6 Pengaturan Pintar Ini Bikin HP Android Kamu Jadi Super Canggih

26 August 2017

Tidak ada yang menyangkal bahwa smartphone telah membuat hidup kita jauh lebih mudah. Tapi, yakin kamu sudah secara maksimal menggunakan smartphone Android milikmu?

Sebenarnya ada beberapa Smart Settings atau pengaturan pintar supaya kamu bisa mengenali smartphone Android milikmu secara lebih dekat. Sehingga kehadirannya bisa bikin hidup kamu lebih praktis.

Kecanggihan Android, bagaimana pun tergantung pada penggunanya juga. Berikut 6 Smart Settings yang bikin Android kamu secanggih Google Pixel atau Android Nougat.

6 Pengaturan Pintar Ini Bikin Smartphone Android Kamu Jadi Super Canggih

1. Get Instant - Cari Tahu Apapun dengan Cepat

Semua yang tertanam tentunya memiliki manfaat, pun begitu dengan fitur Google Assistant yang ada di smartphone Android kamu. Saat kamu sedang chatting, browsing, dan ada sesuatu yang tidak kamu mengerti, kamu tekan saja tombol home agak lama.

Kamu akan dengan mudah menemukan lokasi, menerjemahkan bahasa asing, membaca berita dengan suara, dan tentu saja katakan OK Google, untuk menggunakan perintah suara. Kamu harus menyesuaikan pengaturan pintar di Google Assistant dan memaksimalkan penggunanya untuk mengakses smartphone.

2. Aktifkan Smart Lock

Android-Smart-Lock

Setiap kali akan menggunakan smartphone, tentunya kita harus membuka kunci layar. Tapi kalau boleh jujur, itu sangat merepotkan. Apalagi jika kamu mengamankannya dengan password atau PIN.

Ada cara yang lebih baik untuk membiarkan smartphone kamu tidak terkunci dalam kondisi tertentu. Inilah fitur Smart Lock, yang dapat menjaga smartphone kamu tidak terkunci saat kamu berada di lokasi tertentu, misalnya saat di rumah atau saat terhubung WiFi kantor, dan lainnya.

Itulah ide di balik Smart Lock. Setelah diaktifkan, (cukup tekan Pengaturan> Keamanan> Smart Lock untuk memulai), kamu dapat mengatur Smart Lock untuk membuka smartphone setiap kali kamu tiba di rumah, ketika mendengar suara kamu, atau setiap kali terhubung dengan perangkat yang kamu atur.

3. Katakan Kepada Google Now di Mana Kamu Tinggal dan Bekerja

Katakan-Kepada-Google-Now-Di-Mana-Kamu-Tinggal-dan-Bekerja

Google Assistant mungkin sekarang mendapatkan perhatian, tapi Google Now belum ketinggalan zaman dan tetap menawarkan sesuatu yang kamu butuhkan. Kamu dapat membantu Google Now melakukan pekerjaan dengan lebih baik dan menampilkan berbagai saran cerdas.

Cara mengaturnya mudah, buka Google Now, tekan tombol menu di pojok kiri atas layar, pilih 'Customize', kemudian mulai mengisi preferensi kamu. Selanjutnya, pastikan untuk membiarkan Google Now tahu di mana kamu tinggal dan bekerja. Sekali kamu melakukannya, fitur itu akan membiarkan kamu tahu berapa lama perjalanan kamu, bahkan sebelum kamu bertanya.

Kamu juga dapat melihat serangkaian kategori yang akan membiarkan Google Now memberikan petunjuk lebih lanjut tentang hal-hal yang kamu suka. Seperti menampilkan berita dari situs web favorit kamu, pemberitahuan tentang info tim olahraga, layanan streaming favorit, dan banyak lagi.

4. Butuh Sesuatu, Katakan 'OK Google' dari Mana Saja

Butuh Sesuatu, Katakan 'OK Google' Dari Mana Saja

Butuh mengetahui sesuatu, tanya langsung saja dengan sebut namanya yakni 'OK Google' dari mana saja, bahkan ketika smartphone terkunci. Cara mengaktifkannya buka Settings Google Now > Voice > Google Now detection.

Tapi, untuk saat ini kamu bisa menikmati fitur ini hanya jika kamu menggunakan bahasa Inggris. Kamu akan diminta untuk melatih smartphone Android kamu untuk mengenali suara kamu, dengan mengatakan 'OK Google' sebanyak tiga kali.

Setelah smartphone kamu terlatih, kamu dapat mengatakan sesuatu bahkan jika smartphone kamu terkunci. Oh iya, kamu juga dapat mengaktifkan 'Trusted Voice' untuk membiarkan Google Now membuka ponsel kamu ketika mendengar suara kamu. Berarti kamu akan dapat menggunakan smartphone tanpa harus secara manual membuka kunci layar.

5. Atur Waktu untuk Menghemat Baterai

Battery Saver

Kadang kala, kita membutuhkan smartphone hidup lebih lama dan kita bisa memanfaatkan mode Battery Saver, yang memungkinkan kamu mengatur smartphone dalam keadaan daya rendah setiap kali baterai kamu hampir habis. Smartphone Android kamu cukup pintar untuk mengerem aktivitas di latar belakang.

Untuk mengaturnya buka Settings > Battery > Battery Saver > Turn on automatically. Kamu dapat mengatur kapan smartphone pindah mode, pada saat baterai smartphone tinggal 5 persen atau 15 persen.

6. Silent Secara Otomatis Selama Meeting dan Waktu Tenang Lainnya

Do Not Disturb

Suara notifikasi yang keras dari smartphone tentunya sangat mengganggu saat kamu sedang melakukan meeting atau waktu tenang lainnya. Kadang kita repot-repot menurunkan volume suara agar dalam mode diam. Bagaimana kalau lupa?

Tapi sekarang kamu tidak perlu mengkhawatirkan itu, kamu dapat mengatur mode Do Not Disturb di Android untuk membungkam mulut smartphone Android kamu secara otomatis selama meeting, makan malam, dan waktu tenang lainnya.

Kamu dapat mengatur fitur Do Not Disturb di pengaturan dan atur sesuai kebutuhan kamu. Tapi, kamu juga tetap dapat mengatur panggilan tertentu untuk tetap masuk seperti biasa.

Akhir Kata

Itulah 6 pengaturan cerdas yang membuat smartphone Android kamu secanggih Google Pixel dan Android Nougat. Jadi, kenapa harus repot-repot kalau ada yang serba otomatis dan instan? Bagaimana pendapat kamu?

Baca juga artikel seputar Android atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar