sekuritas

Kalau soal layanan, kamu bisa mengandalkan salah satu lembaga sekuritas terbaik ini karena bisa melayani kendala nasabah selama 24 jam.

Sementara itu, di Mirae Sekuritas kamu bisa memilih lebih bervariasi, yakni akun reguler, syariah, margin, dan day trading.

Nah, soal biaya transaksi saham bisa dibilang standar. Biayanya sama dengan biaya transaksi BNI Sekuritas dan Samuel Sekuritas per transaksi saham yang termasuk sekuritas dengan fee terendah.

Akhir Kata

Sekarang kamu sudah mulai paham tentang sekuritas plus rekomendasi perusahaan sekuritas yang terbaik di Indonesia. Berbagai pilihan akun trading di perusahaan sekuritas terpercaya juga bisa kamu pilih.

Apabila kamu punya teman yang mau tahu tentang perusahaan sekuritas, tinggal share artikel ini kepada mereka, ya.

Selamat memilih dan membuka akun tranding di perusahaan sekuritas favoritmu!

Baca juga artikel Investasi lainnya dari Nabila Ghaida Zia

ARTIKEL TERKAIT
Sekuritas Bca 7be0a
Cara Beli Saham BCA Sekuritas Online | Terlengkap & Mudah
Cara Daftar Bni Sekuritas 9e6d3
Cara Daftar BNI Sekuritas Online & Offline Terbaru 2021 | 100% Work
Cara Daftar Mandiri Sekuritas 45272
Cara Daftar Mandiri Sekuritas Online & Offline Terbaru 2021 | Investasi Skala Asia
Cara Beli Saham Bri Online 17998
Cara Beli Saham BRI Danareksa Sekuritas Untuk Pemula | Siap-Siap Cuan!
Apa Itu Saham Ipo 9df71
Kupas Tuntas Apa Itu Saham, Jenis, Risiko, dan Istilah Lainnya, Newbie Masuk!
Deposito Adalah Menyimpan Uang 4036d
Deposito Adalah Investasi, Benarkah? | Saatnya Melek Investasi
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal