J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Panduan Seputar Token Listrik, Lengkap dengan Harga dan Cara Beli

Panduan Seputar Token Listrik, Lengkap dengan Harga dan Cara Beli

Kamis, 27 Sep 2018, 11:00 WIB
Informasi dan panduan seputar layanan listrik prabayar menggunakan token listrik lengkap beserta daftar harga, cara membeli dan cara menggunakannya bisa kamu ketahui dalam artikel ini.

Listrik kini jadi kebutuhan primer buat kehidupan manusia. Tahukah kamu kalau kini PLN menyediakan dua layanan untuk listrik yaitu listrik pascabayar dan prabayar?

Kali ini, Jaka akan mengulas layanan listrik prabayar dari PLN yang populer dalam bentuk token listrik.

Berikut ulasan lengkapnya.

BACA JUGA
  • 4 Cara Mudah Cek Tagihan Listrik, Lengkap dan Update!
  • Inilah Perbedaan Listrik Prabayar dan Pascabayar yang Perlu Kamu Ketahui
  • Cara Mudah Cek Tunggakan Listrik PLN

Informasi Lengkap Token Listrik yang Perlu Kamu Tahu

Dalam artikel kali ini, Jaka akan mengulas secara lengkap seputar informasi lengkap token listrik mulai dari apa itu token listrik, daftar harga lengkapnya, gimana cara melakukan pembeliannya hingga cara mengisi token listrik yang sudah dibeli.

Tak ketinggalan pula ada manfaat menggunakan listrik prabayar melalui pembelian token listrik. Langsung aja simak seluruh informasi lengkapnya!

I. Apa Itu Token Listrik?

Apa Itu Token Listrik C586b

Sebelum melangkah ke informasi yang lebih jauh, pertama-tama kamu harus apa itu token listrik. Token listrik sendiri adalah produk yang diciptakan PLN untuk masyarakat yang memilih beralih menggunakan listrik prabayar.

Sistem listrik prabayar, yang juga ramai dengan kampanye Listrik Pintar ini sejatinya punya sistem yang hampir mirip dengan pulsa telepon seluler. Pengguna yang membeli token listrik akan membayar untuk jumlah yang diinginkan, lalu memasukkan kode token yang telah dibeli hingga listik bisa digunakan.

Token listrik sendiri dibagi dalam beberapa jenis berdasarkan harga dan jumlah kWh listrik yang ada di dalamnya. Untuk informasi lebih lengkap bisa kamu baca di poin berikutnya.

II. Daftar Harga Token Listrik

Sejatinya ada 6 (enam) nominal yang disediakan oleh PLN sebagai harga token listrik yang bisa kamu beli. Tentunya bisa kamu tentukan sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan kamu di setiap bulannya. Tapi tunggu dulu! Nominal yang tertera saat kamu melakukan pembelian bukanlah semata-mata jumlah yang kamu dapat untuk listrikmu.

Gambar alias ilustrasi di bawah ini mungkin bisa sedikit membantu kamu menjelaskan kalau harga yang kita bayarkan untuk membeli token listrik berbeda dengan Nilai Token dan Jumlah Listrik (kWh) yang nantinya kita dapatkan. Ya, semua dipengaruhi dengan adanya biaya lain-lain (administrasi dan materai) dan penghitungan pajak PPJ wilayah masing-masing.

Daftar Harga Token Listrik 1 42f82
Sumber foto: PLN

Enam nominal harga listrik yang disediakan memang akan menghasilkan nilai token dan jumlah listrik yang berbeda. Selengkapnya, kamu bisa melihat pada tabel daftar harga token listrik berikut. Tabel di bawah ini adalah (Catatan: Nilai Token dan Jumlah Listrik pada tabel di bawah berdasarkan wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya dengan nilai PPJ 3%)

Harga Token Nilai Token* Jumlah Listrik
Rp 20.000,- Rp 17.000,- 13,2 kWh
Rp 50.000,- Rp 47.000,- 33,1 kWh
Rp 100.000,- Rp 97.000,- 66,2 kWh
Rp 250.000,- Rp 244.000,- 132,3 kWh
Rp 500.000,- Rp 494.000,- 328,9 kWh
Rp 1.000.000,- Rp 994.000,- 659,7 kWh

*Nilai Token belum termasuk potongan biaya administrasi yang berbeda di setiap tempat pembelian atau ATM yang digunakan.

II.I. Cara Menghitung kWh Listrik

Setelah mengetahui daftar harga token listrik dan mengetahui jumlah listrik (dalam kWh) yang didapatkan, tak sedikit yang menjadi penasaran dan ingin tahu jumlah listrik pasti yang didapatkan kala membeli sebuah token listrik dengan nominal tertentu. Berikut ini cara melakukan penghitungan kWh listrik dengan menggunakan Kalkulator kWh Listrik Prabayar. Berikut ini cara melakukan penghitungannya:

  • Setelah kamu membuka Kalkulator kWh Listrik Prabayar, langkah pertama yang ahrus kamu lakukan adalah memilih Golongan Tarif/Daya. Pilih salah satu yang merupakan golongan listrik di rumahmu.
Kwh Listrik 1 Ac489
  • Jika sudah, lanjutkan dengan memilih Nominal Voucher Listrik yang sudah kamu beli sebelumnya.
Kwh Listrik 2 Dceb3
  • Terakhir, masukkan persentase Pajak Penerangan Jalan (PPJ) yang sesuai dengan wilayah alias domisili kamu. Maka kamu akan segera mendapatkan jumlah kWh listrik yang kamu dapat. Untuk mengetahui persentase PPJ wilayah tempat tinggalmu, cek pada tabel yang Jaka berikan di bawah.
Kwh Listrik 3 2a1aa
Persentase PPJ Wilayah
PPJ 3% DKI Jakarta

Bogor

Depok

Kab. Serang
PPJ 5% Denpasar

Manokwari

Palembang

Sukabumi
PPJ 6% Bandung

Pekanbaru

Indramayu
PPJ 7% Medan
PPJ 8% Surabaya

Semarang

Banjarmasin

Tanjungselor

Lampung

Yogyakarta
PPJ 9% Banda Aceh

Pontianak

Banyumas

Banjarnegara

Purbalingga

Karanganyar
PPJ 10% Gorontalo

Makassar

Mamuju

Palu

Morowali

Palangkaraya

Samarinda

Ambon

Mataram

Kupang

Padang

Kendari

Manado

Bengkulu

Blitar

Kediri

Jember

Probolinggo

Situbondo

III. Cara Membeli Token Listrik

III.I. Cara Membeli Token Listrik Melalui ATM

Cara atau metode pertama adalah membeli token listrik dengan menggunakan atau melalui ATM. PLN sendiri bekerjasama dengan bank-bank ternama di tanah air sehingga memudahkan masyarakat, terutama yang memiliki rekening di bank-bank tersebut, untuk bisa melakukan pembelian token listrik dengan mudah dan praktis.

III.I.I. Beli Token Listrik di ATM BCA

Cara Membeli Token Listrik Di Atm Bca 711e4

Berikut langkah demi langkah yang perlu kamu lakukan untuk bisa membeli token listrik via ATM BCA:

  • Pilih Transaksi Lainnya

  • Pilih Voucher isi Ulang

  • Pilih Lainnya

  • Pilih PLN Prepaid

  • Masukkan nomor Meter (11 nomor)

  • Pilih Nominal Voucher

  • Tekan Benar/Salah

Bca
BCA mobile 2.4.0
Apps Productivity PT Bank Central Asia tbk.
DOWNLOAD

III.I.II. Beli Token Listrik di ATM BNI

Cara Membeli Token Listrik Di Atm Bni F0938

Khusus kamu nasabah Bank BNI, kamu bisa membeli pulsa listrik kamu di ATM BNI dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pilih Pembayaran

  • Pilih PLN PRABAYAR

  • Pembelian Token

  • Masukan No meter (11 nomor, tambahkan 0 di depan no meter)

  • Pilih jenis ** 0 **

  • Pilih Nominal Pembelian

III.I.III. Beli Token Listrik di ATM BRI

Cara Membeli Token Listrik Di Atm Bri 85312

Selain dua bank di halaman selanjutnya, kamu nasabah Bank BRI bisa membeli token listrik untuk kamu gunakan lewat ATM BRI terdekat yang ada di sekitarmu. Cukup dengan mengikuti langkah demi langkah di bawah ini:

  • Pilih Transaksi Lainnya

  • Pilih Pembayaran

  • Pilih PLN

  • Pilih Prabayar

  • Masukkan Nomor Meter (11 nomor)

  • Tekan Benar/Salah

  • Pilih Nominal Token/Voucher

  • Tekan Benar/Salah

BRI
BRI Mobile 6.2.0
Apps Productivity PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
DOWNLOAD

III.I.IV. Beli Token Listrik di ATM Mandiri

Cara Membeli Token Listrik Di Atm Mandiri 74493

Satu lagi yang bisa kamu gunakan jika memiliki rekening di Bank Mandiri, kamu bisa membeli pulsa listrik melalui ATM Mandiri. Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan:

  • Pilih Pembayaran/Pembelian

  • Pilih Multi Payment

  • Ketik "30300"

  • Masukkan No Meter (11 nomor)

  • Masukkan Nominal Pembelian

  • Ketik "1"

III.II. Cara Membeli Token Listrik di Tempat Penjualan Listrik

Cara Membeli Token Listrik Di Tempat Pulsa Ba23a
Sumber foto: Beautynesia

Selain melakukan pembelian melalui ATM, kamu juga dapat melakukannya dengan mendatangi kios-kios yang menyediakan layanan pembelian token listrik. Kamu bisa membeli di counter pulsa handphone yang kebanyakan kini sudah menyediakan token listrik. Selain itu, minimarket semisal Indomaret dan Alfamart juga bekerjasama dengan PLN dan menyediakan layanan untuk masyarakat membeli token listrik.

Langkah 1 - Tunjukkan ID

Setibanya kamu di tempat pembelian, segera tunjukkan ID pelanggan listrik kamu ke kasir atau penjual yang ada di counter. Nomor ID ini diperlukan untuk konfirmasi identitas dan tempat penggunaan listrik. Setelah menunjukkan ID, lanjut ke langkah berikutnya.

Langkah 2 - Tentukan Nominal

Setelah menunjukkan ID, langkah selanjutnya adalah menentukan nominal pulsa atau token listrik yang ingin kamu beli. Tentukan nominal sesuai dengan penggunaan dan kebutuhan listrik di tempat tinggal kamu untuk jangka waktu yang juga kamu tentukan.

Langkah 3 - Lakukan Pembayaran, Dapatkan Kode

Setelah melakukan pembayaran, kamu selanjutnya akan menerima kode unik yang merupakan 20 kombinasi angka. Kode unik tersebut yang nantinya akan kamu gunakan untuk melakukan pengisian token listrik di rumahmu.

IV. Cara Mengisi Token Listrik

Langkah 1 - Beli Token Listrik PLN

Sebelum melakukan pengisian, langkah pertama yang harus kamu lakukan tentunya adalah membeli terlebih dulu token atau pulsa listrik yang kamu butuhkan. Beli dengan jumlah sesuai kebutuhan dan kondisi kantong kamu ya. Untuk cara melalukan pembeliannya, kamu bisa baca selengkapnya pada artikel Baca Spesial berikut.

Cara Membeli Token Listrik 8da34
Cara Lengkap Beli Token Listrik di Sini!
Kamu pengguna sistem Listrik Pintar dengan metode prabayar masih suka kebingungan bagaimana cara melakukan pembelian token listrik? Berikut ini cara membeli token listrik dengan mudah dan lengkap di berbagai tempat.
LIHAT ARTIKEL

Langkah 2 - Masukkan Kode Voucher

Cara Mengisi Token Listrik 4 71911
Sumber foto: Tagihan Listrik

Setelah membeli token, kamu akan mendapatkan kode unik berupa 20 angka yang kamu perlukan untuk melakukan pengisian. Masukkan kode 20 angka tersebut dengan cara mengetik tombol angka yang ada di meteran listrik milikmu. Jika sudah, segera tekan tombol Enter.

Langkah 3 - Periksa Kode Voucher

Pastikan kode voucher yang kamu masukkan sudah benar alias sesuai dengan kode yang kamu dapat dari hasil pembelian. Jika terjadi kesalahan, gunakan tombol Backspace untuk menghapus kode dan menggantinya dengan kombinasi angka yang benar.

Langkah 4 - Konfirmasi Kode Voucher

Selanjutnya, kamu akan menerima konfirmasi dari kode angka yang kamu sudah masukkan. Perhatikan layar monitor, jika status yang muncul adalah "ACCEPT", maka kode yang kamu masukkan sudahlah benar. Selanjutnya saldo listrik kamu akan otomatis bertambah sesuai dengan jumlah yang kamu minta saat melakukan pembelian.

Langkah 5 - Ulangi Jika Salah

Berbeda dari langkah ke-4, jika status yang tertera di layar meteran adalah "REJECT", maka kode voucher yang kamu masukkan tidaklah tepat alias salah. Maka, kamu harus mengulang proses cara mengisi token listrik dari awal dengan memperhatikan kembali kombinasi kode yang tepat.

V. Keuntungan Menggunakan Listrik Prabayar

Kamu sudah mengetahui segala informasi mengenai token listrik, lalu apa sih sebenarnya menggunakan token listrik ini? Apa benar memakai sistem listrik prabayar lebih menguntungkan dari listrik pascabayar?

Menggunakan listrik prabayar diyakini bisa membuat penggunaan listrik kamu jadi lebih irit, dan tentunya berdampak pada lebih hematnya biaya alias pengeluaran yang kamu keluarkan.

Pln Mobile Fe329
PLN Mobile 2.21
Apps
DOWNLOAD

Pasalnya dengan menggunakan listrik prabayar dalam bentuk pembelian token listrik, kamu bisa menentukan sendiri batasan penggunaan listrik kamu sesuai dengan kuota listrik yang ada dalam token yang dibeli.

Berbeda dengan menggunakan listrik pascabayar penggunaan listriknya sulit dikendalikan. Tak jarang pengguna listrik pascabayar cenderung lebih boros dan kaget ketika menemukan tarif listrik yang melonjak saat membayar di tiap bulannya.

Akhir Kata

Itulah panduan lengkap seputar token listrik mulai dari daftar harga, cara membeli, cara menggunakan dan berbagai informasi terkait lainnya yang perlu kamu ketahui.

Banner: Proxsis

Baca juga artikel seputar Online atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Membuat Npwp Pribadi Cf08c

Cara Membuat NPWP Pribadi Mudah dan Lengkap dengan Syarat

Cara Cek Tagihan Indihome 2020 7aed3

Cara Cek Tagihan IndiHome Bulanan Online Terbaru 2020, Cuma 5 Detik!

Cara Membuat Npwp Bagi Yang Belum Bekerja B1ae4

Cara Membuat NPWP Bagi yang Belum Bekerja, Mudah dan Praktis

Cara Berlangganan Indihome 93c5e

Gak Pake Ribet! Begini Cara Berlangganan IndiHome Murah dan Cepat

Cara Cek Npwp Be2bc

Cara Cek Nomor NPWP Online Paling Cepat dan Mudah, Dijamin Aman!

APPS TERKAIT
Money Lovers Icon
Money Lover 2.5.120
Apps Money Lover
Line Pay Icon
LINE Pay 1.4.0
Apps LINE Corporation
Paytren 5 Beta Icon
PayTren 5.0 Beta 1.0.0
Apps PT. VERITRA SENTOSA INTERNASIONAL
Make Money Aplikasi Penghasil Uang Icon
Make Money - Aplikasi Penghasil Uang 1.2
Apps EarnCash App
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Mudah Membeli Token Listrik di Berbagai Tempat

Cara Mudah Membeli Token Listrik di Berbagai Tempat

Daftar Harga Token Listrik PLN, Terbaru dan Terlengkap Tahun 2020!

Daftar Harga Token Listrik PLN, Terbaru dan Terlengkap Tahun 2020!

Cara Mengisi Token Listrik PLN, Cepat dan Praktis!

Cara Mengisi Token Listrik PLN, Cepat dan Praktis!

Inilah Perbedaan Listrik Prabayar dan Pascabayar yang Perlu Kamu Ketahui

Inilah Perbedaan Listrik Prabayar dan Pascabayar yang Perlu Kamu Ketahui

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal