J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Perbedaan Shutdown, Sleep, Hibernate, Hybrid Sleep, dan Fast Startup!

Senin, 26 Sep 2016, 08:00 WIB
Apakah kamu tahu dasar dari komputer seperti perbedaan antara Fast Startup, Hybrid Sleep, Hibernate, Sleep, dan Shutdown?

Hampir dari setiap orang di dunia, kini selalu menggunakan komputer untuk membuat pekerjaannya menjadi lebih mudah. Pasalnya, dengan komputer, kamu dapat melakukan tugas dari pekerjaan apa pun dengan lancar. Tapi, seberapa jauh sih kamu mengerti soal komputer?

Ya, mungkin sebagian dari kamu sudah ada yang ngelotok banget sama komputer, sehingga jika terjadi apa-apa sama komputer yang kamu pakai, kamu dengan sigapnya bisa langsung memperbaiki komputer kamu. Tapi, apakah kamu tahu dasar dari komputer seperti perbedaan antara Fast Startup, Hybrid Sleep, Hibernate, Sleep, dan Shutdown?

BACA JUGA
  • Perbedaan RAM Single Channel dan Dual Channel
  • Inilah perbedaan dari JPEG, PNG, dan GIF Serta Cara Tepat Menggunakannya
  • Perbedaan CPU, GPU dan APU

Perbedaan Shutdown, Sleep, Hibernate, Hybrid Sleep, dan Fast Startup!

1. Shutdown

Perbedaan Dasar Komputer 1

Shutdown merupakan sebuah cara memutuskan setiap proses yang terjadi ke seluruh komponen komputer secara total. Mode Shutdown ini memang patut kamu lakukan apabila kamu sudah selesai melakukan pekerjaanmu dengan menggunakan komputer. Selain itu, jika memang ingin meninggalkan dalam jangka waktu yang cukup lama, langkah ini sangatlah tepat untuk kamu lakukan.

2. Sleep

Perbedaan Dasar Komputer 2

Selain mode Shutdown, kamu juga akan menemukan mode Sleep saat menggunakan komputer. Apa yang dimaksud dengan mode Sleep? Mode ini akan memerintahkan komputer untuk masuk ke daya yang rendah. Seluruh komponen akan terputus, kecuali RAM. Kenapa?

Sebab, RAM akan mempertahankan kondisi komputer sampai kamu kembali mengaktifkannya. Jadi, ketika komputer diaktifkan, maka semua layanan dan aplikasi yang sudah berjalan sebelumnya akan kembali ke keadaan normal. Mode Sleep ini lebih sering digunakan untuk menghemat daya.

3. Hibernate

Perbedaan Dasar Komputer 3

Apakah kamu ada yang pernah menggunakan mode Hibernate? Ya, mode satu ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan Sleep. Namun, mode Hibernate merupakan salah satu modus yang mampu mempertahankan kondisi layanan dan aplikasi yang sedang digunakan dengan keadaan mati dalam jangka waktu yang lama.

Posisinya, keadaan sistem akan ditransfer dari RAM ke harddisk, sehingga akan membutuhkan waktu yang lama sebelum akhirnya mati total. Bahkan, ketika ingin menghidupkan komputer, kamu harus membutuhkan waktu yang jauh lebih lama dari biasanya.

4. Hybrid Sleep

Perbedaan Dasar Komputer 4

Mode Hybrid Sleep merupakan kombinasi dari mode Hibernate dan Sleep. Komputer kamu akan masuk ke dalam modus daya rendah dan kondisi sistem akan disimpan pada harddisk. Lalu, apa kelebihannya? Begini, keuntungan utama menggunakan mode satu ini adalah jika tiba-tiba rumah kamu mati listrik atau mati lampu, maka sistem komputer akan tetap aman karena sudah disimpan pada harddisk.

5. Fast Startup

Perbedaan Dasar Komputer 5

Nah, apakah sudah ada yang tahu tentang Fast Startup? Ya, mode ini baru diluncurkan setelah rilisnya Windows 10. Mode Fast Startup ini merupakan kombinasi dari proses Hibernate dan Shutdown. Mirip dengan Hibernate, sistem komputer yang tengah berjalan akan disimpan pada harddisk tapi hanya mencakup layanan dasar saja yang akan dimuat pada system startup.

Jadi, aplikasi seperti pemutar musik, pemutar video, dan aplikasi pihak ketiga lainnya tidak bisa disimpan melalui mode ini. Selain itu, keuntungan lainnya adalah ketika kembali mengatifkan komputer, maka proses akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan normal boot.

Nah, itulah perbedaan dari Shutdown, Sleep, Hibernate, Hybrid Sleep, dan Fast Startup yang dilansir dari Fossbytes. Apakah masih ada yang belum kamu pahami? Jika ada, tuliskan saja melalui kolom komentar di bawah ya.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Membuat Foto Levitasi

Cara Membuat Foto Melayang di Udara Tanpa Bantuan Photoshop

Cara Menang Di Game Kartu Banner2

Cara Jitu Menang Banyak Saat Main Kartu

Cara Mendapatkan Wifi Gratis 2130a

10 Cara Mendapatkan WiFi Gratis di Manapun & Kapanpun, Gampang!

Cara Menghilangkan Jerawat 7

100% Hilang! Begini Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Smartphone

Smartphone Android Murah Terbaik 2016 6

15 Smartphone Android Murah Terbaik 2016

APPS TERKAIT
Google Translate Logo Df1b9
Google Translate 6.13.0.03.335515430
Apps Google
Layar Icon
Layar 8.5.3
Apps Layar B.V.
Ingress Icon3 Icon
Ingress 1.105.1
Games NianticLabs@Google
Pokemon Go Apk Icon
Pok mon GO 0.146.2
Games NianticLabs
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Hal ini Bisa Buat Komputer Lemot Kamu Jadi Seperti Baru Lagi

10 Hal ini Bisa Buat Komputer Lemot Kamu Jadi Seperti Baru Lagi

Ssstt, Ini Dia Trik Rahasia Mempercepat Performa Komputer Hingga 150%!

Ssstt, Ini Dia Trik Rahasia Mempercepat Performa Komputer Hingga 150%!

7 Cara Menjadi Seorang Hacker Komputer Sejati

7 Cara Menjadi Seorang Hacker Komputer Sejati

7 Tips Agar Mata Tidak Rusak Ketika Berada di Depan Komputer

7 Tips Agar Mata Tidak Rusak Ketika Berada di Depan Komputer

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal