J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Ternyata Inilah Perbedaan Hacker & Cracker, Siapa yang Lebih Berbahaya?

Kamis, 2 Jul 2020, 13:00 WIB
Masih bingung mengenai istilah hacker dan cracker? Berikut adalah pembahasan tentang persamaan dan perbedaan hacker dan cracker selengkapnya!

Perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini, rupanya nggak lantas membuat kejahatan cyber berkurang apalagi benar-benar hilang.

Masih ada banyak sekali tangan-tangan jahil para hacker yang siap meretas sistem keamanan dan jaringan korbannya untuk mencari keuntungan.

Namun, selain hacker yang seringkali jadi perbincangan di kalangan masyarakat, ada juga sosok cracker yang keberadaannya nggak kalah mengancam, geng.

Sayangnya, nggak sedikit orang yang salah paham dengan kedua istilah ini dan menganggap bahwa hacker dan cracker adalah sama.

Tapi, sebenarnya apa sih persamaan serta perbedaan hacker dan cracker? Berikut adalah penjelasannya.

Pengertian Hacker dan Cracker

Pengertian Cracker Dan Hacker Ef48a

Sumber foto: Monitor teknologi (Sebelum membahas perbedaannya, simak dulu pengertian hacker dan cracker berikut ini).

Sebelum membahas lebih dalam mengenai persamaan serta perbedaan hacker dan cracker, sebenarnya kamu sudah tahu belum, sih, apa arti dari kedua istilah ini?

Sama-sama memiliki citra negatif di kalangan masyarakat, hacker dan cracker sendiri kenyataannya memiliki pengertian yang berbeda lho, geng.

Secara literal, pengertian hacker sendiri yaitu orang yang mempelajari, memodifikasi, menganalisa, dan menyusup ke sebuah sistem atau jaringan komputer.

Meskipun memang melakukan hal-hal yang ilegal, namun para hacker umumnya memiliki tujuan untuk mencari kelemahan dan bug pada suatu sistem.

Sementara, pengertian cracker sendiri yaitu orang yang bukan hanya menyusup dan meretas saja, melainkan juga memiliki kecendurungan untuk merusak sistem atau jaringan komputer yang sudah dia retas.

Bahkan, nggak jarang juga para cracker yang melakukan pencurian data pribadi orang lain untuk kepentingan yang nggak baik.

Oleh karena alasan itu, para peretas ini pun kemudian dibagi menjadi dua golongan; White Hat Hackers untuk mereka yang merupakan hacker sesungguhnya, serta Black White Hackers untuk mereka yang merupakan cracker.

Persamaan & Perbedaan Hacker dan Cracker

Nah, sekarang kamu sudah paham dong mengenai apa itu hacker dan juga cracker?

Dari definisi keduanya, mungkin ada juga sebagian dari kamu yang sudah bisa sedikit memahami persamaan dan juga perbedaan dari kedua istilah ini.

Tapi, untuk lebih jelasnya mengenai persamaan dan perbedaan hacker dan cracker, kamu bisa simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Persamaan Hacker dan Cracker

Meskipun keduanya memiliki arti literal yang berbeda, namun kenyataannya ada juga lho persaamaan antara hacker dan cracker, geng.

Nah, buat kamu yang penasaran, berikut adalah persamaan hacker dan cracker yang bisa Jaka sajikan menurut beberapa sumber.

1. Melakukan Aktivitas Penyusupan Sistem Atau Jaringan

Perbedaan Hacker Dan Cracker Wikipedia E280f

Sumber foto: Art and Ideas (Meskipun nggak lebih banyak dibandingkan perbedaan hacker dan cracker, namun kedua istilah ini juga memiliki persamaan).

Persamaan antara hacker dan cracker yang paling jelas terlihat adalah dari segi aktivitas yang mereka lakukan, geng.

Baik hacker ataupun cracker, keduanya sama-sama melakukan aktivitas penyusupan ke sebuah sistem atau jaringan komputer para korbannya dengan tujuan tertentu.

Itulah juga alasannya kenapa hacker dan cracker seringkali dianggap sama oleh sebagian besar orang.

Perbedaan Hacker dan Cracker

Dikarenakan keduanya memiliki konotasi negatif di kalangan masyarakat, serta sama-sama melakukan aktivitas penyusupan alias peretasan, makanya nggak heran jika hacker dan cracker sering dianggap sama.

Tapi, sebenarnya ada beberapa poin yang membedakan keduanya seperti yang sudah Jaka bahas dalam perbedaan hacker dan cracker berikut ini.

1. Definisi Antara Hacker dan Cracker

Contoh Hacker Dan Cracker 2044c

Salah satu perbedaan yang paling mencolok antara hacker dan cracker sendiri adalah dari definisi kedua istilah ini, geng.

Seperti yang sudah Jaka jelaskan di bagian awal, bahwa hacker adalah seseorang yang menganalisis, memodifikasi, dan menyusup masuk ke dalam suatu sistem atau jaringan komputer.

Namun, sifat hacker sendiri sebenarnya nggak merugikan karena mereka hanya menyusup untuk mencari kelemahan atau bug yang ada pada suatu sistem.

Sementara itu, mereka yang menyusup dan mengakibatkan kerugian seperti mengubah tampilan suatu situs (defacing), menyisipkan kode-kode virus, dan lainnya adalah yang disebut sebagai cracker.

2. Tujuan Melakukan Penyusupan

Perbedaan Hacker Dan Cracker 2ef89

Sumber foto: ID techinasia (Salah satu perbedaan hacker dan cracker yang paling mencolok adalah tujuan mereka melakukan penyusupan).

Perbedaan hacker dan cracker yang berikutnya adalah dari tujuan mereka melakukan penyusupan ke dalam sistem atau jaringan komputer, geng.

Meskipun keduanya memiliki konotasi negatif, tapi dari definisi sendiri hacker memang memiliki tujuan yang lebih mengarah pada hal positif.

Di mana tujuan hacker adalah menyusup untuk menemukan dan memberi tahu kelemahan atau celah keamanan suatu sistem yang kemudian diselesaikan dengan cara yang legal.

Sementara, para cracker menyusup suatu sistem atau jaringan komputer dengan tujuan untuk mencuri informasi, data, foto, dan hal penting lainnya milik korban.

Selain itu sesuai dengan namanya yaitu cracker (perusak), mereka juga cenderung akan merusak suatu sistem yang tentunya merupakan tindakan ilegal.

Jadi, buat mereka-mereka yang melakukan peretasan dengan tujuan negatif seperti misalnya hack password untuk mengambil alih akun korban dan mencuri data, ini adalah salah satu contoh tindakan seorang cracker.

3. Cara Kerja

Pertanyaan Tentang Hacker Dan Cracker F7580

Selain dua poin sebelumnya, cara kerja juga menjadi perbedaan hacker dan cracker yang berikutnya nih, geng.

Para hacker umumnya mengetahui betul dan sadar tentang apa yang sedang mereka lakukan, serta bertanggung jawab penuh akan hal tersebut.

Karena sifatnya yang membantu inilah para hacker pun biasanya akan disewa dan dipekerjakan secara legal.

Namun berbanding terbalik dengan hacker, cracker justru umumnya akan bekerja secara sembunyi-sembunyi karena memiliki tujuan yang merugikan dan bersifat ilegal.

Contohnya saja orang yang melakukan hack Instagram atau membobol jaringan WiFi dengan tujuan untuk mencuri data.

4. Keterbukaan (Komunitas)

Pengertian Hacker 487a2

Perbedaan hacker dan cracker yang terakhir yaitu dari segi keterbukaan dua golongan peretas ini, geng.

Hacker biasanya memiliki komunitas yang jelas dan terbuka untuk memperdalam ilmu dan pemahaman mereka tentang sistem jaringan.

Bahkan, mereka juga tak jarang berbagi ilmu dengan sesama hacker lain termasuk soal aplikasi hacker yang biasa digunakan, lho!

Sedangkan cracker sendiri biasanya memiliki komunitas yang sangat tertutup dan tersembunyi dibandingkan hacker.

Alasannya? Tentu karena sifat cracker yang sudah jelas negatif dan dapat merugikan orang lain.

Akhir Kata

Nah, itu dia pembahasan mengenai persamaan serta perbedaan hacker dan cracker yang Jaka kumpulkan dari berbagai sumber termasuk Wikipedia, geng.

Jaka harap pembahasan di atas bisa menjawab semua pertanyaan tentang hacker dan cracker yang selama ini masih disalah artikan oleh sebagian besar masyarakat.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita

ARTIKEL TERKAIT
Cara Hack Fb Bd8c9

Cara Hack Facebook Orang Lain Terbaru 2020 & Tips Mencegahnya!

Untitled 3 C3088

Cara Hack Instagram Orang Lain Terbaru 2020 & Cara Mencegahnya

Cara Hack Whatsapp 98efa

Waspada! Ini Cara Hack WhatsApp ala Hacker Terpopuler

Cara Mengetahui Wa Disadap 4c717

Cara Mengetahui WA Disadap dan Cara Mengatasinya, Waspada Hacker!

7 Perintah Cmd Hack Yang Sering Digunakan Para Hacker Pemula Masuk F98ad

7 Perintah CMD Hack yang Sering Digunakan Para Hacker, Pemula Masuk!

Cara Hack Password Terbaru 0adbc

6 Cara Hack Password yang Biasa Digunakan Hacker, WASPADALAH!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Bahaya! Ternyata Ini Cara Hacker Manfaatkan Virus Corona Untuk Curi Data

Bahaya! Ternyata Ini Cara Hacker Manfaatkan Virus Corona Untuk Curi Data

6 Cara Hack Password yang Biasa Digunakan Hacker, WASPADALAH!

6 Cara Hack Password yang Biasa Digunakan Hacker, WASPADALAH!

15 Aplikasi Hacker Android Terbaik 2020, Sering Digunakan Hacker!

15 Aplikasi Hacker Android Terbaik 2020, Sering Digunakan Hacker!

6 Cara Hack WhatsApp Ala Hacker Terpopuler, Dilarang Coba!

6 Cara Hack WhatsApp Ala Hacker Terpopuler, Dilarang Coba!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal