J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Perbedaan iPhone Authorized, Premium, BM, & Refurbished | Mana yang Akan Diblokir?

              Perbedaan iPhone Authorized, Premium, BM, & Refurbished | Mana yang Akan Diblokir?

              00
              Senin, 22 Jul 2019, 14:00 WIB
              Sebagai pengguna iPhone, apakah kamu yakin telah menggunakan HP yang asli? Simak cara membedakannya berikut ini dan mana saja yang akan berisiko terkena blokir!

              Kamu yakin HP iPhone yang digunakan saat ini asli dan tidak akan diblokir pemerintah? Bagaimana cara membedakan HP iPhone asli dan tidak?

              Menyangkut regulasi terbaru tentang blokir HP, kamu harus tahu apakah HP yang digunakan merupakan produk terpercaya alias authorized.

              Jenis produk HP iPhone di Indonesia pun sangat beragam dari original hingga refurbished. Tak hanya itu, tempat kamu membeli HP juga dapat menentukan keabsahan iPhone.

              Untuk mengetahui selengkapnya tentang perbedaan jenis iPhone, simak informasinya berikut ini!

              Perbedaan iPhone Authorized, Reseller, BM, dan Refurbished!

              iPhone merupakan sebuah HP milik perusahaan teknologi Apple yang sangat terkenal di dunia. Kualitas yang dimiliki oleh iPhone sangat baik, entah itu secara fisik ataupun software.

              Tak hanya di luar negeri, Indonesia juga memiliki sejumlah penggemar setia HP iPhone. Apakah kamu salah satunya, geng?

              Sayangnya, Indonesia masih belum memiliki Apple Store resmi seperti yang ada di Singapura atau di negara-negara lain.

              Oleh karena itu, HP iPhone yang kamu gunakan saat ini bisa saja tidak orisinil alias black market. Sedangkan pemerintah sudah mengeluarkan peraturan untuk blokir HP black market dan sejenisnya.

              Fakta Kontrol IMEI Alasan Pemerintah E3b70

              Untuk itu, kamu harus tahu jenis iPhone apa yang sedang digunakan saat ini. Jangan sampai HP kamu diblokir tanpa ada backup terlebih dahulu.

              Saat ini, ada empat macam HP iPhone yang dijual di Indonesia yaitu iPhone Authorized Reseller, iPhone Premium Reseller, iPhone Black Market, dan iPhone Refurbished.

              Apa perbedaannya dan mana yang berisiko untuk terkena blokir IMEI?

              1. iPhone Authorized Reseller

              Perbedaan IPhone Authorized Reseller BM Dan Refurbished 1 2d92d

              Pertama adalah iPhone Authorized Reseller atau penjual ulang (reseller) iPhone secara resmi yang biasanya memiliki bentuk toko yang berukuran kecil.

              Kamu yang membeli HP di lokasi plaza eletronik, kemungkinan besar dibeli dari iPhone Authorized Reseller. HP yang kamu dapatkan dari toko ini aman dan memiliki persetujuan dari pihak Apple.

              Jenis penjualan oleh Authorized Reseller juga ditandai dengan memfokuskan sales saja tanpa ada layanan lainnya. Kalau kamu mencari toko yang lebih lengkap dalam pelayanan, bisa ditemukan di Premium Reseller.

              2. iPhone Premium Reseller

              Perbedaan IPhone Authorized Reseller BM Dan Refurbished 2 1a57d

              Sumber foto: Mobitekno

              iPhone Authorized Reseller dan iPhone Premium Reseller tidak berbeda jauh dalam segi produk. Keduanya menjual beragam perangkat orisinil di bawah Apple.

              Namun, iPhone Premium Reseller ini biasanya didukung dengan toko yang besar dan terletak di mall. Bahkan, gerai iBox yang berada di Mall Kelapa Gading diklaim sebagai gerai Apple paling besar di Indonesia.

              Dalam toko ini juga disediakan pelayanan yang lebih lengkap berupa sales, aftersales, hingga training center sekalipun. Kamu dapat mengklaim produk yang bermasah secara profesional.

              iPhone Premium Reseller juga memiliki lokasi yang tekesan mewah dan bergaya khas Apple karena desainnya sendiri disetujui oleh Apple. Toko tidak akan berjalan tanpa adanya persetujuan dari Apple.

              3. iPhone Black Market

              Perbedaan IPhone Authorized Reseller BM Dan Refurbished 3 245d3

              Selanjutnya adalah iPhone Black Market (BM) atau produk yang dijual tanpa ada nomor registrasi. Jenis HP ini jauh lebih murah dari produk orisinilnya, karena tidak ada tambahan pajak.

              HP black market ilegal dan bertentangan dengan aturan pemerintah tentang regulasi kontrol IMEI. Bagaimana jika iPhone yang kamu gunakan saat ini adalah pemberian orang lain?

              Ada cara untuk mengetahui apakah HP tersebut adalah BM atau bukan. Pertama, iPhone BM biasanya tidak memiliki garansi yang terletak di dalam kotak HP.

              Lalu, HP tersebut tidak memiliki IMEI yang valid. Kamu bisa mengetahui nomor IMEI kamu di bagian belakang bodi iPhone atau melalui kotak HP.

              IMEI bisa kamu cek di situs resmi Kemenperin yang saat ini sedang disiapkan. Atau kamu juga bisa cek IMEI iPhone di situs resminya!

              4. iPhone Refurbished

              Perbedaan IPhone Authorized Reseller BM Dan Refurbished 4 233eb

              Terakhir adalah jenis HP yang Refurbished atau rekondisi. Produk ini biasanya berasal dari iPhone yang sudah rusak dan bermasalah, kemudian diperbaiki dan dirakit ulang oleh Apple.

              Kondisi HP yang sudah refurbished oleh Apple tak akan memiliki nomor serial dan IMEI aktif. HP refurbished juga akan diblokir oleh pemerintah karena tidak memiliki IMEI yang valid.

              Selain melalui IMEI, kamu bisa cek komponen yang diberikan dalam kotak. Biasanya memiliki kejanggalan seperti jenis kabel charger atau adanya headset yang 'janggal'.

              Mana yang Akan Diblokir?

              Melalui perbedaan jenis iPhone di atas, maka terlihat mana yang berisiko diblokir oleh pemerintah dan mana yang akan lolos. Yaitu kamu yang memilki iPhone BM dan refurbished.

              Sebenarnya iPhone refurbished bisa saja tidak diblokir asalkan dijual resmi oleh Premium atau Authorized Reseller. Sayangnya, iPhone refurbished tidak dijual di kedua toko tersebut.

              iPhone BM dan refurbished tidak akan lolos oleh verifikasi IMEI melalui sistem DIRBS yang akan digunakan.

              Tetapi, untuk kamu yang membeli iPhone di reseller authorized ataupun premium reseller Jaka sarankan tetap harus cek IMEI iPhone kamu.

              Pastikan HP kamu lolos kontrol IMEI yang akan diberlakukan oleh pemerintah pada 17 Agustus nanti.

              Akhir kata

              Itu dia perbedaan antara berbagai produk Apple yang beredar di Indonesia. Pastikan kamu cek IMEI sebelum masa kontrol IMEI diberlakukan, ya.

              Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

              Baca juga artikel seputar HP iPhone atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal