J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              7 Hal Ini Ternyata Penyebab Internet Lemot di Smartphone Kamu

              7 Hal Ini Ternyata Penyebab Internet Lemot di Smartphone Kamu

              00
              Kamis, 1 Feb 2018, 09:00 WIB
              Sering kesal internet yang kamu gunakan melambat alias lemot? Berikut 7 penyebab internet lemot di smartphone dan gadget kamu.

              Koneksi internet mumpuni alias cepat dan bisa diandalkan tentunya jadi impian tiap pengguna smartphone dan gadget lainnya. Namun, terkadang kita juga dihadapkan pada kondisi di mana internet yang kita gunakan (entah melalui router WiFi atau kartu provider) lemot.

              Mengesalkan memang, tapi hal itu terjadi bukan tanpa sebab. Kamu sebagai pengguna perlu mengetahuinya. Berikut tujuh penyebab internet lemot di smartphone atau gadget lain milikmu.

              BACA JUGA
              • Waspada! Ini Solusi Gunakan WhatsApp Anti Lemot yang Sebenarnya
              • 5 Penyebab Smartphone Lemot dan Cara Mengatasinya
              • 3 Cara Mudah Mengatasi Android Lemot Tanpa Root

              7 Penyebab Internet Lemot di Smartphone Kamu

              1. Posisi Router Salah

              Mungkin hal ini jarang disadari sebagian besar orang, namun posisi atau letak router di ruangan sisi ruangan atau tempat-tempat tertentu yang kurang strategis bisa membuat koneksi internet melambat alias lemot.

              Penyebab Internet Lemot 1
              Sumber foto: Sumber: Router Login Netgear

              Belum lagi benda-benda besar seperti lemari, kulkas hingga tembok ruangan yang juga bisa mempengaruhi kualitas jaringan internet. Jadi, jika kamu merasa selama ini jaringan internet di rumah kamu lambat, coba periksa lagi letak router yang kamu gunakan karena mungkin aja letaknya memang tidak ideal.

              2. WiFi 'Bertabrakan'

              Kamu tinggal dalam satu pemukiman atau perumahan yang letak rumahnya tergolong rapat. Jika nyaris semua rumah menggunakan router WiFi sendiri, maka jangan heran kalau koneksi internet kamu kadang atau seringkali jadi lemot.

              Penyebab Internet Lemot 2
              Sumber foto: Sumber: The Register

              Beberapa router yang ada dalam satu jaringan atau channel yang sama berpotensi saling 'bertabrakan' atau dengan kata lain saling mengganggu satu sama lain. Hal itu berdampak pada melambatnya jaringan internet pada tiap router, termasuk yang kamu gunakan.

              3. Gangguan dari Perangkat Lain

              Selain 'bertabrakan' dengan router lain, perangkat elektronik lainnya ternyata juga bisa jadi gangguan untuk jaringan internet kamu. Perangkat semisal microwave, telepon atau kulkas nyatanya juga bisa mempengaruhi kecepatan internet yang dihasilkan router.

              Penyebab Internet Lemot 3
              Sumber foto: Sumber: Reddit

              Nyaris sama dengan perkara nomor satu, kamu perlu meletakkan router di posisi yang lebih strategis. Hindari posisi yang berdekatan dengan perangkat teknologi yang bisa menyebabkan kualitas internetmu menurun alias jadi lebih lemot.

              4. Jaringan Super Padat

              Hal ini mungkin berlaku di tempat umum, namun tidak menutup kemungkinan juga terjadi di rumahmu. Koneksi internet dalam satu router tentu akan jadi lemot jika digunakan banyak [perangkat](https://jalantikus.com/gadgets/perangkat-teknologi-terbaik-2017/). Apalagi jika perangkat-perangkat tersebut melakukan aktivitas 'berat' macam buffering atau streaming.

              Penyebab Internet Lemot 4

              Kamu sejatinya tak perlu berharap kualitas jaringan internet yang mumpuni jika berada di tempat umum. Namun, kamu bisa mengakalinya dengan memblokir pengguna WiFi lain di tempat umum. Meskipun terkesan egois, tapi cara itu cukup ampuh meningkatkan kualitas internet lho.

              5. Menggunakan VPN Lambat

              Penyebab Internet Lemot 5
              Sumber foto: Sumber: The Best VPN

              Menggunakan VPN seringkali jadi alternatif yang digunakan banyak orang untuk mendapat kualitas jaringan internet yang lebih baik. Sayangnya, VPN bisa jadi salah satu penyebab internet lemot. Dari sekian banyak aplikasi VPN, tak sedikit pula yang performanya kurang oke.

              6. Jaringan 4G (juga) Lambat

              Penyebab Internet Lemot 6

              Jaringan 4G memang kini wajib dimiliki kamu pengguna smartphone dan para provider. Sayangnya, masih banyak ditemukan performa jaringan 4G yang gak sebagus seharusnya. Hal itu bisa disebabkan berbagai faktor mulai dari gangguan pusat hingga daerah yang belum terjangkau 4G.

              7. Smartphone Lemot

              Penyebab Internet Lemot 7

              Tak melulu kualitas reuter atau provider jadi penyebab internet lemot di smartphone atau gadget kamu. Smartphone atau gadget itu sendiri kadang jadi penyebabnya. Ya, smartphone yang pada dasarnya sudah lemot tentu akan membuat aktivitas apapun menjadi lemot, termasuk berinternet.

              Akhir Kata

              Itulah 7 penyebab internet lemot di smartphone atau perangkat gadget lainnya yang kamu gunakan. Dengan mengetahui penyebabnya, kamu tentu bisa mengatasi atau setidaknya meminimalisir persoalan lemot yang menimpa jaringan internet kamu, dengan tujuan berinternet yang lebih nyaman tentunya.

              Baca juga artikel seputar internet atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

              APPS TERKAIT
              Icon Idm 86581
              Internet Download Manager 6.32 Build 6
              Apps Tonec Inc.
              Rocket Vpn Icon
              Rocket VPN - Internet Freedom 1.4.1
              Apps Liquidum Limited
              Internetspeedtest Icon
              Internet Speed Test 3G,4G,Wifi 2.0.9
              Apps Optimal Software s.r.o.
              Faster Internet 2x Icon
              Faster Internet 2x 1.5.5
              Apps Marvin Apps

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal