Perbedaan RAM Single Channel dan Dual Channel

Default

RAM atau Random Access Memory merupakan salah satu bagian penting dari CPU yang harus dimiliki. Tetapi sebagian orang mungkin hanya tahu kapasitas RAM yang infonya semakin besar kapasitas RAM maka kinerja komputer akan semakin cepat tetapi tidak mengetahui lebih jauh mengenai RAM ini. Jika menilik lebih jauh ke dalam CPU atau laptop kamu, kamu akan menemukan slot RAM pada motherboard. Kali ini Jalantikus akan menjelaskan perbedaan RAM single channel dengan RAM dual channel.

Perbedaan RAM single channel dengan dual channel adalah kecepatannya, dimana pada single channel 4 GB memiliki kecepatan yang lebih rendah dibanding dual channel 4 GB. Untuk perkiraan single channel adalah 1 RAM dengan kapasitas 4 GB, dual channel adalah 2 RAM yang digunakan dengan masing-masing kapasitas 2 GB. Mengapa dual channel lebih cepat? Mudahnya karena ada pemisahan fungsi dimana pada single channel berarti 1 RAM melakukan semua proses yang terjadi di komputer atau laptop kamu, tetapi pada dual channel berarti ada 2 RAM yang bisa dialokasikan untuk menangani proses yang berbeda, sehingga RAM tidak terbeban dan aktivitas juga bisa tetap berjalan normal.

Perbedaan RAM Single Channel Dan Dual Channel 1

Untuk mengecek apakah komputer atau laptop kamu menggunakan single channel atau dual channel bisa dengan melihat langsung ke dalam motherboard atau menggunakan software CPU-Z. Kamu bisa [url=download/311/cpu-z]download CPU-Z[/url] gratis disini dan installasi juga mudah. Download software gratis lainnya juga di Jalantikus.

20121226044017_311
CPU-Z 1.81
Apps Cleaning & Tweaking CPUID
DOWNLOAD
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal