5 Pekerjaan di Industri Game yang Wajib Ditekuni Para Gamers

9 June 2017

Industri game terus tumbuh semakin pesat dari tahun ke tahun. Meskipun industri ini masih tergolong muda dibanding industri lainnya, banyaknya peminat terhadap produk-produk dari industri game ini menjadi faktor utama yang menyebabkan industri ini bertumbuh dengan sangat cepat.

Melihat kenyataan tersebut, apakah ada di antara kalian yang tertarik untuk berkarir di industri game?

Jika iya, maka kalian datang ke tempat yang tepat, ini beberapa profesi di industri game yang bisa kalian jadikan pekerjaan pilihan jika kalian memutuskan untuk berkarir di industri game, jadi silakan disimak baik-baik.

5 Pekerjaan di Industri Game

1. Game Tester

Game Tester

Foto: businessinsider.com

Untuk kalian yang ingin berkarir di dunia game sambil mencari kesenangan dari bermain game itu sendiri, kalian bisa memilih profesi Game Tester.

Game Tester merupakan profesi yang bertanggung jawab melakukan pengujian pada game yang sudah dibuat sebelum dirilis.

Di mana Game Tester harus memastikan game yang akan dirilis tersebut tidak memiliki bug atau error lagi (perlu ketelitian tinggi untuk memeriksa setiap aspek dari game tersebut) dan menjelaskannya dengan cara yang mudah dimengerti.

2. Jurnalis Game

Jurnalis Game

Foto: kotaku.com.au

Jurnalis game merupakan profesi di industri game yang bertugas untuk melakukan peliputan seputar game, membuat review, wawancara dengan pelaku industri game dan menulis berita seputar game.

Tentunya untuk menjadi seorang jurnalis game bukanlah hal yang mudah karena kemampuan kalian dalam menulis serta pengetahuan yang mumpuni di bidang game sangatlah diperlukan.

3. Translator Konten Game

Translator Konten Game

Foto: mplanguage.com

Profesi di industri game selanjutnya ada Translator Konten Game. Translator Konten Game merupakan profesi yang bertugas melakukan lokalisasi bahasa asli dari suatu game ke dalam bahasa tertentu yang diminta oleh atasan/klien.

Sesuai namanya, untuk menjadi seorang Translator Konten Game kalian memerlukan kemampuan bahasa yang baik di mana setidaknya kalian harus menguasai minimal 2-3 bahasa berbeda dan juga pemahaman tentang sejumlah istilah dalam industri game.

4. Desainer Grafis Game (2D/3D)

Desainer Grafis Game

Foto: emaze.com

Untuk kalian yang mahir dalam desain grafis dan animasi, profesi Desainer Grafis Game adalah pilihan yang paling cocok untuk kalian.

Tugas dari Desainer Grafis di industri game itu sendiri adalah membuat konten visual di dalam game, entah itu konten visual 2D atau 3D.

Selain kemampuan desain grafis, tentunya selera visual yang baik juga wajib kalian miliki untuk menghasilkan konten visual yang menarik.

5. Programmer Game

Programmer Game

Foto: northlandsquare.com

Programmer Game merupakan salah satu profesi paling sulit menurut saya pribadi. Profesi Programmer Game sendiri sering dikaitkan dengan profesi kuli.

Programmer gamer memiliki banyak sekali tanggung jawab mulai dari membuat kecerdasan buatan untuk game, memrogram gameplay, bertanggung jawab atas kelancaran dari engine yang menjalankan game itu sendiri dan masih banyak lagi.

Untuk kalian yang ingin berkarir sebagai Programmer Game, tentunya kalian wajib memiliki logika yang baik dan tentunya harus bisa coding.

Akhir Kata

Itulah tadi 5 profesi perkejaan di industri game yang bisa menjadi pilihan utama kalian ketika ingin berkarir di industri game, semoga bermanfaat dan silakan pilih profesi sesuai dengan minat dan kemampuan kalian.

Akhir kata, sampai jumpa dan pastikan kalian meninggalkan jejak di kolom komentar serta share ke teman-teman kalian.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar