Inilah 10 Negara Paling Berbahaya di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Default

Setiap tahun, sebuah lembaga internasional bernama Institute for Economics and Peace merilis laporan yang bernama Global Peace Index yang mengukur seberapa berbahaya atau amannya suatu negara.

Penilaian ini didasarkan pada 23 indikator berbeda termasuk teror politik, kematian akibat konflik internal, tingkat pembunuhan, dan lain sebagainya.

Laporan yang mengevaluasi 163 negara dan dirilis pada bulan Desember 2020 tersebut menobatkan 10 negara sebagai yang paling berbahaya dan tidak aman pada tahun 2020.

Negara apa sajakah itu? Ini dia daftarnya!

10. Rusia

Rusia 7ba42

Ambisi Rusia yang besar untuk menjadi kekuatan baru dan persaingannya dengan negara adidaya Amerika Serikat menjadikannya cukup berbahaya sebagai sebuah negara.

Militerisasi Rusia yang tinggi dan tingkat ekspor senjata per kapita yang termasuk paling tinggi di dunia membuatnya masuk ke peringkat 10 besar negara paling berbahaya selama dua tahun berturut-turut.

Ternyata, dipimpin oleh seorang presiden terkaya di dunia tak lantas membuat Rusia jauh dari bahaya.

9. Republik Afrika Tengah

Republik Afrika Tengah F1c78

Perang sipil yang telah berlangsung sejak tahun 2012 telah berdampak secara luas pada kehidupan di Republik Afrika Tengah.

Menurut dokumen yang dirilis The United Nations Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (OCHA) pada 5 Januari 2021, diperkirakan lebih dari setengah penduduk di negara itu akan membutuhkan bantuan kemanusiaan dan perlindungan di tahun 2021.

Kondisi negara yang sudah hancur akibat konflik bersenjata juga diperburuk oleh adanya pandemi COVID-19.

Menyedihkannya, orang yang paling menderita bukanlah pasukan bersenjata, melainkan penduduk sipil yang harus berjuang untuk tetap hidup setiap harinya.

8. Republik Demokratik Kongo

Republik Demokratik Kongo 5e944

Tingkat kriminalitas di Republik Demokratik Kongo sangatlah tinggi akibat negara tersebut menderita kemiskinan yang disebabkan oleh konflik etnis yang meluas dari negara tetangganya, Rwanda.

Di negara ini, tindak kejahatan seperti penyerbuan rumah, perampokan, dan perampokan seringkali ditemukan - apalagi jumlah polisi terus berkurang.

Selain miskin dan sempat terlibat konflik berkepanjangan, Kongo juga pernah terjangkit wabah campak dan ebola.

7. Libya

Libya D5d77

Krisis Libya yang mencakup krisis kemanusiaan dan instabilitas politik dan militer dimulai di tengah maraknya Arab Spring pada tahun 2011.

Sejak saat itu, Libya mengalami perang sipil, intervensi militer dari negara lain, hingga peristiwa dibunuhnya diktator Muammar Gaddafi.

Saat ini Libya masih dalam suasana gencatan senjata sejak dimediasi oleh PBB pada Oktober 2020 lalu dan tengah bersiap untuk mengadakan pemilihan umum.

6. Somalia

Somalia C7f31

Saking berbahaya dan kacaunya, Somalia disebut negara gagal, bahkan PBB mencatat lebih dari 2,6 juta penduduknya terlantar begitu saja di Tanah Air sendiri.

Absennya pasukan polisi, kemarau panjang, dan kekurangan pangan telah memperburuk lingkungan yang sudah tidak stabil di negara itu.

Di Somalia, angka penculikan yang tinggi dan serangan teror biasa terjadi di bandara, gedung pemerintah, hotel, dan restoran.

Orang asing, pejabat pemerintah, dan pekerja PBB sebagian besar menjadi sasaran militan.

5. Yaman

Yaman E2e49

Menurut PBB, Yaman adalah negara dengan krisis kemanusiaan terparah di dunia yang disebabkan oleh perang sipil sejak tahun 2015.

Tingkat kekerasan yang tinggi akibat konflik bersenjata, penembakan artileri, serangan udara, dan ranjau darat di seluruh Yaman membuatnya tidak aman untuk ditinggali.

Bahkan, warga AS sangat rawan diculik dan ditahan, terutama warga berkewarganegaraan ganda Yaman-AS.

Diperkirakan, ada 4,3 juta orang terlantar dan 14 juta orang beresiko kelaparan dan terkena wabah mematikan.

4. Sudan Selatan

Sudan Selatan 9ea87

Sudan Selatan adalah negara yang tidak memiliki wilayah lautan atau disebut juga dengan landlock.

Negara tersebut sempat mengalami perang antara pemerintah dan oposisi selama 7 tahun lamanya, dari tahun 2013 hingga 2020.

Pada tahun 2018 saja, diketahui ada lebih dari 190.000 masyarakat sipil yang tewas akibat perang.

Konflik tersebut menyebabkan banyaknya tentara anak yang dipaksa turun ke medan perang dan sejumlah masalah lain seperti pembersihan etnis dan kekerasan seksual.

3. Irak

Irak 458d5

Konflik eksternal dan internal di Irak termasuk serangan teroris ISIS yang terus-menerus menangkap dan membunuh warga sipil beserta pasukan bersenjata.

Meski konflik melawan ISIS telah mereda sejak 2018, operasi militer demi memberantas bibit-bibit baru ISIS di pedesaan terus dijalankan.

Selain soal konflik, Irak juga bukanlah negara yang aman ditempati karena banyaknya ketidakadilan hukum, penggunaan senjata berlebih kepada pendemo, serta kebebasan berpendapat yang terbatas.

2. Suriah

Suriah 64e28

Sejak Maret 2011, negara Timur Tengah ini telah terdampak perang sipil dan menjadikannya negara paling berbahaya nomor satu hingga tahun 2018.

Konflik yang terjadi di Suriah disebut-sebut sebagai perang kedua paling mematikan di abad ke-21 dengan terlibatnya beberapa negara lain seperti Amerika, Rusia, Inggris, dan Prancis.

Situasi tersebut menyebabkan lebih dari 7 juta orang terlantar di Suriah, dengan lebih dari 5 juta penduduk menjadi pengungsi di negara lain.

1. Afghanistan

Afghanistan Effd3

Kaget karena Afghanistan menggantikan posisi Suriah sebagai negara paling berbahaya di dunia?

Menurut Global Peace Index 2019, Afghanistan adalah negara paling berbahaya karena banyaknya jumlah konflik bersenjata dan serangan yang terjadi akibat kehadiran kelompok teroris Taliban.

Perang yang berlangsung selama 20 tahun tersebut sudah merenggut nyawa lebih dari 38.480 penduduk sipil

Bahkan, hingga Februari 2021 Taliban masih menguasai 52% wilayah Afghanistan.

Akhir Kata

Itulah 10 negara paling berbahaya menurut Global Peace Index tahun 2020. Untung saja, tidak ada nama Indonesia.

Kalau kamu penasaran, nama Indonesia ada di peringkat 49 negara paling damai dan masih menunjukkan indikator hijau yang artinya aman untuk ditinggali.

Makanya, kita harus banyak-banyak bersyukur telah dilahirkan di Indonesia dan bisa hidup dengan aman dan nyaman, geng!

Baca juga artikel seputar Negara atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Film Judul Berbeda Di Berbagai Negara 6547a
10 Film Ini Punya Judul Berbeda di Berbagai Negara, Kenapa Ya?
Negara Dengan Paket Internet Termurah 53580
10 Negara Dengan Harga Paket Internet Termurah | Indonesia Kemahalan?
Header 8 43072
10 Negara Dengan Internet Super Lemot di Dunia. Indonesia Juga Termasuk?
Negara Teknologi Canggih Banner Ef750
10 Negara dengan Teknologi Paling Canggih, Indonesia Termasuk?
Negara Ramah Lingkungan Banner 5d7bf
10 Negara Paling Ramah Lingkungan Sedunia, Indonesia Peringkat Berapa?
Untitled Design 2021 02 20t144212 044 828a8
10 Pemimpin Negara Terkaya di Dunia, Banyak dari Negara Berkembang!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal