J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Waspada! 5 Hal ini Sebabkan Baterai Smartphone Meledak

Waspada! 5 Hal ini Sebabkan Baterai Smartphone Meledak

Kamis, 22 Des 2016, 18:00 WIB
5 hal ini dapat menyebabkan baterai smartphone meledak loh. Mulai dari kebiasan memakai Smartphone saat sedang di Charge hingga menggunakan baterai non-original.

Masih hangat dalam ingatan kita tentang insiden meledaknya phablet terbaru besutan Samsung, Galaxy Note 7. Meski menuai banyak pujian, euforia tersebut berubah secara dramatis sejak insiden pertama meledaknya baterai phablet andalan Samsung tersebut.

Akan tetapi insiden meledaknya baterai Samsung Galaxy Note 7 sebenarnya bukanlah satu-satunya insiden yang pernah terjadi di industri smartphone. Beberapa vendor lain, termasuk Apple juga pernah mengalami hal yang serupa. Hal tersebut tentu memicu rasa penasaran publik. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Apa yang menyebabkan baterai meledak?

BACA JUGA
  • Kenapa Smartphone Bisa Meledak? Ini Penyebabnya
  • Baterai Li-Ion vs Li-Po, Mana yang Terbaik Untuk Smartphone?
  • Hati-Hati! Ini Dia 5 Kejadian Ponsel Meledak Di Dunia

Waspada! 5 Hal ini Sebabkan Baterai Smartphone Meledak

1. Sering Menggunakan Smartphone Hingga Baterai Habis

D3c520f85af23b953d99d19d2c37c93f

Sumber foto: Foto: androidpit.com

Daya tahan baterai lithium-ion biasanya dihitung dari banyaknya proses charging yang telah dilaluinya. Satu siklus charging ini dihitung dari kondisi baterai 0%. Akan tetapi menggunakan baterai hingga baterai benar-benar habis sangat tidak direkomendasikan. Tak hanya mengurangi masa pakai baterai, kebiasaan ini juga bisa memicu masalah lain seperti meledaknya smartphone.

Menggunakan smartphone hingga terasa panas juga bisa memicu masalah yang sama. Biasanya smartphone akan terasa semakin panas saat digunakan untuk waktu yang lama. Kecepatan peningkatan suhu tersebut umumnya ditentukan oleh komponen dalam smartphone dan jenis aplikasi yang dijalankan. Hal ini mungkin terdengar sepele. Akan tetapi jika kebiasaan seperti ini terus berlangsung, hal tersebut dapat merusak baterai bahkan memicu HP meledak.

2. Menggunakan Baterai Non-Original

F1f429bc72e8ded7b70af9ec8e7af058

Sumber foto: Foto: androidpit.com

Demi memangkas biaya servis, tak jarang pengguna memilih untuk mengganti baterai lamanya yang sudah rusak dengan baterai non-original. Bagi mereka, yang penting smartphone mereka dapat beroperasi kembali. Mirisnya lagi, mereka tidak tahu bahwa tindakan seperti ini bisa memicu bahaya.

Baterai original sebenarnya sudah didesain secara khusus agar cocok dengan smartphone yang digunakan. Beda halnya dengan baterai non-original yang tak jelas proses perancangan dan pembuatannya. Daripada berisiko, mengganti baterai rusak dengan baterai original adalah pilihan terbaik utuk menghindari baterai meledak.

3. Mengisi Baterai dengan Charger Non-Original

Dc8ae88485e62c8dd382aa97d6810c77

Sumber foto: Foto: amazon.com

Kasus meledaknya iPhone yang dipicu penggunaan charger non-original pernah terjadi di beberapa tempat. Meski kasus serupa jarang ditemukan pada smartphone Android ataupun Windows Phone, bukan berarti risiko tersebut tak mungkin terjadi pada pengguna smartphone selain iPhone. Setiap charger sebenarnya memiliki spesifikasinya sendiri-sendiri. Hal ini sudah disesuaikan dengan smartphonenya.

Jika ingin mengisi ulang baterai smartphone, sebaiknya gunakan charger asli atau charger yang memang dibuat untuk smartphone tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari smartphone meledak tiba-tiba.

4. Usia Baterai

Ddebf96b6c5219c3ce9ed4a007c10c83

Sumber foto: Foto: greenbot.com

Setiap baterai sebenarnya memiliki masa pakai. Secara sederhana, masa pakai baterai smartphone biasanya antara 2 3 tahun pemakaian. Masa pakai tersebut juga bisa berubah sesuai dengan spesifikasi baterai dan kebiasaan penggunaan. Saat usia baterai sudah semakin tua, biasanya baterai akan menunjukkan beberapa masalah seperti kapasitas yang berkurang hingga sering drop.

Kondisi baterai yang sudah tua juga cenderung lebih rentan akan masalah kerusakan seperti baterai kembung. Jika sudah sampai pada tahap ini, risiko baterai untuk meledak akan semakin besar. Karena itu, jika baterai sudah mengalami beberapa gejala yang tidak diinginkan, sebaiknya segera ganti dengan baterai yang baru. Hal ini lagi-lagi untuk menghindari baterai meledak tiba-tiba.

5. Memakai Smartphone Saat Sedang Di-charge

5eecc2c8c5dbb7e592548462b8255a69

Sumber foto: Foto: amazonaws.com

Idealnya, smartphone memang tidak boleh digunakan saat sedang di-charge, apalagi digunakan untuk bermain game dan melakukan panggilan suara. Kebiasaan seperti ini memang terlihat tak berbahaya. Akan tetapi jika sering dilakukan, risiko baterai meledak dipastikan akan semakin membesar. Itulah kenapa produsen smartphone menyarankan untuk tidak menggunakan perangkat smartphone saat baterai sedang diisi ulang. Ada banyak kasus smartphone meledak yang terjadi karena kebiasaan ini.

Jadi, itulah 5 hal yang dapat menyebabkan baterai smartphone meledak. Bagaimana pendapatmu? Jangan lupa tinggalkan komentar di bawah ini ya!

ARTIKEL TERKAIT
Note 7 Meledak Banner

Gara-Gara Note 7 Meledak, Samsung Habiskan 1 Miliar Dollar Untuk Ganti Baterai

Baterai Nonremovable Vs Removable

Pilih Mana, Android dengan Baterai Removable atau Non-removable?

Mitos Baterai

8 Mitos Baterai HP Android yang Kamu Percaya Padahal Salah (Part 1)

3 Tips Mencegah Baterai Smartphone Panas Dan Meledak Banner

3 Tips Mencegah Baterai Smartphone Panas dan Meledak

Tanda Harus Ganti Baterai Android

Tanda-tanda Kalau Baterai Smartphone Sudah Harus Diganti

APPS TERKAIT
Ampere Icon Icon
Ampere 2.13
Apps Braintrapp
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Battery Calibration
Battery Calibration 1.2
Apps N Ma
Dbs Icon
DU Battery Saver
Apps DU APPS Studio
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal