J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Ini Penyebab Komputer Sering Berbunyi Keras Dan Mencurigakan, Bakal Meledak?

Ini Penyebab Komputer Sering Berbunyi Keras Dan Mencurigakan, Bakal Meledak?

Kamis, 6 Apr 2017, 15:00 WIB
Beberapa suara bisa jadi pertanda kalau komputer kalian sedang mengalami masalah. Berikut ini Jaka akan membahas beberapa masalah fisik komputer yang menyebabkan sejumlah bunyi keras dan tidak lazim pada perangkat komputer kalian.

Di era digital seperti sekarang ini, komputer telah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting. Ketika sedang menggunakan komputer, terkadang kita sering mendengar sejumlah suara seperti suara booting sistem operasi, suara putaran kipas di dalam perangkat komputer atau suara bunyi yang ditimbulkan oleh CD atau DVD yang berputar pada optical drive. Suara-suara tersebut memang wajar terdengar, yang menandakan bahwa komputer kalian sedang bekerja.

Namun, beberapa suara seperti speaker yang mengeluarkan bunyi tidak karuan atau suara keras yang tiba-tiba muncul dan sangat menganggu terkadang perlu diwaspadai karena bisa saja itu menjadi pertanda kalau komputer kalian sedang mengalami masalah. Agar lebih jelas, berikut ini Jaka akan membahas beberapa masalah fisik komputer yang menyebabkan sejumlah bunyi keras dan tidak lazim pada perangkat komputer kalian. Langsung aja kita simak yuk!

BACA JUGA
  • Bukan Hoax! Begini Cara Mencegah Laptop Panas Saat Digunakan
  • Cara Memperbaiki DVD Laptop yang Error dan Tidak Terbaca

Ini Penyebab Komputer Sering Berbunyi Keras dan Mencurigakan, Bakal Meledak?

1. Bunyi Keras Karena Hard Drive Bermasalah

Ef451a0a2eee17b2e53b401495bb546a
Sumber foto: Foto: montereycomputerrepair.com

Jika ada di antara kalian yang pernah mendengar bunyi keras dari bagian mesin perangkat komputer, khususnya pada bagian hard drive berada, kalian patut waspada. Kemungkinan besar bunyi tersebut berasal dari hard drive kalian yang sudah mulai bermasalah.

Di dalam hard drive terdapat sebuah piringan keras dan tebal yang bekerja bersama dengan sebuah lengan pemutar untuk membuat hard drive terus berputar sambil menyalurkan informasi. Jika kalian hanya mendengar suara-suara kecil dan lembut dari bagian hard drive kalian, maka kalian tidak perlu khawatir karena itu berarti hard drive kalian baik-baik saja.

Sebaliknya, jika kalian mendengar suara yang cukup keras dari bagian hard drive kalian, biasanya itu berarti hard drive kalian sedang mengalami masalah entah pada bagian piringan atau lengan pemutarnya.

Jika hal tersebut terjadi, segeralah lakukan back-up data untuk menghindari risiko kehilangan data saat perangkat hard drive kalian benar-benar rusak.

2. Bunyi Keras Karena Optical Drive Bermasalah

D89009de59164eac704dd0494247977a
Sumber foto: Foto: Reference.com

Pada dasarnya, optical drive memiliki cara kerja yang serupa dengan hard drive. Optical drive akan memutar CD atau DVD di dalamnya menggunakan alat penggerak berbentuk lingkaran, yang bekerja sama dengan optik yang bertugas membaca dan menyalurkan informasi.

Suara yang ditimbulkan oleh optical drive yang bekerja secara baik tidaklah begitu keras dan halus layaknya suara dari hard drive. Namun, jika kalian mendengar suara keras ketika optical drive kalian sedang membaca CD atau DVD, ada kemungkinan kalau optical drive kalian tersebut mengalami masalah dengan alat penggeraknya.

Tapi tidak perlu sepanik itu, karena suara tersebut juga bisa disebabkan oleh CD atau DVD yang dimasukkan sedang bermasalah atau karena debu yang menempel pada optical drive kalian terlalu banyak sehingga menyulitkan optik melakukan pembacaan.

Banner Stokpic Laptopkasur
Bahaya Pakai Laptop Di Kasur! Ini Alasannya
Kamu sering menggunakan laptop untuk kerja maupun sekedar nonton film? Namun tahukah kamu bahaya pakai laptop di kasur? Simak artikel berikut..
LIHAT ARTIKEL

3. Bunyi Keras Karena Kipas Pendingin Bermasalah

Cb898acba2580942e580bf9fd6c18f3a
Sumber foto: Foto: discdepotdundee.co.uk

Kipas pendingin atau cooling fan merupakan alat yang bertugas mendinginkan suhu mesin di dalam perangkat komputer kalian agar tidak kelebihan panas yang dapat menyebabkan perangkat komputer kalian mati tiba-tiba.

Tentunya sebagian dari kalian pasti sudah sering mendengar kipas pendingin kalian berputar dan mengeluarkan bunyi yang sangat keras dan umumnya kalian berpikir kalau itu karena perangkat komputer kalian dipakai terlalu lama.

Namun, yang sebenarnya menyebabkan bunyi tersebut adalah banyaknya debu yang menempel pada kipas pendingin kalian sehingga menghambat perputaran kipas tersebut. Selain itu, ada juga kemungkinan kalau putaran kipas pendingin kalian menarik kabel di dekatnya sehingga menyangkut pada bagian kipas pendingin dan membuat perputaran kipas terhambat.

Untuk masalah seperti ini, kalin hanya perlu mengecek kondisi kipas pendingin kalian apakah terdapat debu yang begitu banyak sehingga menghambat kerja kipas pendingin atau karena masalah kabel yang menyangkut.

4. Bunyi Keras Karena Power Supply Bermasalah

E470866fcc9538d8a4554be9e88b5f8e
Sumber foto: Foto: the-computer-problems-guru.com

Power Supply merupakan komponen penting dalam suatu perangkat komputer yang bertugas mengatur serta menyalurkan daya listrik ke perangkat komputer kalian. Tanpa adanya komponen ini, mustahil kalian bisa menyalakan komputer atau laptop kalian.

Namun, power supply juga terkadang memunculkan masalah sendiri ketika komponen yang satu ini mulai mengeluarkan bunyi keras ketika proses shut down akan selesai. Jika ada di antara kalian yang pernah mengalami hal seperti ini, kalian patut berhati-hati dan segera lakukan pemeriksaan pada komponen power supply kalian. Bunyi keras ini kemungkinan besar terjadi karena masalah pada kabel di dalam power supply kalian atau yang lebih parah lagi motherboard.

Jika kalian cukup mahir melakukan pembongkaran power supply, lakukan pengecekan pada kabel yang mengalirkan listrik ke komponen lain seperti motherboard, VGA dan hard drive. Jika tidak, carilah orang yang bisa membantu kalian agar terhindar dari masalah yang bisa mengakibatkan komputer atau laptop kalian mati secara tiba-tiba nantinya.

5. Bunyi Keras Pada Speaker Atau Monitor

8213b80e25cbd969bed62c59d560149e
Sumber foto: Foto: newsnish.com

Pernahkah kalian mendengar bunyi keras yang keluar dari speaker atau monitor komputer kalian ketika baru saja menyalakannya atau sedang mengatur volume? Jika pernah, jangan disepelekan karena hal itu bisa saja disebabkan oleh masalah pada komponen di dalam speaker kalian. Hal ini juga bisa disebabkan oleh aliran listrik yang bertabrakan dengan sinyal analog dari perangkat speaker komputer kalian.

Sementara untuk monitor atau LCD hal seperti ini sangat jarang terjadi. Namun, kalau kalian pernah mendengar monitor mengeluarkan suara bunyi mesin yang tidak biasa, cobalah periksa listrik monitor kalian.

Nah, itulah tadi sejumlah masalah pada perangkat komputer atau laptop yang dapat menyebabkan suara keras dan bunyi yang menganggu. Pesan Jaka adalah jangan pernah mengabaikan suara yang keluar dari perangkat komputer atau laptop kalian. Suara tersebut bisa saja menjadi pertanda kalau perangkat komputer atau laptop kalian sedang mengalami masalah. Jangan sungkan tinggalkan pesan dan kesan kalian di kolom komentar dan pastikan kalian share ke teman-teman kalian ya.

ARTIKEL TERKAIT
Gagal Shutdown Banner

Cara Mengatasi Hang Saat Komputer Shutdown

Tips Memperbaiki Hardisk PC Yang Error Banner

Tips Memperbaiki Hardisk PC yang Error

Komputer Jelek Maintenance Banner

8 Hal yang Bisa Bikin Komputer Kamu Rusak Dalam Waktu 6 Bulan

Icon Blank

Cara Memperbaiki Komputer Sering Restart

20130716145246_1985

4 Cara Cepat Mendinginkan Komputer

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
20121226084404_92
Recuva 4.2.8.0
Apps Piriform
Orion File Recovery And Drive Scrubber Icon Icon
Orion File Recovery and Drive Scrubber 1.11
Apps NCH Software
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal