J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Nintendo Switch lama vs Switch Baru vs Switch Lite, Mana yang Paling Worth it?

              Nintendo Switch lama vs Switch Baru vs Switch Lite, Mana yang Paling Worth it?

              00
              Selasa, 27 Agt 2019, 18:00 WIB
              Dalam waktu dekat, Nintendo akan merilis Switch Lite dan Switch Baru sebagai varian terbaru dari seri Nintendo Switch. Apa saja perbedaannya?

              Kalau kamu adalah seorang gamer, pasti sudah nggak asing, dong, dengan perusahaan game asal Jepang, Nintendo?

              Asal kamu tahu saja, Nintendo merupakan salah satu perusahaan game terbesar di dunia.

              Nintendo terkenal dengan franchise-franchise game-nya yang terbaik, sebut saja Super Mario, The Legend of Zelda, dan Pokemon.

              Nggak cuma itu, Nintendo juga menciptakan banyak konsol game yang nggak kalah kece.

              Sebentar lagi, Nintendo akan merilis varian konsol Nintendo Switch, yakni Switch Lite. Namun, bukan berarti Nintendo mengabaikan konsol Switch yang lama, geng.

              Nintendo Switch lama vs Switch Baru vs Switch Lite

              Kabarnya, sih, Nintendo akan merilis Nintendo Switch Lite pada pertengahan September nanti. Sebelumnya Jaka juga sudah pernah membahas mengenai perbedaan Switch biasa dengan Switch Lite.

              Supaya Nintendo Switch versi lama nggak kalah dan mati di pasaran, Nintendo juga mengeluarkan Nintendo Switch versi baru, lho.

              Apa aja, sih, perbedaan antara ketiga varian Nintendo Switch tersebut? Simak terus artikel Jaka yang satu ini untuk mengetahuinya. geng!

              1. Fitur

              1 9ab29

              Nintendo Switch lama dan Switch baru memiliki fitur yang sama. Satu-satunya perbedaan yang mereka miliki adalah kapasitas baterai yang akan Jaka bahas di poin selanjutnya.

              Nintendo Switch lama & Switch baru adalah konsol hybrid. Artinya, kedua konsol tersebut dapat dimainkan dengan lebih dari 1 cara, geng.

              Ada mode handheld di mana kamu memainkan Switch lama & baru seperti konsol handheld lainnya.

              Lalu, ada mode tabletop dengan menggunakan penyangga yang sudah built-in di belakang body Nintendo Switch.

              Pada mode tabletop ini, kamu bisa bermain secara local multiplayer dengan temanmu menggunakan 2 Joy-Con yang bisa dilepas dari body Nintendo Switch.

              Mode terakhir adalah docking, geng. Dengan menggunakan dock yang tersedia dari pembelian, kamu bisa menyambungkan Switch kamu ke layar TV.

              Rasanya sama seperti main konsol rumahan seperti PS dan XBOX.

              Ketiga mode permainan Nintendo Switch lama & baru menjadi daya tarik utama kedua konsol ini. Kamu bisa memainkan game favorit kamu di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja.

              Sementara itu, Nintendo Switch Lite dirilis tanpa fitur unik kedua saudaranya tersebut. Nintendo Switch Lite adalah murni konsol handheld yang nggak bisa kamu docking atau mainkan secara tabletop.

              Switch Lite nggak memiliki joycon yang bisa dilepas pasang sehingga kamu nggak bisa bermain game local multiplayer. Oleh karena itu, harga Switch Lite juga lebih murah daripada kedua saudaranya tersebut.

              2. Desain

              2 1c967

              Dari segi desain, Nintendo Switch lama dan Switch baru memiliki desain yang sama. Oleh karena itu, Jaka akan membahas mengenai perbedaan desain antara kedua Switch tersebut dengan Switch Lite.

              Nintendo Switch memiliki dimensi tinggi 4 x 9,4 x 0,55 inci apabila dipasangkan dengan Joy-Con dan memiliki bobot 400 gram. Layarnya berukuran 6,2 inci dengan resolusi 720p.

              Sementara itu, Nintendo Switch Lite memiliki dimensi lebih kecil dengan tinggi 3,6 x 8,2 x 0,55 inci dan berat 277 gram. Layarnya berukuran 5,5 inci dengan resolusi 720p.

              Dari segi kenyamanan, Nintendo Switch Lite dinilai lebih nyaman dimainkan ketika dalam mode handheld. Hal ini disebabkan oleh ukurannya yang pas di tangan.

              Sedangkan, Nintendo Switch lama & baru agak kurang nyaman untuk dimainkan secara handheld karena ukurannya yang cukup besar.

              Namun, kemampuannya untuk dimainkan dalam beragam mode menjadi kelebihan yang sangat signifikan.

              3. Kontroler

              3 00366

              Di atas, Jaka sudah sedikit membahas soal hal ini. Karena modenya yang beragam, Nintendo Switch lama & baru memiliki kontroler atau Joy-Con yang bisa dilepas pasang.

              Nggak cuma itu, Joy-Con tersebut juga dilengkapi dengan beragam sensor seperti infrared yang berguna untuk mendeteksi gerakan.

              Joy-Con yang bisa dilepas pasang memungkinkanmu untuk bermain game local multiplayer dengan temanmu tanpa membutuhkan kontroler tambahan.

              Kamu juga bisa menggabungkan kedua Joy-Con menjadi 1 kontroler dengan menggunakan Joy-Con Grip supaya lebih nyaman digenggam dalam mode home console.

              Di sisi lain, Switch Lite nggak memiliki Joy-Con. Switch Lite benar-benar didesain untuk gamer yang cuma menikmati Switch sebagai konsol handheld.

              Kalau kamu adalah orang yang pengen beli Switch namun jarang main game di rumah, Switch Lite bisa menjadi rekomendasi buat kamu yang sibuk, geng.

              4. Baterai

              4 8f58f

              Nah, ini dia satu-satunya perbedaan yang dimiliki oleh ketiga varian Nintendo Switch. Nintendo Switch versi lama memiliki daya tahan baterai hingga 2,5 - 6,5 jam.

              Nintendo Switch Lite memiliki daya tahan baterai yang lebih baik, yaitu 3 - 7 jam. Sementara itu, Nintendo Switch baru akan memiliki kapasitas baterai yang cukup untuk bermain game selama 4,5 hingga 9 jam.

              Meskipun memiliki kapasitas baterai yang berbeda, namun Switch lama dan Switch baru nggak memiliki perbedaan dalam segi fisik.

              Nintendo Switch baru memiliki nomor model HAC-001(01) yang tertera pada kotak. Kalau masih bingung, cari saja kotak Nintendo Switch yang berwarna merah, geng.

              5. Harga

              5 4a1c1

              Menurut Jaka, harga adalah faktor paling penting dalam menentukan barang mana yang ingin dibeli. Setuju nggak, geng?

              Karena fiturnya yang lebih sedikit dari 2 varian lainnya, Nintendo Switch Lite dijual dengan harga yang cukup murah, yaitu US$ 199. Harga ini belum termasuk pajak kalau masuk ke Indonesia ya, geng.

              Sementara itu, Switch versi baru dilepas dengan harga US$ 299 belum termasuk pajak, sama seperti harga Switch lama ketika pertama kali dirilis.

              Secara logika, Nintendo Switch lama juga pasti akan turun harga, geng. Meskipun memiliki daya tahan baterai yang lemah, keseruan yang bisa kamu dapatkan tetap sama.

              Dengan selisih US$ 100, Jaka, sih, lebih memilih Nintendo Switch baru, geng. Di samping kapasitas baterai yang lebih besar, fiturnya juga jauh lebih banyak.

              Namun, kalau kamu adalah orang yang mobile banget dan jarang bisa main game di rumah, Jaka sarankan untuk membeli Nintendo Switch Lite supaya praktis dan pastinya lebih ekonomis.

              Perbedaan Ringkas Switch Lama x Switch Baru x Switch Lite

              Nah, buat kamu yang masih bingung, kamu harus cek tabel di bawah supaya bisa melihat perbandingan ketiga konsol Nintendo Switch ini secara lebih jelas.

              Keterangan Switch Lama Switch Baru Switch Lite
              Harga Rp3,8 juta US$ 299
              Belum termasuk pajak
              US$ 199
              Belum termasuk pajak
              Layar 6,2 inci 720p 6,2 inci 720p 5,5 inci 720p
              Ukuran 4 inci x 9.4 inci x 0.55 inci 4 inci x 9.4 inci x 0.55 inci 3.6 inci x 8.2 inci x 0.55 inci
              Joy-Con Ya Ya Tidak
              TV Support Ya Ya Tidak
              Baterai 2,5 - 6,5 jam 4,5 - 9 jam 3 - 7 jam

              Akhir Kata

              Demikian artikel Jaka mengenai perbedaan antara Nintendo Switch lama, Nintendo Switch baru, dan juga Nintendo Switch Lite.

              Menurut kamu, manakah yang paling worth it, geng? Tulis jawabanmu di kolom komentar, ya!

              Baca juga artikel seputar Nintendo atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal