J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Perusahaan Game yang Bangkit dari Kematian, Nggak Cuma Telltale Games!

5 Perusahaan Game yang Bangkit dari Kematian, Nggak Cuma Telltale Games!

Selasa, 17 Sep 2019, 12:00 WIB
Meskipun sempat tutup, kelima perusahaan game ini mendapat kesempatan kedua setelah berhasil bangkit dari kematian

Di zaman teknologi seperti saat ini, popularitas game meningkat dengan drastis. Hal tersebut mengakibatkan munculnya developer-developer game baru.

Meskipun begitu, nggak semua developer bisa bertahan akibat ketatnya persaingan di industri game. Kondisi pasar game yang nggak bisa diprediksi terkadang membuat sebuah perusahaan game bangkrut.

Bahkan, ada juga game tertentu yang malah membuat perusahaannya bangkrut akibat nggak balik modal.

Perusahaan Game yang Bangkit dari Kematian

Seorang jagoan di dalam game dapat menerima serangan-serangan mematikan dari musuh dan bakal kembali dengan kekuatan yang lebih besar.

Hal tersebut nampaknya mustahil terjadi kepada perusahaan game. Sudah banyak perusahaan game besar yang akhirnya harus tutup karena bermacam hal.

Namun, ada beberapa perusahaan game yang sudah mati kemudian bangkit lagi dari kematian, geng. Wah, perusahaan game apa saja, yah?

1. Sierra Entertainment

1 69ce2

Sierra Entertainment merupakan sebuah perusahaan game yang didirikan pada tahun 1979 di Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena merilis Leisure Suite Larry dan Kings Quest series.

Sierra nggak mampu bersaing di era '90-an sehingga harus diakuisisi oleh perusahaan game lain bernama Vivendi. Mereka kemudian mengeluarkan game seperti Spyro, Crash, dan versi reboot Leisure Suit Larry.

Perusahaan induk Sierra, Vivendi, kemudian bergabung dengan perusahaan game yang lebih besar lagi, yakni Activision.

Namun, penggabungan Vivendi dan Activision membuat Sierra Entertainment harus ditutup pada tahun 2008 dan rumornya akan dilelang.

Namun, pada acara Gamescom 2014, Sierra Entertainment kembali sebagai anak dari Activision.

Tujuan Activision membangkitkan Sierra adalah untuk merilis versi reboot dari game populer buatan Sierra, yakni Kings Quest.

2. SNK

2 D61df

SNK merupakan sebuah perusahaan game asal Jepang yang memiliki kepanjangan Shingeki no Kyojin, mirip dengan judul anime populer saat ini.

Perusahaan yang didirikan pada tahun 1978 ini telah melahirkan banyak game jadul populer, salah satunya adalah game dingdong, King of Fighters.

Pada zaman dahulu, SNK mampu bersaing dengan perusahaan game besar asal Jepang lainnya, yaitu Namco dan Capcom. Namun, merosotnya tren game dingdong membuat SNK bangkrut pada tahun 2001.

Ketika bangkrut, semua peralatan yang dimiliki oleh SNK dibeli oleh Playmore, perusahaan game yang dimiliki oleh pendiri SNK, Eikichi Kawasaki.

Pada tahun 2003, SNK bangkit kembali dengan nama SNK Playmore. Meskipun begitu, penghasilan terbesar dari SNK bukan berasal dari konsol game, melainkan dari game dingdong dan pachinko.

3. Telltale Games

3 E10b8

Telltale Games adalah sebuah perusahaan game yang dibentuk pada tahun 2004. Perusahaan ini banyak menghasilkan game dengan genre Episodic-Adventure, salah satunya The Walking Dead.

Meskipun sudah ada sejak tahun 2004, Telltale Games mulai diperhitungkan dalam industri game setelah merilis game The Walking Dead tahun 2012.

Namun, kesuksesan tersebut nggak berlangsung lama karena Telltale Games harus tutup pada tahun 2018 lalu. Hal ini terjadi karena kesalahan manajemen serta budaya kerja yang toxic.

Namun, santer kabar bahwa perusahaan ini akan bangkit dari kematian berkat kucuran dana dari beberapa investor yang berniat membangkitkan perusahaan ini.

Perusahaan Telltale Games yang baru akan dipimpin oleh Jamie Ottilie dan Brian Waddle yang sudah berpengalaman di bidang game, terutama mobile game.

4. THQ

4 8a30f

THQ atau Toy Head-Quarters adalah sebuah perusahaan game yang terkenal karena memproduksi game-game berlisensi berdasarkan kartun milik Nickelodeon dan Disney.

Game tersebut banyak membawa keuntungan buat THQ. Namun, THQ kemudian memiliki ide untuk mengembangkan game orisinal mereka sendiri.

Game orisinal mereka, Darksiders series dan Saints Row series nggak laku di pasaran dan malah jadi bumerang buat mereka sendiri.

THQ kemudian mengajukan kebangkrutan pada tahun 2013 lalu. Ketika bangkrut, THQ nggak memiliki uang sehingga harus menjual franchise game-nya.

Franchise Red Faction dan Darksiders kemudian dibeli oleh Nordic Games yang kala itu belum terkenal. Pada tahun 2014, Nordic kemudian membeli brand THQ untuk merilis kembali franchise orisinal THQ.

Pada tahun 2016, Nordic Games kemudian mengubah namanya menjadi THQ Nordic.

5. Origin Systems

5 5f728

Origin Systems merupakan perusahaan game yang aktif pada tahun '80-an dengan franchise game populernya, Ultima dan Wings Commander.

Pada tahun 1992, Electronic Arts membeli Origin dengan harapan mampu menghasilkan judul-judul game populer lainnya. Sayangnya, Origins nggak berhasil memenuhi ekspektasi EA.

EA pun menghentikan produksi game Origin pada tahun 1999. Lalu, pada tahun 2004, EA membubarkan perusahaan game Origin Systems.

Pada tahun 2011, EA sedang gencar-gencarnya menjual game mereka secara online. EA yang terkenal serakah nggak mau menjual di Steam karena adanya pembagian keuntungan penjualan.

EA kemudian menciptakan platform game digital sendiri dengan menggunakan nama Origin. Origin yang awalnya merupakan developer, kini beralih menjadi toko game digital milik EA.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 5 perusahaan game yang bangkit dari kematian. Pernahkah kamu memainkan game-game yang dibuat oleh perusahaan game di atas?

Tuliskan jawaban kamu di kolom komentar ya, geng!

Baca juga artikel seputar Perusahaan Game atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
5 Alasan Utama Kenapa Ea Menjadi Perusahaan Game Paling Dibenci Serakah Dan Kepala Batu 3c2de

5 Alasan EA Menjadi Perusahaan Game Paling Dibenci | Serakah dan Kepala Batu!

5 Lowongan Kerja Di Perusahaan Game Banner

5 Lowongan Kerja di Perusahaan Game yang Bisa Kamu Coba

7 Perusahaan Game Paling Dihormati Di Dunia Nggak Pernah Mengecewakan 2da16

7 Perusahaan Game Paling Dihormati di Dunia, Nggak Pernah Mengecewakan!

7 Perusahaan Game Ternama Yang Terpaksa Gulung Tikar 4db36

7 Perusahaan Game Ternama yang Terpaksa Gulung Tikar, Gara-gara EA?

7 Perusahaan Game Yang Paling Dibenci Para Gamer Hobinya Menguras Kantong Gamer 53dd0

7 Perusahaan Game yang Paling Dibenci Para Gamer, Hobi Menguras Kantong Gamer!

Perusahaan Game Paling Kaya Banner

8 Perusahaan Game Paling Kaya di Dunia

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal