Penjelasan Lengkap dan Sederhana, Apa Itu Deep Web

14 December 2017

Mungkin ada beberapa orang yang masih belum tahu jika di dunia internet ternyata terdapat situs-situs tersembunyi yang tidak dapat dijangkau oleh mesin pencarian apa pun. Situs tersebut disebut Deep Web, atau bisa juga disebut Deepnet, Darknet, Invisible Web, atau Hidden Web.

Tapi apakah kamu tahu apa itu Deep Web?

Jangan cuma tahu jika Deep Web itu hanya berisi situs-situs berbahaya saja. Kamu juga harus tahu seluk beluk tentang Deep Web dan apa saja isi dari Deep Web. Untuk tahu lebih lanjut, langsung baca aja artikel apa itu Deep Web!

Ilustarsi Deep Web

Apa-Itu-Deep-Web-1

Jika kita umpakan dunia internet adalah sebuah bongkahan es di laut, bagian atas dari bongkahan es yang terlihat oleh kasat mata manusia bisa diumpakan sebagai Surface Web atau web yang biasa kita akses sehari-hari dan dapat dijangkau oleh mesin pencarian, seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya.

Bagian bawah dari bongkahan es yang tidak terlihat karena berada di bawah permukaan laut adalah Deep Web. Butuh alat khusus untuk melihat bongkahan es yang berada di bawah permukaan air, seperti tabung oksigen, sampai kapal selam yang bisa kita artikan sebagai akses untuk kesana. Itulah arti dari apa itu Deep Web.

Apa yang Bisa Kita Temukan di Deep Web?

Apa-Itu-Deep-Web-5

Pasti kebanyakan dari kamu berfikir jika Deep Web sendiri hanya berisi hal-hal berbau negatif dan berbahaya. Inilah yang kebanyakan orang salah kaprah tentang Deep Web. Situs yang penuh dengan hacker, psikopat dan hal-hal berbau negatif sendiri disebut Dark Web.

Seperti yang JalanTikus bilang tentang apa itu Deep Weeb sebelumnya, sebenarnya Deep itu sendiri adalah semua hal yang berada di internet dan tidak dapat diindex oleh mesin pencarian seperti Google, Bing, dan lainnya. Database milik Facebook, Google dan situs lainnya yang tidak dapat ditemukan di mesin pencarian itulah yang termasuk dalam Deep Web.

Apa-Itu-Deep-Web-4

Jadi jangan sampai salah membedakan mana Deep Web dan Dark Web ya. Deep Web sendiri masih bisa kamu akses dengan browser sehari-hari kamu kok. Dark Web-lah yang membutuhkan browser khusus untuk mengaksesnya.

Seberapa Luas Deep Web?

Apa-Itu-Deep-Web-6

Banyak yang berspekulasi jika Surface Web sendiri adalah sebagian kecil dari World Wide Web atau dunia internet. Universitas California sendiri pada tahun 2001 lalu pernah melakukan penelitian tentang Deep Web.

Dari hasil penelitiannya tersebut, disebutkan jika Deep Web mempunyai ukuran sekitar 7,5 petabite. He et al juga pernah melakukan penelitian di tahun 2004 dan menemukan sekitar 300.000 website Deep Web. Tapi itu di tahun 2004 ya, jika dibandingkan dengan sekarang, mungkin jaraknya akan jauh berbeda.

Dimanakah Server Deep Web?

Apa-Itu-Deep-Web-2

Secara matematika, setidaknya butuh 20 server sebesar milik Google, Facebook, atau Microsoft untuk mengakomodir semua situs Dark Web. Bisa dibayangkan, seberapa besarnya server yang dibutuhkan Deep Web? lalu bagaimana perawatannya? Listriknya? Jumlah orang yang terlibat?

Ternyata, sebagian besar server milik Google, Facebook dan Microsoft adalah Deep Web itu sendiri. Jadi, sebenernya kita hanyalah dapat mengakses setidaknya 5% dari seluruh server yang ada di Internet, dimana sisanya adalah Deep Web.

Jadi, Apa Itu Deep Web?

Apa-Itu-Deep-Web-3

Nah, dari pernjelasan JalanTikus tadi tentang apa itu Deep Web, bisa disimpulkan jika Deep Web adalah sebuah bagian dari World Wide Web yang tidak dapat diakses dengan cara biasa kita mengkses situs Surface Web. Situs ini memang tersembunyi di bawah 'lautan' internet, walaupun masih bisa tetap diakses melalui browser Chrome, Mozilla, dan yang lainnya.

Jika kamu masih salah sangka, JalanTikus tegaskan lagi jika Deep Web bukanlah Dark Web. Nah, Deep Web sendiri mempunyai satu cabang lagi yang lebih sempit, inilah yang disebut Dark Web. Untuk tahu lebih jelas perbedaan dari Deep Web dan Dark Web, kamu bisa baca di Nggak Sama! Ini Dia Arti DEEP WEB dan DARK WEB yang Benar.

Akhir Kata

Wah, ternyata kamu-kamu masih banyak yang belum bisa membedakan mana Deep Web dan Dark Web ya? Sekarang sudah tahu kan ya, lewat penjelasan Apa Itu Deep Web? Jadi, jangan sampai salah lagi yaaaa!!

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar