J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Nonton Film G30S PKI (1984), Pembunuhan Keji 7 Jenderal

Nonton Film G30S PKI (1984), Pembunuhan Keji 7 Jenderal

Selasa, 29 Sep 2020, 18:00 WIB
Nonton film G30S PKI dalam artikel ini. Buat kamu yang penasaran apa yang terjadi dalam G30S PKI pada 1965 silam.

Tidak bisa dipungkiri bahwa peristiwa G30S PKI merupakan aksi kejam dan kontroversial. Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai peristiwa tersebut, kamu bisa nonton film G30S PKI lewat link yang ada di artikel ini.

Hampir setiap negara memiliki sejarah kelam masing-masing. Bagi Indonesia, G30S PKI merupakan salah satu sejarah kelam yang membekas hingga hari ini.

Baru-baru ini penayangan G30S PKI ditayangkan oleh satu stasiun televisi swasta yang menimbulkan kehebohan di media.

Kalau kamu penasaran dengan film G30S PKI yang memicu banyak kontroversi dan pendapat masyarakat ini, kamu bisa simak sinopsis berikut ini!

Nonton dan Download Film G30S PKI (1984)

Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI merupakan film bertema dokudrama propaganda Indonesia yang pertama beredar di tahun 1984. Disutradarai dan ditulis oleh Arifin C. Noer, film ini diproduksi dengan anggaran sebesar 800 juta.

Waktu produksi film ini memakan dua tahun. Di kala itu, film ini mendapat sponsor dari pemerintahan Orde Baru Soeharto. Versi film ini dibuat berdasarkan versi resmi pemerintah kala itu berdasarkan Gerakan 30 September atau disingkat menjadi G30S.

Dulu, film ini merupakan tontonan wajib siswa sekolah di Indonesia, namun peraturan tersebut dihapuskan sejak jatuhnya Soeharto di tahun 1998.

Sinopsis Film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI (1984)

Film G30s Pki 74971

Di tahun 1960an, Presiden Sukarno menderita penyakit akut dan mungkin segera meninggal. Kondisi Indonesia saat itu pun kacau karena penduduk hidup dalam kemiskinan.

Sementara itu, konsep politik Nasakon (nasionalisme, agama dan komunisme) mendorong pertumbuhan cepat PKI (Partai Komunis Indonesia) yang memanipulasi presiden.

PKI membuat cerita berdasarkan dokumen Gilchrist palsu bahwa Dewan Jenderal sedang mempersiapkan kudeta bila Sukarno meninggal. Aidit, Syam dan pimpinan Partai Komunis berencana untuk menggunakan ini sebagai alasan untuk kudeta mereka sendiri.

Mereka telah berencana untuk menculik tujuh jenderal, menguasai Jakarta dan mengamankan Sukarno. Pada malam tanggal 30 September, tujuh unit menculik jenderal yang terkait.

Namun, Nasution berhasil melarikan diri, sementara Pierre Tendean tertangkap. Ahmad Yani dan Mayjen M. T Haryono terbunuh di rumah masing-masing. Jaksa Militer Sutoyo Siswomiharjo, Mayor Jenderal Siswondo Parman, dan Letnan Jenderal Soeprapto ditangkap.

Sementara itu Brigadir Jenderal D. I. Pandjaitan tertembak sebelum masuk truk.

Mayat dan tahanan penculikan dibawa ke kamp G30S / PKI di Lubang Buaya, tempat korban selamat disiksa dan dibunuh. Tubuh mereka kemudian dilempar ke dalam sumur.

Pidato radio lain segera dibaca, menguraikan komposisi Dewan Revolusi yang baru dan mengumumkan perubahan pada hirarki Angkatan Darat. Para pemimpin G30S mulai merencanakan pelarian mereka dari Halim, untuk dilakukan sebelum tengah malam.

Suharto (Amoroso Katamsi), yang bangun pagi-pagi, membantah pengumuman Untung, yang menyatakan secara eksplisit bahwa tidak ada Dewan Jenderal dan membuat catatan catatan tambahan tentang sifat sejati G30S.

Lalu, Suharto dipanggil ke Istana Bogor untuk berbicara dengan Sukarno. Di sana, presiden mengatakan bahwa dia telah menerima jaminan dari Marsekal Udara Omar Dani bahwa Angkatan Udara tidak terlibat.

Pertemuan tersebut akhirnya menjadikan Suharto sebagai pemimpin Angkatan Darat, bekerja sama dengan Pranoto Reksosamodra.

Para jenderal dikebumikan di tempat lain. Sementara itu, Suharto pun menyampai pidato dimana dia mengutuk G30S dan PKI dan mendesak rakyat Indonesia untuk melanjutkan perjuangan para jenderal yang tewas.

Fakta Menarik Film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI (1984)

Meski penuh kontroversi, film G30S PKI ini memiliki beberapa fakta menarik yang wajib kamu tahu.

  • Film ini dinominasikan untuk tujuh penghargaan di Festival Film Indonesia 1984, memenangkan satu, dan mencapai angka rekor penonton
  • Film ini terus digunakan sebagai kendaraan propaganda oleh pemerintah Orde Baru selama tiga belas tahun
  • Pada masanya, film ini selalu ditayangkan pada tanggal 30 September di stasiun TVRI
  • Film ini merupakan film wajib untuk siswa Indonesia, walau dengan adegan-adegan kekerasan di dalamnya
  • Di era reformasi, film ini dilarang untuk ditayangkan oleh Menteri Penerangan Yunus Yosfiah bersama film propaganda Orde Baru lainnya.

Link Nonton Film G30S PKI (1984)

Bila kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai film sejarah yang mengundang banyak kontroversi ini, kamu bisa klik link di bawah ini untuk nonton film Film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI (1984).

Judul Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI
Tayang 1984
Durasi 4 jam 31 menit
Produksi PPFN
Sutradara G. Dwipayana
Cast Amoroso Katamsi, Umar Kayam, Syubah Asa
Genre Indonesian docudrama

>>>Nonton Film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI<<<

Download Film G30S PKI

Untuk download film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI, kamu bisa mengakses link nontonnya, lalu download menggunakan aplikasi KeepVid.

Aplikasi KeepVid sendiri adalah aplikasi download video ataupun film di Android yang memungkinkan kamu untuk download dalam berbagai kualitas, mulai dari 240p sampai 1080p.

Cara menggunakannya juga mudah. Kamu tinggal copy link video atau film yang ingin kamu download, lalu paste ke aplikasinya.

Keepvid Video Download Solution Icon
KeepVid - Video Download Solution 6.4.1
Apps Productivity KeepVid
DOWNLOAD

Akhir Kata

Peristiwa tragis G30S PKI ini meninggalkan bekas luka bagi banyak orang. Walaupun sempat ditayangkan di semua TV swasta, namun sekarang film ini termasuk film dewasa yang tidak untuk konsumsi bawah umur.

Bahkan film ini juga pernah ditunjukkan di dokumenter berjudul The Act of Killing. Bagaimana pendapat kamu mengenai film yang menguak sejarah Indonesia yang kelam ini?

Silakan komentar dibawah!

Baca artikel mengenai Film atau artikel menarik lainnya dari Michelle Cornelia.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Indonesia yang Kurang Diapresiasi, Lebih Laku di Luar Negeri!

7 Film Indonesia yang Kurang Diapresiasi, Lebih Laku di Luar Negeri!

7 Film Indonesia Terkenal yang Banyak Dibenci Orang, Overrated Semua?

7 Film Indonesia Terkenal yang Banyak Dibenci Orang, Overrated Semua?

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Film Indonesia Terburuk yang Pernah Dirilis, Sampai Dilarang Tayang

7 Film Indonesia Terburuk yang Pernah Dirilis, Sampai Dilarang Tayang

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal