5 Pandemi Terburuk dalam Sejarah, Jutaan Korban Berjatuhan!

Default

Saat ini, berbagai negara sedang bertarung melawan wabah virus corona. Sejak awal 2020, penyebaran virus ini kian memburuk hingga menimbulkan pandemi.

Pandemi adalah penyebaran penyakit atau infeksi ke seluruh dunia. Namun, pandemi COVID-19 bukanlah satu-satu kejadian darurat kesehatan yang pernah terjadi di dunia.

Bahkan, berdasarkan sejarah, ada banyak pandemi yang jauh lebih mematikan daripada COVID-19 yang saat ini masih mewabah di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Nah, pada kali ini Jaka bakal mengulas 5 pandemi terburuk di dunia yang memakan banyak korban jiwa. Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

1. Plague of Justinian

Pan1 Custom 4ff26

Plague of Justinian atau yang dikenal juga sebagai wabah Justinian adalah wabah yang menginvasi Konstantinopel, Ibu Kota Kerajaan Byzantine yang kini menjadi Kota Istanbul di Turki.

Menurut penelitian, penyebab wabah berbahaya ini adalah Yersinia pestis, yakni organisme yang menyebabkan penyakit pes.

Wabah tersebar pada tahun 541-542 Masehi dan dibawa dari Mesir melalui Laut Mediterrania. Bakteri tersebut menempel pada tikus hitam yang berkeliaran di kapal hingga akhirnya menjangkiti manusia-manusia di sekitarnya.

Wabah Justinian ini menyebar ke Eropa, Asia, Afrika Utara, dan Semenanjung Arab. Diperkirakan 30-50 juta orang meninggal, atau sekitar setengah populasi dunia saat itu.

2. Black Death

Pan2 Custom B261a

Sekitar 800 tahun usai Plague of Justinian, wabah yang sama melanda Eropa. Black Death terjadi pada tahun 1347-1351. Wabah ini menewaskan 200 juta orang dalam 4 tahun.

Wabah yang disebut juga sebagai Maut Hitam ini menimbulkan gejala yang mencolok bernama acral necrosis, yakni kondisi saat kulit penderita menghitam karena pendarahan subdermal.

Profesor Sejarah di Universitas DePaul, Thomas Mockaitis, mengatakan hingga kini belum ada yang mengetahui penyebab berhentinya wabah ini, tapi pasti ada hubungannya dengan karantina.

3. The Great Plague of London

Pan3 Custom Cfd0e

Usai Black Death, wabah yang sama kembali setiap 20 tahun mulai dari 1348-1665. Tercatat, telah terjadi sekitar 40 kali wabah selama 300 tahun.

Pada awal 1500-an, Pemerintah Inggris mengumumkan peraturan untuk mengisolasi orang sakit. Rumah orang yang terkena wabah juga diberi penanda di bagian depan.

Selain mengisolasi orang sakit, semua ruang publik juga ditutup. Mereka yang meninggal dimakamkan secara massal hingga kemudian pandemi ini berakhir.

The Great Plague of London terjadi di Kerajaan Inggis dan menewaskan sekitar 100 ribu orang atau 20 persen penduduk London saat itu.

4. Flu Spanyol

Pan4 Custom 99150

Pada tahun 1918, Flu Spayol melanda dunia dari Kepulauan Pasifik ke Kutub Utara selama Perang Dunia I. Ini merupakan epidemi terbesar kedua dalam sejarah dunia.

Menurut CDC, Flu Spanyol disebabkan oleh virus H1N1 yang berasal dari burung, meski tidak jelas dari mana virus tersebut berasal.

Diperkirakan, sekitar 500 juta orang atau sepertiga dari populasi dunia terinfeksi pada saat itu. Wabah ini juga menewaskan setidaknya 50 juta orang di seluruh dunia.

Masih banyak hal yang belum dicatat terkait flu Spanyol, CDC menyebut bahwa flu Spanyol mengakibatkan kerusakan paru-paru yang parah dan cepat.

5. Flu 1968

Pan1 Custom 4ff26

Menurut Encyclopaedia Britannica, pandemi Flu 1968 atau dikenal dengan sebutan Flu Hong Kong berasal dari Cina pada Juli 1968. Penyebabnya adalah virus influenza A (H3N2).

Pandemi Flu Asia 1957 diyakini memunculkan pandemi 1968 melalui proses yang disebut antigenic shift, yakni ada perubahan kecil pada gen virus flu.

Proses ini kemudian menyebabkan perubahan di permukaan protein dari virus HA (hemagglutinin) dan NA (neuraminidase) yang memicu respons kekebalan tubuh.

Inilah mengapa perubahan antigenik tersebut dapat menyebabkan seseorang bisa terserang flu lebih dari sekali.

Kasus ini adalah wabah flu pandemi ketiga yang terjadi pada abad ke-20. Tercatat, pandemi ini menewaskan 1 juta orang di seluruh dunia dan sekitar 100 ribu orang di AS saja.

Akhir Kata

Nah, itu tadi ulasan mengenai 5 pandemi terburuk dalam sejarah selain pandemi COVID-19. Selain kelima kasus tadi, masih ada beberapa pandemi yang juga sangat mematikan.

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT
Pembunuh Berantai Yang Bebas Berkeliaran D4201
5 Pembunuh Berantai yang Bebas Berkeliaran, Sampai 300 Korban!
A Inter 1 5cd6d
7 Film dengan Teori Sains Paling Akurat, Plotnya Kelewat Jenius!
Temuan Ffb44
7 Penemu yang Terbunuh oleh Temuannya Sendiri, Inovasi Berujung Petaka!
Momen Bersejarah Yang Tertangkap Kamera B7c15
5 Momen Paling Bersejarah yang Tertangkap Kamera, Kelam & Sadis!
Ledakan Terbesar Dalam Sejarah 79a10
5 Ledakan Terburuk dalam Sejarah, Renggut Puluhan Ribu Jiwa!
Tags Terkait: health
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal