J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Mumi Paling Terkenal di Dunia, Ada yang Punya Lidah Emas 24 Karat!

Selasa, 23 Feb 2021, 15:10 WIB
Ada beberapa penemuan mumi yang sangat terkenal di seluruh dunia. Nggak cuma dari Mesir saja, loh!

Hingga tahun 2021, tercatat sudah lebih dari ribuan mumi yang ditemukan di seluruh dunia. Yap! Jika kamu berpikir bahwa mumi hanya ditemukan di Mesir, kamu salah besar.

Faktanya, tradisi pengawetan jenazah yang memadukan rempah-rempah pilihan tersebut juga ada di negara lain, terutama di kawasan Asia dan Amerika Selatan.

Nah, dalam artikel ini, Jaka bakal menunjukkan daftar mumi paling terkenal di dunia dan menggoncang ranah ilmu pengetahuan, khususnya arkelologi.

1. La Doncella - Mumi Gadis Inca

Mumi 1 Custom 9b9d8

Mumi pertama yang akan kita bahas adalah sesosok gadis dari suku Inca, Amerika Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ia masih berusia 13 tahun saat meninggal.

Tragisnya, sang gadis tewas setelah menjadi tumbal ritual pengorbanan yang dilakukan Suku Inca sekitar 500 tahun lalu. Tradisi ini melibatkan kokain dan alkohol yang dikonsumsi anak tersebut secara paksa selama 2 tahun.

Uniknya, saat ditemukan, jenazah sang gadis masih utuh dan nyaris sempurna. Diduga suhu udara serta kondisi kelembaban tempat sang gadis bersemayamlah yang membuatnya awet secara alami.

2. Lady Dai - Mumi Putri Tiongkok

Mumi 2 Custom 51882

Mumi Lady Dai ditemukan secara nggak sengaja saat berlangsung Perang Dingin di dataran Tiongkok tahun 1971. Saat para tentara mau membangun bunker, mereka malah menemukan reruntuhan makam yang di dalamnya terdapat sang mumi.

Mumi yang diberi nama Lady Dai diyakini berusia lebih dari 2100 tahun dan berasal dari Dinasti Han Barat. Bisa jadi, putri ini seperti yang digambarkan dalam film-film China terbaik.

Kerennya, biarpun sudah terkubur selama 2000 tahun, jenazah sang putri masih terasa lentur dan lembab saat dipegang. Persendiannya pun masih bisa digerakkan seperti masih hidup. Bahkan, rambut dan bulu matanya masih nampak bagus.

3. Dashi-Dorzho Itigilov - Mumi Biksu dari Mongolia

Mumi 3 Custom F28d6

Dashi-Dorzho Itigilov adalah seorang biksu yang hidup dan menjalani laku tapanya di Biara Annisky Datsan di Buryatia, Rusia. Diduga ia lahir tahun 1852 dan masuk ke biara tersebut sejak usia 16 tahun.

Nah, menjelang kematiannya, Dashi-Dorzho Itigilov bertekad untuk melakukan "moksa" dengan melepaskan diri dari ikatan duniawi, termasuk makan maupun minum.

Iapun wafat di tahun 1927 dalam posisi duduk teratai, lalu dan dimakamkan dalam sebuah kotak cemara. Saat digali tahun 1957 dan 1973, jenazahnya masih utuh dan segar. Bahkan banyak yang bilang seperti sedang tidur!

4. Rosalia Lombardo

Mumi 4 Custom C92f9

Nah, untuk mumi yang satu ini adalah bukti keberhasilan dokter pada awal abad ke-20. Jadi, mumi yang bernama Rosalia Lombardo ini adalah seorang anak perempuan berusia 2 tahun yang wafat tahun 1920 akibat pneumonia.

Ayahnya yang begitu terpukul dengan kematiannya, meminta dr. Alfredo Salafia untuk mengawetkan jenazah anaknya. Sang dokter saat itu memang terkenal mampu mengawetkan ratusan jenazah dengan baik.

Berkat teknik dr. Salafia yang hingga kini masih dipenuhi misteri, jenazah sang anak masih utuh dan terawat dengan baik. Padahal ia sudah wafat 100 tahun lalu, loh! Pantas aja sang anak mendapatkan gelar "Sleeping Beauty".

5. Ramses II

Mumi 5 Custom 52aea

Bagi kamu yang biasa menonton film The Mummy franchise pastinya pernah mendengar nama sosok mumi yang satu ini. Yap! Ramses II merupakan penguasa Mesir alias firaun yang memerintah Mesir Kuno selama 66 tahun.

Nah, sayangnya pemerintahannya dikenal sangat kejam. Ia bahkan nggak segan membunuh orang-orang yang nggak sepaham dengannya.

Mayatnya sendiri ditemukan terdampar di tepi Laut Merah yang kemudian dimumifikasi dan dimakamkan secara kebesaran. Ketika jenazahnya ditemukan pun kondisinya masih cukup baik.

6. Tutankhamun

Mumi 6 Custom 698cb

Sebelum Ramses II, dunia dihebohkan dengan penemuan mumi Raja Tutankhamun. Firaun ini memerintah peradaban Mesir Kuno lebih dari 3300 tahun lalu. Artinya, ia sudah lama banget dimumifikasi.

Saat ditemukan, para ilmuwan dibuat terkejut mengingat teknik mumifikasi yang dilakukan pada Tutankhamun sangat berbeda dengan mumi-mumi lainnya.

Biarpun begitu, jenazah sang raja sudah nggak begitu bagus, mengingat bagian kaki sudah terdekomposisi sepenuhnya, menyisakan kepala dan organ tubuh bagian dalam.

7. Mumi Lidah Emas

Mumi 7 Custom 00f34

Yang terbaru, sebuah tim gabungan Mesir dan Monika berhasil menemukan 16 pemakaman kuburan batu di kawasan kuil Taposiris Magna Alexandria, Yunani.

Uniknya saat digali lebih lanjut, para ilmuwan menemukan sejumlah mumi yang pada lidahnya dilapisi kertas emas. Konon, kertas emas ini berfungsi sebagai jimat agar mereka bisa berbicara di hadapan pengadilan Dewa Osiris di akhirat nanti.

Sementara itu, pada dada mereka terpasang kalung yang digantung pada kepala elang. Kalung tersebut melambangkan Dewa Horus yang mereka yakini bakal menolong mereka.

Akhir Kata

Itulah tadi pembahasan khusus Jaka mengenai daftar mumi paling terkenal di dunia. Gimana menurutmu, geng?

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Page C784e
Viral Ikan Penis yang Sempat Bikin Geger Media Sosial, Ini 5 Fakta di Baliknya!
Page 92745
Percaya atau Tidak, 5 Hal Mengerikan Ini Bisa Kamu Alami saat Tidur!
4444 2a05c
5 Misteri Terbesar Alam Semesta yang Tak Terjawab, Hanya Tuhan yang Tahu!
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Banner Jadi B4d0a
7 Film Science Fiction yang Dibenci oleh Ilmuwan, Ngawur Parah?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal