J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Sering Heboh di Internet, Apa Perbedaan Freemason dan Illuminati?

              Sering Heboh di Internet, Apa Perbedaan Freemason dan Illuminati?

              00
              Jumat, 28 Jun 2019, 20:00 WIB
              Kamu percaya keberadaan freemason dan illuminati? Kali ini, Jaka mau kasih perbedaan antara freemason dan illuminati yang sering bikin heboh!

              Akhir-akhir ini, di Indonesia sedang dihebohkan dengan teori konspirasi yang selalu membuat heboh yaitu, Illuminati.

              Apa-apa dikaitkan dengan organisasi misterius yang katanya mengendalikan dunia tersebut, termasuk segitiga.

              Enggak cuma illuminati, istilah freemason pun juga muncul ke permukaan. Bahkan, ada yang menganggap bahwa kedua hal tersebut sama.

              Apakah benar demikian? Ternyata enggak loh, geng! Illuminati dan Freemasonry adalah dua hal yang berbeda. Apa perbedaannya?

              Apa Itu Freemasonry?

              Perbedaan Illuminati Freemason 1 32ca3
              Sumber foto: Radio Times

              Dilansir dari berbagai sumber, Freemasonry merupakan sebuah organisasi persaudaraan yang di mana asal-usulnya kerap kali menjadi perdebatan ahli sejarah.

              Ada yang menyatakan bahwa organisasi ini berdiri sejak akhir abad ke-16 atau awal abad ke-17. Hingga saat ini, Freemason tersebar di seluruh dunia dengan jumlah jutaan orang.

              Anggota dari Freemansonry disebut sebagai Freemason atau Mason. Unit dasar dari organisasi ini disebut sebagai lodge atau loji dalam bahasa Indonesia.

              Loji-loji ini tersebar di seluruh dunia dan tidak memiliki induk loji. Semua loji bersifat independen, bahkan terkadang tidak mengakui keberadaan loji lain.

              Freemansory ini benar-benar masih ada loh, geng! Dalam dunia modern, Freemansory terbagi menjadi dua jenis, yakni Regular Freemansory dan Continental Freemansonry.

              Regular Freemansory masih memegang teguh konsep-konsep asli Freemansonry, seperti tidak memperbolehkan wanita bergabung ke dalam kelompok ini.

              Sedangkan Continental Freemansonry adalah kelompok yang menghilangkan sebagian atau bahkan semua pembatasan semacam itu.

              Freemansonry bukanlah agama meskipun mereka sendiri memiliki ritual yang konon katanya memuja setan, geng.

              Fremansonry di Indonesia

              Perbedaan Illuminati Freemason 2 4e203
              Sumber foto: Situs Budaya

              Lantas, apakah ada Freemansonry ada di Indonesia? Ternyata masih ada dan jejak-jejaknya masih terlihat sampai sekarang.

              Konon katanya, organisasi ini dibawa oleh Jacobus Cornelis Mattheus ketika VOC datang menjajah Indonesia.

              Pada masa itu, organisasi hanya menerima warga Belanda asli. Setelah sempat dibekukan oleh Gubernur Jenderal Daendels, Freemansory di Indonesia dibentuk kembali dengan anggota baru.

              Freemansonry baru ini tidak hanya berisikan para meneer Belanda, melainkan juga dari pedagang Tiongkok bahkan orang pribumi yang kebanyakan berasal dari keluarga kerajaan.

              Apakah ada bukti fisik mengenai keberadaan organisasi ini? Coba kamu main ke jalan Budi Utomo di Jakarta Pusat dan cari gedung farmasi Kimia Farma.

              Dulu, bangunan tersebut merupakan salah satu loji untuk para Freemason di Indonesia. Gedung tersebut sempat menjadi tempat digelarnya Kongres Pemuda Indonesia yang pertama.

              Bahkan, presiden Sukarno sempat melarang Freemansonry dengan mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) pada tahun 1962.

              Alasannya, berhembus isu bahwa organisasi ini melakukan ritual penyembahan kepada setan hingga membuat resah masyarakat.

              Semenjak itu, loji-loji mereka disita oleh negara. Lantas, pada masa presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Keppres tersebut dicabut dan diganti dengan Keppres baru.

              Ketika Jaka mengecek isi Keppres tersebut, tidak disebutkan secara jelas tentang Freemansonry. Ada beberapa nama organisasi yang memang terlihat mencurigakan.

              Hanya saja, mungkin Freemansonry di Indonesia menggunakan nama lain yang ada di daftar itu.

              Jadi, apakah organisasi Freemansonry masih ada sampai sekarang? BIsa jadi iya, termasuk di Indonesia!

              Apa Itu Illuminati?

              Perbedaan Illuminati Freemason 3 322ec
              Sumber foto: Steemit

              Sekarang kita beralih ke Illuminati yang sangat sering dikaitkan dengan Dajjal, makhluk akhir zaman yang digambarkan bermata satu.

              Banyak sekali teori yang mengatakan bahwa organisasi ini menyebar propaganda melalui berbagai media, mulai dari film yang mengandung unsur Illuminati, musik, kartun, hingga anime yang diduga mengandung unsur Illuminati.

              Jika ditelusuri ke belakang, organisasi ini berdiri pada tahun 1776 oleh seseorang bernama Adam Weishaupt di Bavaria.

              Organisasi ini terdiri dari para pemikir bebas yang secara konsep sedikit meniru Freemansonry.

              Anggotanya dibagi menjadi tiga kelas dan diambil sumpah setianya ketika bergabung.

              Didirikan oleh segelintir orang, nyatanya organisasi ini berkembang dengan pesat. Salah satu caranya adalah dengan menyusup ke organisasi lain, termasuk Freemansonry yang lebih tua.

              Sayang, organisasi ini tak bertahan lama karena dibubarkan oleh pemerintah dengan alasan dianggap sebagai organisasi berbahaya.

              Walaupun begitu, banyak orang yang percaya bahwa pada kenyataannya organisasi ini masih ada dan bergerak secara diam-diam.

              Illuminati sangat sering dikaitkan sebagai organisasi elite rahasia dengan berbagai teori konspirasi di mana mereka berperan sebagai dalang.

              Ada yang menganggap keberadaan mereka hanyalah mitos yang terlalu dibesar-besarkan, tapi ada juga yang meyakini keberadaan mereka secara nyata.

              Keberadaan budaya pop melalui film, buku, hingga selebritis juga memperbesar ketakutan masyarakat dunia terhadap Illuminati.

              Belum lagi diduga ada beberapa game yang mengandung unsur Illuminati di dalamnya dan memang sengaja diproduksi untuk mempromosikan Illuminati.

              Perbedaan Freemasonry dan Illuminati

              Perbedaan Illuminati Freemason 4 6bfab
              Sumber foto: Vox

              Yang jelas, Freemansonry dan Illuminati adalah dua hal yang berbeda ya, geng! Mereka organisasi yang berbeda di mana Freemansonry lahir terlebih dahulu.

              Dari hasil penelusuran Jaka, terdapat beberapa perbedaan antara kedua organisasi yang banyak ditakuti oleh masyarakat ini.

              Yang pertama adalah masalah pengakuan. Keberadaan Freemansonry diakui dan keberadaannya masih ada sampai sekarang.

              Bagaimana dengan Illuminati? Organisasi ini dianggap terlarang dan dianggap telah dibubarkan.

              Walaupun begitu, seperti yang sudah Jaka sebutkan di atas, ada teori yang mengatakan mereka masih ada dan bermain di belakang layar.

              Dari segi tujuan, Illuminati jelas lebih ambisius sekaligus mengerikan dari Freemansonry.

              Bagaimana tidak, mereka ingin mereformasi tatanan dunia alias New World Order. Bahkan ada yang mengatakan bahwa Illuminati ingin menghapus semua agama di dunia.

              Tujuan dari Freemansonry lebih sederhana, yakni ingin membuat dunia lebih baik lagi meskipun kita tidak tahu bagaimana definisi baik menurut mereka.

              Tapi, ada yang bilang kalau mereka sama-sama melepaskan diri dari agama. Apalagi, Illuminati menerapkan beberapa prinsip dari Freemansonry.

              Seandainya teori ini benar, kedua organisasi ini tidak akan cocok di Indonesia karena bertentangan dengan sila pertama Pancasila, yakni Ketuhanan yang Maha Esa.

              Simbol Mata Dajjal

              Perbedaan Illuminati Freemason 5 Ee62e
              Sumber foto: Vox

              Kelompok Freemansonry mengakui bahwa simbol The Eye of God alias simbol segitiga bermata satu merupakan simbol milik mereka. Apakah erarti mereka penyembah Dajjal?

              Menurut mereka, simbol tersebut diterjemahkan sebagai Tuhan yang mengetahui segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia.

              Pengertian ini sejalan dengan yang dikatakan oleh pemerintah Amerika Serikat mengenai adanya lambang ini di mata uang Dolar mereka.

              Simbol ini juga kerap dihubungkan dengan Illuminati karena organisasi ini dianggap sebagai penyembah Dajjal dan menantikan kedatangannya di dunia.

              Illuminati memang menggunakan simbol ini juga, geng. Apalagi, simbol tersebut bergambar piramida bertingkat 13, sesuai dengan jumlah tingkatan yang ada di Illuminati.

              Jika menelusuri jejak sejarah, sebenarnya simbol ini telah ada sejak era Mesir Kuno untuk melambangkan dewa Horus dan sering digunakan sebagai jimat.

              Jaka sendiri tidak tahu mana yang benar ya, geng. Tapi enggak ada salahnya untuk tetap waspada dari segala sesuatu yang sifatnya meragukan.

              Akhir Kata

              Jadi itulah perbedaan antara Illuminati dan Freemason yang bisa Jaka beritahu ke kamu. Jaka tidak bisa menjamin informasi di atas 100% benar.

              Ada yang berpendapat, Freemansonry dan Illuminati adalah organisasi rahasia yang paling tidak rahasia karena informasi terkait mereka sudah banyak tersebar di internet.

              Yang jelas, kita patut waspada kepada semua kemungkinan yang bisa terjadi di sekitar kita. Siapa tahu, memang ada organisasi rahasia yang berusaha mengendalikan gerak-gerik kita.

              Baca juga artikel seputar Illuminati atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal