J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Perusahaan yang Diakuisisi Oleh Apple, Mau Monopoli Teknologi Dunia?

7 Perusahaan yang Diakuisisi Oleh Apple, Mau Monopoli Teknologi Dunia?

Senin, 20 Jan 2020, 13:00 WIB
7 perusahan yang diakuisisi oleh Apple. Banyak yang jadi basis teknologi iPhone terbaru dan orang-orang nggak ngira sama sekali.

Apple manjadi salah satu raksasa teknologi saat ini dengan keuntungan yang fantastis setiap tahunnya.

Keuntungan ini didapatkan lewat produk yang dia jual dari mulai smartphone, laptop, PC, hingga jasa penyimpanan data virtual.

Pada prosesnya Apple ternyata mengakuisisi berbagai macam perusahaan untuk menggunakan teknologi mereka atau untuk mendapatkan persentasi keuntungan dari perusahaan yang mereka beli.

7 Perusahaan yang Dibeli Apple

Banyak perusahaan dari mulai startup hingga perusahaan yang sudah cukup berkembang yang telah diakuisisi oleh perusahaan rintisan Steve Jobs ini.

Perusahaan yang diakuisisi oleh Apple ini banyak yang menjadi basis pengembangan komponen teknologi yang penting untuk Apple.

Apa aja sih perusahaan yang dibeli oleh Apple? Seberapa penting kah perusahaan ini untuk perkembangan produk-produk Apple? Berikut info selengkapnya.

1. Shazam

Androidpolice Com C274b
Sumber foto: androidpolice.com

Ketika kalian mengenali suatu lagu tertentu di kafe atau di tempat lainnya dan nggak inget sama judul lagu tersebut, Shazam bisa jadi aplikasi pilihan untuk mencari tau judul lagu tersebut.

Shazam bisa mendeteksi banyak lagu dari berbagai macam genre dan bahkan bisa mengenali serial televisi dan iklan tertentu.

Perusahaan ini diakuisisi oleh Apple pada tahun 2017 dan prosesnya akuisisi ini selesai setahun setelahnya. Apple menghabiskan dana 400juta USD atau sekitar RP5,4 triliun untuk proses akuisisi ini.

Banyak orang masih menduga-duga apa sebetulnya rencana Apple dibalik proses akuisisi developer aplikasi yang satu ini.

2. Siri

En Wikipedia Orgg 5359c
Sumber foto: en.wikipidia.org

Siri sudah menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dari produk-produk Apple yang beredar di pasaran saat ini.

Asisten virtual ini awalnya bukan dikembangkan oleh Apple melainkan oleh perusahaan dengan nama yang sama.

Apple mengakuisisi perusahaan ini pada tahun 2010 dan mulai mengintegrasikan program ini ke dalam produk-produknya pada tahun 2011.

Proses akuisisi ini menjadi salah satu manuver terbaik perusahaan teknologi yang satu ini. Sampai saat ini jumlah uang yang Apple keluarkan untuk membeli Siri tidak diumumkan ke khalayak umum.

3. PrimeSense

En Wikipedia Org D9ced
Sumber foto: en.wikipedia.org

PrimeSense merupakan perusahaan yang terkenal karena teknologi sensor gerak 3 dimensi yang berbasis di Israel yang akhirnya dibeli oleh Apple seharga 360 juta USD atau sekitar Rp4,9 triliun.

Perusahaan ini juga menjadi pengembang sensor gerak Microsoft Kinect yang ada di konsol Xbox 360.

Dengan perkembangan teknologi 3D printing dan scanning membuat potensi teknologi yang dikembangkan oleh PrimeSense ini menjadi lebih luas.

Salah satu aplikasi yang sudah menggunakan teknologi ini adalah applikasi itSeez3D yang bisa memindai objek 3 dimensi hanya menggunakan kamera saja.

4. Spectral Edge

Dpreview Com 01949
Sumber foto: dpreview.com

Pectral Edge adalah perusahaan teknologi yang berfokus kepada pengembangan program kamera yang akhirnya dibeli oleh Apple pada tahun 2019 dan nilai pembeliannya tidak diketahui sampai sekarang.

Perusahaan yang berbasis di Inggris ini mengembangkan algoritma khusus yang mampu membuat hasil foto kamera dengan pencahayaan minimum menghasilkan gambar yang lebih tajam.

Program yang dikembangkan oleh Spectral Edge berpotensi untuk meningkatkan hasil jepretan kamera produk keluaran terbaru dari Apple.

Berdasarkan berita yang ditulis oleh Bloomberg, pengacara Apple telah menjadi direktur dari perusahaan asal Inggris tersebut.

5. NeXT

Appleinsider Com 0b463
Sumber foto: appleinsider.com

NeXT adalah perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ketika pendiri perusahaan Apple ini dipecat dari perusahaan yang dia dirikan sendiri.

Pengakuisisian ini terjadi karena pada waktu itu Apple membutuhkan sistem operasi dari komputer buatan NeXT untuk diinstall ke dalam perangkat komputer terbaru buatan mereka.

Pengakuisisian NeXT juga menjadi syarat Steve Jobs saat dia diminta kembali ke perusahaan teknologi ini. Apple membeli NeXT dengan harga 404 juta USD atau sekitar Rp5,5 triliun.

Banyak yang mengatakan bahwa NeXT sejak awal dibuat Steve Jobs sebagai perantara untuk kembali lagi ke Apple.

6. Beats Electronic

Pinterest Com1 876b2
Sumber foto: pinterest.com

Beats Electronic menjadi pembelian Apple terbesar di antara pengakuisisian perusahaan teknologi lain yang dilakukan oleh Apple.

Perusahaan yang didirikan oleh Rapper Dr. Dre ini menjadi bagian penting dari bisnis model Apple di bidang musik yang dibeli tahun 2014 seharga 3 miliar USD atau sekitar Rp40 triliun.

Proses akuisisi ini memungkinkan Apple untuk menjual produk Beats Electronic di retailnya dan mengelola model penjualan reseller juga.

Teknologi dari perusahaan yang satu ini bisa membantu Apple dalam mengembangkan produk mereka yang berhubungan dengan musik.

7. FingerWorks

Techwalker Com 97c8e
Sumber foto: techwalker.com

FingerWorks adalah perusahaan yang mengembangkan teknologi multitouch yang pada akhirnya diakuisisi oleh Apple.

Perusahaan yang satu ini membantu Apple dalam membuat produknya lebih responsif dan berkualitas.

Meskipun menjadi perusahaan yang berperan penting dalam mendukung kesuksesan produk dari Apple, tidak banyak orang yang mengetahui perusahaan yang satu ini beserta andilnya.

Proses pengakuisisian perusahaan teknologi ini terjadi sebelum iPhone dirilis pada tahun 2007 dan nilainya pembeliannya tidak diumumkan sampai sekarang.

Akhir Kata

Itu dia 7 proses akuisisi perusahaan terpenting yang dilakukan oleh Apple. Perusahaan ini bisa memberikan kontribusi tersendiri terhadap perkembangan Apple secara keseluruhan.

Ketika sebuah perusahaan mendapatkan dana dalam jumlah yang sangat besar, akuisisi pesaing menjadi pilihan yang kerap kali dilakukan oleh perusahaan tersebut.

Selain mengincar teknologi yang digunakan, akuisisi juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi persaingan di pangsa pasar tertentu.

Baca juga artikel seputar Gadgets atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
Rekomendasi Laptop Core I5 Murah Berkualitas Terbaik Banner 6a2e9

12 Laptop Core i5 Murah Berkualitas Terbaik di 2020, Mulai 3 Jutaan!

Laptop Mini Murah Ab142

7 Laptop Mini Murah Terbaik 2020, Harga Mulai 3 Jutaan!

Laptop Core I3 Murah Terbaik 2020 Banner F72e6

12 Laptop Core i3 Murah dan Terbaik 2020, Semua Fitur Terbaru Ada!

Daftar Harga Laptop Asus Terbaruk 2020 Banner 397e8

Daftar Harga Laptop ASUS Terbaru 2020, Banyak yang Turun Harga?

Laptop Murah Berkualitas Dan Bagus 2020 Banner 02c35

10 Laptop Murah Berkualitas dan Bagus di 2020, Gak Sampai 5 Juta!

Rekomendasi Laptop Untuk Desain Grafis 2020 Banner 7ec44

10 Laptop untuk Desain Grafis & Multimedia, Rendering Lancar Jaya!

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal