• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Negara Selain Indonesia yang Mempunyai Tradisi Mudik, Lebih Ekstrem!

7 Negara Selain Indonesia yang Mempunyai Tradisi Mudik, Lebih Ekstrem!

Jumat, 22 Mei 2020, 11:00 WIB
Ternyata enggak cuma Indonesia loh yang mengenal tradisi mudik. Tujuh negara yang ada di daftar ini juga memilikinya!

Tahun ini bisa menjadi tahun yang menyedihkan untuk kamu yang berstatus sebagai perantau. Bagaimana tidak, adanya wabah Corona membuat kita dihimbau untuk tidak mudik ketika lebaran.

Himbauan tersebut muncul agar virus Corona tidak semakin menyebar ke keluarga kita yang ada di kampung, sehingga virus ini bisa segera lenyap dari muka bumi.

Tapi kamu tahu enggak, kalau tradisi mudik itu enggak cuma ada di Indonesia. Setidaknya, ada tujuh negara yang juga memiliki tradisi tersebut!

Negara dengan Tradisi Mudik

Mudik merupakan istilah yang merujuk kepada aktivitas pulang ke kampung halaman. Pelakunya tentu orang-orang yang jauh dari orang tua.

Setiap lebaran, jutaan orang dari berbagai lokasi melakukan perjalanan darat, udara, laut untuk bertemu dengan sanak saudara yang sudah lama tak berjumpa.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah daftar negara selain Indonesia yang memiliki tradisi mudik!

1. Malaysia

Negara Mudik Selain Indonesia 1 9756c
Sumber foto: Straits Times

Sebagai negara tetangga yang satu rumpun, tak heran jika Malaysia juga memiliki tradisi mudik seperti kita di Indonesia.

Mereka menyebutnya dengan istilah balik kampung. Biasanya, penduduk Malaysia melakukannya ketika Hari Raya Idul Fitri dan Tahun Baru Cina.

Sama seperti di Indonesia, masyarakat yang balik kampung biasanya berasal dari perantau yang mencari nafkah di daerah perkotaan.

2. Thailand

Negara Mudik Selain Indonesia 2 Cf16c
Sumber foto: South China Morning Post

Masih sama-sama dari Asia Tenggara, Thailand juga mengenal tradisi mudik yang dilakukan ketika perayaan Songkran.

Songkran sendiri merupakan tahun baru tradisional Thai yang kerap dirayakan bersama keluarga. Bentuk festivalnya sendiri seperti bermain air di tengah kerumunan orang.

Sayangnya karena wabah Corona, perayaan Songkran tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya. Jumlah wisatawan dari luar negeri juga berkurang drastis.

3. India

Negara Mudik Selain Indonesia 3 C418d
Sumber foto: BBC

India merupakan negara lainnya yang juga memiliki tradisi mudik. Sebagai negara dengan mayoritas umat Hindu, mudik dilakukan bertepatan dengan perayaan Diwali atau Deepavali.

Masyarakat India akan menyalakan lampu dan lilin sepanjang jalan. Mereka juga akan membersihkan dan mendekorasi rumah mereka.

Enggak cuma itu, biasanya mereka juga akan berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk bertemu dengan sanak saudara.

Akibat tingginya antusiame masyarakat sana, kemacetan saat Diwali bisa meningkat hingga 40%, loh! Stasiun kereta api pun akan terlihat penuh sesak.

Hal ini wajar mengingat India merupakan negara dengan jumlah populasi tertinggi kedua di dunia.

Negara Lainnya . . .

4. Bangladesh

Negara Mudik Selain Indonesia 4 E34db
Sumber foto: YouTube

Tetangga India, Bangladesh, juga tak mau kalah dalam urusan mudik. Apalagi, mayoritas agama yang dianut oleh penduduknya adalah Islam.

Tak jauh berbeda dengan Indonesia, puncak arus mudik di Bangladesh terjadi beberapa hari sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Selain dengan menggunakan kereta api (di mana biasanya sampai naik di atas kereta), masyarakat sana juga memanfaatkan perahu sungai sebagai sarana transportasi.

5. China

Negara Mudik Selain Indonesia 5 34d4b
Sumber foto: Xianfei Blog

Sebagai negara dengan populasi terbesar, bisa dibayangkan bagaimana jika masyarakat China melakukan mudik secara bersamaan?

Mudik biasanya dilakukan ketika Tahun Baru China. Bisa dipastikan jalan, terminal, stasiun, hingga bandara akan penuh sesah dengan orang.

Penduduk yang beragama Islam biasanya tinggal di daerah Xinjiang dan Yunnan. Mereka pun merayakan lebaran secara meriah dengan tradisinya masing-masing.

6. Mesir

Negara Mudik Selain Indonesia 6 91fc7
Sumber foto: Ask Aladdin

Selanjutnya ada negara yang terletak di Benua Afrika, Mesir. Bedanya, masyarakat sana tidak melakukan mudik ketika Hari Raya Idul Fitri, melainkan ketika Hari Raya Idul Adha.

Hal tersebut terjadi karena mereka menganggap Hari Raya Idul Fitri dianggap lebih kecil dibandingkan dengan Hari Raya Idul Adha.

Selain tradisi mudik dan berkumpul dengan keluarga, masyarakat Mesir banyak menghabiskan waktu dengan berkumpul di pinggiran Sungai Nil sembari mengenakan pakaian baru.

7. Turki

Negara Mudik Selain Indonesia 7 17c25
Sumber foto: Rove

Negara terakhir yang ada di daftar ini adalah Turki. Sebagai salah satu negara dengan penduduk Muslim terbanyak di dunia, wajar jika Turki mengenal istilah mudik.

Idul Fitri di Turki dikenal dengan sebutan Bayram. Mereka akan mengucapkan Bayraminiz Kutlu Olsun, Mutlu Bayramlar, atau Bayraminiz Mubarek Olsun jika bertemu dengan sesama Muslim.

Tradisi tersebut biasanya dilanjutkan dengan berziarah dan tabur bunga ke makam keluarga. Lebaran di Turki semakin meriah dengan munculnya pasar bunga dan banyaknya yang menjual makanan manis.

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa negara yang memiliki tradisi mudik seperti Indonesia. Bisa dilihat dari foto ilustrasi kalau animo masyarakatnya tak kalah besar dari Indonesia.

Kalau kamu tahun ini bisa mudik atau enggak, geng? Tulis pengalaman kalian di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Lebaran atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Prima Ratriansyah.

ARTIKEL TERKAIT
Hemat Baterai Saat Mudik Banner F8942

11 Tips Hemat Baterai Saat Mudik Agar Tahan Seharian | Gak Butuh Power Bank!

Game Arcade Terbaik Banner 47e2a

7 Game Arcade Offline Android Terbaik 2019, Cocok Jadi Teman Mudik!

Aplikasi Cctv Android Banner C6c60

8 Aplikasi CCTV Android Gratis dan Terbaik 2019 | Rumah Aman Saat Mudik

Game Android Offline Banner 10aab

10 Game Android Offline Gratis Untuk Mudik, Perjalanan Jauh Gak Kerasa!

Aplikasi Tiket Pesawat Murah Addf6

8 Aplikasi Pesan Tiket Pesawat Murah & Terpercaya, Buat Persiapan Liburan!

15 Power Bank Terbaik Di Tahun 2020 Bisa Buat Ngecas Laptop C2895

15 Power Bank Terbaik di Tahun 2020, Bisa Buat Ngecas Laptop!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal