• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Pengaturan Rahasia Android yang Wajib Kamu Gunakan Supaya HP-mu Secanggih Jarvis

5 Pengaturan Rahasia Android yang Wajib Kamu Gunakan Supaya HP-mu Secanggih Jarvis

Selasa, 17 Okt 2017, 15:00 WIB
Pada saat ini siapa yang tak punya smartphone khususnya Android? Sepertinya hampir semua kids zaman now mempunyai Android, seakan smartphone bukan merupakan barang mewah lagi di zaman sekarang.

Pada saat ini siapa yang tak punya smartphone khususnya Android? Sepertinya hampir semua kids zaman now mempunyai Android, seakan smartphone bukan merupakan barang mewah lagi di zaman sekarang. Dan tahukah kamu bahwa sistem Android yang ada di LG G3, Samsung Galaxy S4 atau Nexus 5 memiliki beberapa fitur aksesibilitas yang dibuat untuk orang-orang yang sulit mendengar, menderita gangguan penglihatan atau gangguan keterbatasan yang lain. Ini merupakan fitur yang hebat!

Ada beberapa pengaturan aksesibilitas di stock-ROM Android yang dapat kamu temukan di mana-mana, seperti TalkBack, pengaturan untuk ukuran font, fitur captions dan fitur pengaturan waktu tunda touch and hold , dan masih banyak lagi. Beberapa di antaranya terlihat sangat keren seperti menggunakan lampu kilat LED sebagai notifikasi. Ini dia 5 Pengaturan Tersembunyi di Android yang Seharusnya Kamu Gunakan. Apa aja sih? Silakan simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA
  • Begini Cara Nonton Film di Netflix Tanpa Koneksi Internet
  • No Internet No Problem! Nih 10 Aplikasi Offline Android Terbaik 2016

5 Pengaturan Rahasia Android yang Wajib Kamu Gunakan Supaya HP-mu Secanggih Jarvis

1. Text-to-Speech

Bcf632292ee50ca34d30ba9ae00f84d5
Mungkin kebanyakan orang sudah tahu mengenai fitur ini dan bahkan mungkin ini adalah fitur paling terkenal dari semua fitur aksesibilitas, mungkin kamu pernah menggunakannya. Text-to-Speech merupakan fitur bawaan di Android yang berfungsi agar sistem membacakan input berupa teks dan output-nya berupa audio. Maka dari itu, fitur ini biasa digunakan untuk membantu orang yang memiliki keterbatasan penglihatan.

Cara menggunakannya adalah dengan mengaktifkan pengaturan Google Text-to-Speech dan kemudian men-download paket bahasa yang kamu inginkan. Jaka biasanya menggunakan Text-to-Speech agar mudah untuk mendapatkan semua konten tersimpan ke Pocket untuk kemudian dibaca. Setelah itu, cukup menekan tombol di artikel yang telah tersimpan ke Pocket, lalu membiarkan Google yang membacanya ketika sedang menyiapkan makan malam. Sebenarnya itu adalah definisi kemalasan, iya malas! Namun Saya menyebutnya efisiensi.

2. TalkBack / Menjelajah dengan Sentuhan

8a119614bfb6dd20eddd4955044a6164
TalkBack sangat mengagumkan, terutama jika penglihatanmu lumayan buruk dan ketika itu kamu kehilangan kacamatamu. Kamu bahkan bisa menggunakan fitur ini jika layar Android-mu bermasalah, dengan syarat selama layar sentuhnya masih responsif.

Setelah kamu mengaktifkan fitur ini, apapun yang kamu sentuh, tekan, atau aktifkan akan diucapkan dengan lantang oleh Android melalui output audio. Menjelajah dengan sentuhan itulah definisi dari fitur ini. Pengaturan tambahan TalkBack sangat banyak dan pasti layak untuk dicoba lebih jauh.

3. Magnification Gestures

42fd8812287c3b04413fac42bac269a3
Fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan zoom in / out pada menu dan aplikasi apapun di Android kamu. Kamu dapat melakukan zoom in/out di aplikasi apa saja seperti zoom in/out yang bisa dilakukan di Google Maps.

Ketika kamu mengaktifkan fitur ini, lalu tap atau ketuk 3x di layar untuk melakukan zoom in dan 3x tap lagi untuk melakukan zoom out. Jika kamu melakukan 3x tap dan menahannya, kamu bisa memperbesar layar dan menggesernya untuk sementara waktu, lalu lepaskan untuk mengembalikan ke tampilan normal. Magnification gestures merupakan fitur super yang sangat berguna yang dapat kamu gunakan.

4. Negative Colors/Invert Colors/Penyesuaian Warna

005cde1b4259a46ab101afa16ea5d5f2
Jika smartphone Android mu adalah Samsung dan kamu tidak benar-benar menyukai latar belakangnya yang gelap, Kamu bisa masuk ke pengaturan aksesibilitas dan mencentang pada opsi Negative Colors. Dan wham! Kamu sekarang memiliki tampilan layar TouchWiz bertema putih.

Hal yang sama juga bisa dilakukan di LG G3, di mana fitur tersebut bernama Invert Colors. Demikian juga, pilihan aksesibilitas Samsung dan LG memungkinkan kamu untuk menyesuaikan warna layar dan konten untuk kebutuhan visual tertentu kamu.

5. Interaction Control

7ddab5124198e7e3de24b5bdd6be34a2
Interaction Control atau kontrol interaksi terdapat di perangkat Samsung yang dapat kamu temukan baik melalui menu aksesibilitas atau dengan menekan tombol Home dan Volume Down. Ini memungkinkan kamu untuk mengaktifkan motion gestures dan pengaturan waktu habis layar untuk on atau off, namun bagian yang paling keren adalah kamu dapat mem-block area tertentu di layar untuk merespons input sentuhan, seperti status bar atau notification shade.

Segera cek pengaturan akses perangkat khusus kamu untuk melihat apakah perangkat Android-mu juga memiliki beberapa fitur di atas, kemungkinan fitur-fitur tersebut bisa berbeda nama tergantung dengan merk perangkat Android yang kamu pakai. Misalnya, LG G3 menyebut Interaction Controls menjadi Touch Control Areas , jadi coba sedikit untuk mengeksplorasi pengaturan kamu.

Kira-kira dari beberapa yang disebutkan di atas, pengaturan mana yang akan dan atau sudah kamu gunakan saat ini? Jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar beserta alasannya ya.

ARTIKEL TERKAIT
Banner Game Offline Chrome

Internet Mati? Coba 10 Game Chrome yang Bisa Dimainkan Saat OFFLINE ini

92c500a48625b0e3bcc424040664efe0

15 Game Android Terbaik Untuk Google Cardboard VR

Cara Membuat Game Android Tanpa Coding

Bukan Hoax! Begini Cara Membuat Game Android Tanpa Coding

Aplikasi Iphone Terbaik

50 Aplikasi iPhone Terbaik Sepanjang Masa

Format Video Banner

8 Format Video Paling Populer di Dunia Beserta Kelebihannya

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Netflix F7d45
Netflix 7.48.0
Apps Netflix, Inc.
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Google Maps Icon
Google Maps for Android 10.35.2
Apps Google Inc.
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal