J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

18 Penyebab & Cara Mengatasi Laptop Hang, 100% Berhasil!

18 Penyebab & Cara Mengatasi Laptop Hang, 100% Berhasil!

Sabtu, 11 Jul 2020, 21:00 WIB
Laptop kamu suka tiba-tiba nge-hang atau nge-freeze sendiri? Mendingan cari tahu sendiri penyebab serta cara mengatasi laptop hang di artikel ini, geng!

Komputer saat ini menjadi salah satu perangkat yang sangat penting untuk digunakan sebagai sarana edukasi hingga kepentingan pekerjaan. Sehingga tak jarang komputer atau laptop yang kamu gunakan penuh dengan berbagai hal.

Namun, ada kalanya komputer kamu mengalami masalah seperti software error hingga mengalami hang atau freeze. Hal ini disebabkan oleh banyak hal dan tentu ada cara untuk mengatasinya.

Laptop adalah salah satu perangkat yang paling sering mengalami masalah hang. Jika kamu salah satu pengguna yang kerap kali mengalami hal ini, Jaka punya solusinya untuk kamu.

Berikut adalah penyebab dan cara mengatasi laptop hang yang harus kamu ketahui untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Hang dengan Mudah & Cepat

Sebagai perangkat elektronik digital, laptop memang banyak membawa manfaat bagi kehidupan manusia, terutama untuk urusan bisnis dan pekerjaan.

Nah, seringkali laptop yang kita gunakan mengalami berbagai gangguan dan seringkali pula kita tidak tahu penyebabnya.

Maka dari itu, Jaka akan membahas secara lengkap penyebab laptop hang dan bagaimana cara mengatasi laptop hang dengan mudah dan efektif!

Penyebab Utama Laptop Hang

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh sebuah laptop adalah peranti kerasnya yang dikompres sehingga ukurannya lebih kecil dari PC standar. Hal ini menyebabkan kinerja laptop yang selalu berada di bawah PC.

Selain itu, laptop juga sering diklaim mengalami error hingga hang dibandingkan PC. Walau begitu adanya human error juga ikut ambil bagian dalam penyebab error atau hang.

Berikut adalah penyebab laptop hang yang harus kamu ketahui sebelum masuk ke langkah memperbaikinya:

1. Terlalu Banyak Membuka Aplikasi

1 92b51

Penyebab paling umum terjadinya hang pada laptop adalah aplikasi yang terlalu banyak dibuka dalam satu waktu. Sehingga kapasitas laptop itu sendiri tidak sanggup menjalankan semua dan terjadi hang.

Bagi sebagian pengguna awam, kapasitas sebuah laptop atau PC hanya diukur melalui RAM saja. Namun, sebenarnya prosesor dan jenis memori internal juga memengaruhi terjadinya hang.

Tiap aplikasi yang dibuka membutuhkan proses membaca dan menuliskan data, hal ini dikerjakan oleh prosesor, memori internal, dan RAM secara bersamaan. Bahkan VGA untuk kondisi tertentu.

Prosesor yang sudah usang akan mengalami penurunan kinerja yang menyebabkan proses menjalankan aplikasi semakin lambat, begitu juga dengan RAM dan memori internal.

Maka membuka aplikasi yang terlalu banyak dan melebihi kapasitas CPU kamu dapat menyebabkan error hingga hang.

2. Kapasitas RAM Tak Mencukupi

2 43b52

Masih berhubungan dengan penyebab pertama, kapasitas RAM yang kurang besar dapat mempengaruhi terjadinya laptop hang karena RAM adalah peranti keras yang bertanggung jawab untuk menampung aplikasi aktif.

Tiap aplikasi membutuhkan ruang RAM yang berbeda-beda, biasanya diukur melalui seberapa aplikasi itu dioptimasi dan banyaknya fitur yang bisa digunakan.

Aplikasi yang berjalan secara bersamaan dan melebihi kapasitas RAM laptop akan tertutup secara otomatis. Namun, ada kalanya laptop tidak sanggup melakukan penutupan otomatis dan terjadilah hang.

3. Laptop Overheat

3 A7105

Laptop overheat atau kepanasan adalah hasil dari kinerja semua peranti keras laptop yang bekerja tanpa adanya istirahat dan sistem pendinginan yang tidak cukup.

Tiap laptop memiliki jenis pendinginan berbeda-beda. Bahkan ada yang menggunakan sistem water cooling untuk mendinginkan CPU. Laptop yang mengalami overheat kebanyakan akan menghentikan kerja CPU dan menyebabkan hang.

Namun, ada juga yang mengabaikan overheat dan laptop akan terus bekerja hingga salah satu peranti kerasnya ada yang terbakar.

4. Driver Corrupt

4 7cdc5

Penyebab laptop hang selanjutnya adalah driver yang corrupt atau mengalami error. Driver umumnya digunakan sebagai penghubung antara peranti keras dengan sistem operasi.

Driver yang corrupt tentu akan memutuskan komunikasi antar kedua hal terpenting pada sebuah laptop sehingga terjadi hang.

Peranti keras yang tidak tersambung dengan sistem operasi tentu akan menghentikan kerjanya dan laptop juga akan mengalami hang hingga mati secara tiba-tiba.

5. Setting BIOS

5 2aaaf

BIOS atau Basic Input Output System adalah bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan peranti keras

Simpelnya, BIOS adalah salah satu penghubung antara sistem operasi dengan peranti keras yang pertama kali berjalan, tentunya sebelum driver menjalankan bagiannya.

Sama halnya dengan Driver corrupt, pengaturan BIOS yang keliru akan menyebabkan error pada proses kerja peranti keras dan menyebabkan laptop hang.

6. Error pada Perangkat Eksternal

6 48e48

Perangkat eksternal seperti keyboard dan mouse ternyata juga salah satu penyebab terjadinya laptop hang. Perangkat error yang dihubungkan ke laptop akan menghasilkan proses driver perangkat menjadi terhambat.

Hal ini terkadang akan menghasilkan kejadian Device Not Responding hingga sistem operasi yang ikut error dan hang.

7. Virus

7 Ea6d4

Virus tentu menjadi salah satu hal yang paling sering menyebabkan kekacauan bagi setiap sistem PC. Adanya virus pada PC kamu tentu akan menghambat kinerja laptop hingga menyebabkan hang.

Bahkan, ada virus yang bisa menyebabkan CPU overheat dan merusak laptop secara permanen. Maka sebuah software antivirus adalah satu-satunya hal yang wajib kamu miliki dalam sebuah laptop.

Jika kamu sedang mencari antivirus terbaik untuk laptop yang gratis maupun berbayar, kamu bisa cek artikel yang sudah Jaka buat di bawah ini.

Aplikasi Antivirus Pc 284c7
10 Aplikasi Antivirus PC Gratis Terbaik 2020 + Link Download!
Laptop kamu terserang virus atau cuma buat jaga-jaga saja? Atasi dengan aplikasi antivirus PC gratis terbaik berikut ini! (Plus link download loh!)
LIHAT ARTIKEL

8. File System Corrupt

8 B0d6d

Kejadian sistem file yang corrupt ini biasanya terjadi pada PC dengan sistem operasi Windows 10 dan 7 setelah melakukan update besar.

Setiap adanya update, sistem operasi akan mendapatkan file terbaru yang menggantikan file lama. Namun, beberapa kali pengguna Windows 10 dan 7 mengalami hang setelah update sistem.

Cara mengatasi laptop hang karena sistem file yang corrupt adalah melakukan downgrade sistem ke versi sebelumnya atau menunggu update selanjutnya untuk memperbaiki sistem operasi.

9. Software Error

9 39313

Terakhir adalah software yang sedang kamu gunakan mengalami hang. Hal ini bisa terjadi karena banyak hal, mulai dari penggunaan software yang kurang baik hingga bug dalam software yang belum dioptimasi.

Cara mengatasi laptop hang karena hal ini, tentu dengan menghindari aplikasi yang sering mengalami hang atau melakukan reinstall.

Cara Mengatasi Laptop Hang

Setelah mengetahui apa saja penyebab yang mungkin terjadi ketika laptop hang, kini kamu harus mengetahui cara mengatasi laptop hang Windows 10 berikut ini.

Cara yang didaftarkan cukup banyak dan kamu harus menyesuaikan cara ini dengan penyebab terjadinya hang pada laptop.

1. Biarkan Laptop Memproses Data

1 49d5b

Cara mengatasi laptop hang pertama yang paling simpel adalah sabar menunggu sistem laptop untuk memproses data yang sedang dibaca atau ditulis.

Laptop yang sedang sepenuhnya bekerja dalam satu atau lebih aplikasi akan terlihat seperti hang. Tunggu laptop kamu untuk memproses data yang sedang berjalan dan pastikan kamu tidak memberikan perintah apapun ke laptop.

Jika laptop masih mengalami hang, maka kemungkinan hal itu terjadi karena adanya error pada sistem atau software yang bisa kamu perbaiki dengan cara selanjutnya di bawah.

2. Mengatur Ruang Local Disk C Drive

2 C635f

Cara selanjutnya adalah memastikan kondisi Local Disk C atau memori internal untuk sistem drive tidak penuh. Kebanyakan pengguna Windows 10 dan 7 mengabaikan hal ini, lalu mengeluh laptop menjadi lambat hingga hang.

Cara mengatasi laptop hang dengan mengatur ruang Local Disk C tentu akan membuat laptop kamu kembali ke performa awal dan bisa menghindari terjadinya hang.

Namun, jangan sembarangan membuang file yang merupakan driver sistem operasi. Pastikan saja ada ruang cukup di Local Disk C hingga penunjuk ruang Disk berubah menjadi hijau.

Kamu bisa melakukan partisi Hard Disk dari Local Disk C jika ingin menyimpan data, sehingga Local Disk untuk driver tidak terganggu.

Cara untuk membuat partisinya bisa kamu lihat di artikel berikut:

Cara Partisi Harddisk Tanpa Format Banner
Cara Partisi Harddisk Tanpa Harus Melakukan Format Di Windows 10
Mau tahu cara mudah untuk partisi harddisk tanpa harus format? Baca artikel ini selengkapnya ya.
LIHAT ARTIKEL

3. Tutup Aplikasi Not Responding

Menutup aplikasi yang error atau berstatus Not Responding bisa menjadi salah satu cara mengatasi laptop hang. Hal ini sering terjadi saat kamu menjalankan aplikasi yang membutuhkan kinerja CPU yang besar.

Menutup aplikasi berstatus Not Responding bisa lakukan di Task Manager. Task Manager dapat kamu akses melalui shortcut keyboard, di sana semua aplikasi dan aktivitas laptop dapat kamu atur.

Berikut cara selengkapnya untuk menggunakan Task manager:

Langkah 1 - Tekan CTRL+ALT+DEL pada keyboard secara bersamaan, lalu pilih Task Manager

Langkah 2 Pilih aplikasi, lalu End Task

  • Jika kamu kurang yakin aplikasi apa yang harus dihentikan, lihat aplikasi yang memakan kinerja CPU, memory, dan Disk paling banyak. Tutup aplikasi tersebut dengan End Task
3 A730b
  • Mungkin kamu harus menunggu sebentar hingga akhirnya CPU akan menutup paksa aplikasi tersebut. Agar lebih aman, lakukan restart setelah kamu menutup aplikasi yang hang.

4. Reboot Laptop

4 9b636

Melakukan reboot laptop tentu adalah hal yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna saat mengalami masalah pada laptop. Namun, hal ini terbukti ampuh dalam beberapa kondisi.

Melakukan reboot PC akan mengulang proses dalam sistem operasi dari awal dan mampu mengatasi error yang terjadi di saat booting PC pertama.

5. Scan Virus

5 Af7e3

Seperti yang Jaka sebutkan sebelumnya, virus adalah salah satu penyebab laptop hang paling sering dialami oleh pengguna. Namun, ada cara mengatasi laptop hang karena hal ini dengan menggunakan antivirus.

Tak hanya menginstall antivirus, kamu juga harus melakukan full scan secara rutin untuk mengetahui adanya virus yang masih bandel di laptop.

Melakukan scan virus setiap kamu mengkoneksikan perangkat eksternal adalah cara mengatasi laptop hang karena virus yang penting sehingga tidak terjadi hal tak diinginkan.

Berikut adalah sejumlah software antivirus yang Jaka rekomendasikan:

- Kaspersky Anti-Virus

- ESET NOD32 Antivirus

- Norton AntiVirus

- Bitdefender Antivirus

- Trend Micro Antivirus

6. Test Kondisi RAM

Jika kamu terus mengalami hang saat menjalankan aplikasi berat seperti Adobe Premiere ataupun AutoCAD, kemungkinan karena kapasitas RAM laptop yang kurang besar.

Aplikasi berat yang berkutik dalam hal rendering seperti ini akan membutuhkan peranti keras yang mumpuni, begitu juga dengan aktivitas gaming pada laptop.

Namun, ada juga kasus di mana kapasitas RAM besar tapi masih belum bisa menampung program yang berat. Mungkin kamu harus melakukan Windows Memory Diagnostics untuk mengetahui kesehatan RAM kamu.

Berikut cara mengoperasikan Windows Memory Diagnostics:

Langkah 1 - Tekan Windows + R pada keyboard secara bersamaan, lalu ketik mdsched.exe

  • Tekan Enter setelah kolom Open sudah terisi dengan perintah mdsched.exe
6 1 8bb39

Langkah 2 - Pilih Restart now and check for problems (recommended)

  • Kamu juga bisa memilih Check for problems the next time I start my computer untuk melakukan diagnosa saat menyalakan PC selanjutnya.
6 2 43d09

Langkah 3 Pantau diagnosa RAM

  • Sistem akan secara otomatis melakukan restart dan kamu akan melihat tampilan blue screen seperti di bawah ini. Hasil Diagnosa akan tampil dan komputer akan restart dengan sendirinya.
6 3 281ff

7. Update Driver

Update driver Windows kamu adalah salah satu cara mengatasi laptop hang karena driver error. Hal ini akan menggantikan driver lama kamu ke driver yang lebih baru.

Berikut adalah langkah melakukan update driver di Windows kamu:

Langkah 1 - Klik kanan pada This PC atau My Computer, lalu pilih Manage

  • This PC ada pada PC dengan OS Windows 10/8 dan My Computer pada OS Windows 7
7 1 86b4f

Langkah 2 Klik Device Manager, lalu pilih driver yang ingin diupdate

  • Kamu akan menemukan banyak driver, untuk mengatasi hang umumnya mengupdate driver Disk Drives. Klik Kanan pada Disk Drives lalu pilih Update Driver Software. Khusus untuk pengguna Windows 7, update driver ada pada menu Properties
7 2 85d4b

8. Pantau Suhu CPU

8 290d2

Kamu yang sering mengalami hang saat bermain game, penting untuk memantau suhu CPU. CPU yang mengalami overheat akan berdampak buruk bagi laptop dan bisa mengalami kerusakan secara permanen.

Cara mengatasi laptop hang saat main game melalui pantauan suhu sering dilakukan oleh banyak pemain profesional, apalagi jika ingin melakukan overclocking.

Memantau suhu CPU di laptop dapat dilakukan melalui software berikut:

- Core Temp

- HWMonitor

- Real Temp

- AIDA64 Extreme

- Speccy

9. Error Checking dan Defragment Drive

Cara mengatasi laptop hang terakhir adalah melakukan Error Checking dan Defragment Drive untuk Local Disk kamu. Fitur Error Checking akan memantau apakah ada file atau program yang bermasalah.

Sedangkan Defragment Drive ini digunakan untuk memastikan setiap file yang ada dalam Hard Disk tersusun rapi dan ada pada folder default.

Hal ini juga berlaku pada Local Disk C Driver yang tidak tersusun rapi sebagai sumber masalah saat mengalami hang. Untuk melakukan Error Checking dan Defragment Drive, kamu bisa ikuti langkah berikut:

Langkah 1 - Klik kanan pada Local Disk C, pilih Properties

9 1 031e6

Langkah 2 - Pilih kolom Tools dan klik Check pada Error Checking

9 2 1e0b7

Langkah 3 - Klik Optimize pada Optimize and Defragment Drive, pilih Disk lalu Optimize

  • Defragment biasanya hanya membutuhkan Local Disk C atau partisi lain yang biasa kamu gunakan untuk menyimpan data. Klik Disk yang ingin dioptimasi, lalu klik Optimize.

Cara mengatasi laptop hang dengan Error Checking dan Defragment Drive ini biasanya dilakukan oleh sebagian laptop secara otomatis. Namun, pastikan ulang dengan melakukan Defragment secara manual.

9 3 815fa

Akhir Kata

Itu dia cara mengatasi laptop hang yang bisa kamu lakukan sendiri, jika masalah masih berlanjut maka ada baiknya kamu membawa laptop ke ahlinya.

Jangan lupa cek tips lainnya di JalanTikus, serta berikan komentar dan like jika kamu suka dengan artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Laptop atau artikel menarik lainnya dari JalanTikus.

ARTIKEL TERKAIT
Software Karaoke Gratis Be859

10 Aplikasi Karaoke Gratis Terbaik untuk PC dan Laptop, Bisa di Rumah Aja!

Aplikasi Perekam Layar Pc 1fa5b

10 Aplikasi Perekam Layar PC & Laptop Gratis di 2020 | Record Game HD!

10 Emulator Android Terbaik Untuk Pc Laptop Main Pubg Mobile Auto Chicken D0066

10 Emulator Android Terbaik untuk PC/Laptop | Main PUBG Mobile Auto Chicken!

Rekomendasi Laptop Asus Core I5 Terbaru Banner 7df3c

10 Laptop Asus dengan Intel Core i5 Terbaru & Terbaik Januari 2020 | VivoBook Paling Populer!

Laptop Core I7 Murah Terbaik 2020 Banner D0ebe

10 Laptop Core i7 Termurah dan Terbaik di 2020 | Spek Garang Harga Mulai 4 Jutaan!

10 Laptop Gaming Terbaik Untuk Gamer Sejati Game Apapun Pasti Ngangkat C36dd

10 Laptop Gaming Terbaik 2020 untuk Gamer Sejati, Game Apapun Ngangkat!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Penyebab & Cara Mengatasi Laptop Lemot, Biar Ngebut Lagi (Windows 7, 8, 10)

10 Penyebab & Cara Mengatasi Laptop Lemot, Biar Ngebut Lagi (Windows 7, 8, 10)

3 Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Mudah | Lengkap 100%

3 Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Mudah | Lengkap 100%

7 Mitos Mengenai Laptop yang Paling Berbahaya, No. 3 Pasti Kamu Percaya!

7 Mitos Mengenai Laptop yang Paling Berbahaya, No. 3 Pasti Kamu Percaya!

5 Cara Melihat Tipe Laptop dengan Lengkap & Mudah, 100% Akurat!

5 Cara Melihat Tipe Laptop dengan Lengkap & Mudah, 100% Akurat!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal