J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Adu Kuat 4 Provider Internet yang Ngaku Anak Muda Banget, Mana yang Paling Worth-It?

Adu Kuat 4 Provider Internet yang Ngaku Anak Muda Banget, Mana yang Paling Worth-It?

Jumat, 10 Jan 2020, 09:00 WIB
Mayoritas pengguna internet di Indonesia didominasi oleh kalangan milenial. Nggak heran, kalau provider berlomba di segmen ini. Manakah yang jadi juaranya?

Dari lebih dari 170 juta pengguna internet di Tanah Air, bila bicara soal umur jumlah ini masih dikuasai oleh generasi milenial alias anak muda.

Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pada 2018 lalu segmen usia 15-19 tahun memiliki penetrasi internet paling tinggi, mencapai 91%.

Disusul dengan segmen usia 20-24 tahun sebesar 88.5% dan usia 25-29 tahun sebesar 82.7%. Melihat besarnya pengguna internet di kalangan anak muda, tentu para provider nggak tinggal diam.

Bahkan beberapa provider internet di Indonesia secara khusus menyasar segmen anak muda. Termasuk pada keempat provider yang bakal Jaka adu di bawah ini, geng.

Perbandingan Provider Internet dengan Segmen Anak Muda di Indonesia

Dengan rentang umur di atas, tentu kebanyakan pengguna internet berasal dari kalangan anak muda, mulai dari pelajar, anak kuliahan, hingga karyawan muda.

Umumnya juga mereka menghabiskan sekitar Rp50 ribuan hingga Rp55 ribuan setiap bulannya untuk kebutuhan telekomunikasi dan paket data pada perangkat smartphone mereka.

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa provider yang menyasar kalangan anak muda, seperti AXIS, Tri, Smartfren, dan terbaru ada by.U yang ikut meramaikan di segmen ini.

Lalu paket internet apa saja yang ditawarkan apabila punya bujet dengan rentang Rp50-55 ribuan dengan masa aktif 30 hari? Mari Jaka coba bandingkan sebagai berikut.

1. AXIS

Perbandingan Paket Internet Milenial Axis 2a379

XL Axiata memiliki provider yang secara khusus menyasar segmen anak muda, yakni AXIS. Salah satu paket internet unggulan dari AXIS adalah Paket OWSEM.

Paket Internet AXIS Detail Paket
OWSEM 24GB + Unlimited Kuota Games Harga: Rp51.900,-

Kuota Utama 24 Jam (2G/3G/4G): 3GB

Kuota Malam (00.00-06.00 WIB): 9GB

Kuota Games: Unlimited (1GB/hari)

Kuota Music: 6GB

Kuota Sosmed: 6GB

Masa Berlaku: 30 hari

Ulasan:

Total kuota 24GB memang terlihat menggiurkan, namun sayangnya Paket OWSEM ini harus dibagi-bagi jadi kuota 24 jam hanya 3GB dan kuota malam 9GB yang berlaku mulai pukul 00.00-06.WIB saja.

Terlebih kamu bakal mendapat berbagai kuota aplikasi musik dan sosmed yang mungkin jarang buat kamu gunakan.

Kuota game yang ada pun nggak sepenuhnya unlimited, soalnya kamu bakal dibatasi cuma 1GB/harinya loh.

2. Tri (3)

Perbandingan Paket Internet Milenial Tri D9d95

Tri atau 3 juga dikenal menawarkan paket internet bulanan dengan kuota besar di jaringan 4G LTE. Harganya sendiri dibanderol mulai Rp50 ribu dengan masa aktif 30 hari, geng.

Paket Internet Tri Detail Paket
Internet Kuota Bulanan 4G 12GB Harga: Rp50.000,-

Kuota 24 Jam(2G/3G/4G): 2GB

Kuota 24 Jam (Hanya 4G): 8GB

Kuota YouTube/Netflix: 2GB

Masa Berlaku: 30 hari

Ulasan:

Sama seperti sebelumnya, Kuota Bulanan 4G 12GB ini terbagi ke dalam dua kuota utama, yakni kuota 2GB yang bisa dipakai di semua jaringan dan kuota 8GB khusus untuk jaringan 4G.

Itu artinya kamu hanya bisa memakai kuota 8GB jika terhubung pada jaringan 4G LTE. Bakalan nggak kepakai kalau di daerah sinyal 4G-nya nggak stabil atau bahkan nggak kena coverage.

Selebihnya kamu akan mendapatkan kuota tambahan 2GB yang bisa dipakai buat streaming YouTube atau Netflix.

3. Smartfren

Perbandingan Paket Internet Milenial Smartfren 03450

Lalu ada Smartfren yang paling banyak diincar bagi pengguna yang mau menggunakan paket internet unlimited. Terbaru, hadir pula Paket Super 4G Unlimited Lite yang dibanderol Rp50 ribu loh.

Paket Internet Smartfren Detail Paket
Super 4G Unlimited Lite 50 Rb Harga: Rp50.000,-

Unlimited 24 Jam: FUP 500MB/hari

Masa Berlaku: 28 hari

Ulasan:

Jangan buru-buru tergiur sama kuota unlimited tapi lupa lihat syarat dan ketentuannya, geng. Super 4G Unlimited Lite 50 Rb ini punya kuota unlimted 24 jam dengan FUP 500MB/hari.

Apa itu FUP? Secara mudahnya, FUP atau singkatan dari Fair Usage Policy merupakan batasan maksimum penggunaan harian.

Artinya setelah melewati FUP, kamu akan mendapatkan pemangkasan kecepatan internet. Misalnya semula kecepatan internet bisa mencapai 15Mbps, setelah mencapai FUP bisa dibatasi menjadi 128Kbps saja.

4. by.U

Perbandingan Paket Internet Milenial Byu 53d0b

Di tahun 2019 ini, hadir pula by.U yang ikut meramaikan provider dengan segmen anak muda.

Lalu paket internet apa saja yang ditawarkan oleh by.U yang mengaku sebagai Provider Serba Digital Pertama di Indonesia ini, geng?

Paket Internet by.U Detail Paket
Paket Yang Bikin Nagih 10GB Harga: Rp50.000,-

Kuota Utama 24 Jam (2G/3G/4G): 10GB

Masa Berlaku: 30 hari

Ulasan:

Walau hadir sebagai pendatang baru, by.U menawarkan kuota bulanan dengan syarat dan ketentuan nggak ribet, tanpa embel-embel unlimited, dan pembagian kuota.

Dengan membayar Rp50 ribu, kamu akan mendapat kuota utama 24 jam untuk semua jaringan sebesar 10GB, di mana by.U saat ini telah menggunakan jaringan 4G LTE dari Telkomsel.

Kesimpulan: Manakah yang Paling Worth-It?

Dari keempat provider di atas tentu menawarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, geng.

AXIS menawarkan paket internet dengan pembagian beragam, namun dengan kuota utama 24 jam hanya 3GB saja.

Kemudian 3 menawarkan paket kuota utama dengan total 10GB, tapi sayangnya kuota 8GB hanya bisa dipakai pada jaringan 4G LTE. Nggak cocok buatmu yang tinggal di daerah dengan internet kurang stabil.

Lalu Smartfren mungkin bakal banyak dicari, karena menawarkan kuota unlimited, geng. Sayangnya saja, FUP-nya terbilang kecil hanya 500MB/hari dengan masa aktif hanya 28 hari saja.

Terakhir ada by.U yang menawarkan kuota utama 24 jam bebas tanpa syarat dan pembagian sebesar 10GB loh. Kalau kamu sendiri bakal pilih yang mana nih?

Setelah lewat berbagai pertimbangan, Jaka sendiri menjatuhkan pilihan pada provider by.U yang cukup simpel dan nggak membingungkan kamu saat menggunakannya.

by.U sebagai Provider Serba Digital Pertama di Indonesia juga menyediakan aplikasi untuk melakukan transaksi dan konten menarik lainnya, yang bisa diunduh melalui Google Play Store atau App Store.

Tertarik untuk menggunakannya? Atau sudah punya pengalaman selama menggunakan by.U? Jangan ragu buat tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah ya!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal