J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Jangan Dibuang! 7 Konsol Game Jadul Milikmu Ternyata Bisa Dimodifikasi Seperti Ini!

Jangan Dibuang! 7 Konsol Game Jadul Milikmu Ternyata Bisa Dimodifikasi Seperti Ini!

Minggu, 1 Sep 2019, 11:00 WIB
Meskipun ketinggalan zaman, ternyata konsol lama bisa kamu manfaatkan apabila dimodifikasi seperti konsol jadul yang ada di artikel berikut!

Apakah kamu adalah seorang console gamer? Kalau iya, berapa konsol yang sudah kamu miliki saat ini?

Konsol merupakan pilihan tepat bagi para gamer yang nggak mau ribet merakit PC gaming. Untuk bermain, kamu tinggal masukkan kaset game ke dalam konsol.

Sayangnya, konsol nggak bisa kamu upgrade berkala seperti PC. Kamu nggak bisa menggunakan konsol lamamu untuk bermain game-game baru.

Alhasil, kamu harus membeli konsol baru dan memensiunkan konsol lamamu. Daripada dibuang, mendingan kamu ikuti beberapa trik dalam artikel ini, geng.

7 Modifikasi yang Bisa Kamu Lakukan pada Konsol Game Lamamu

Ketika kamu pertama kali membeli sebuah konsol, rasanya pasti sangat menggembirakan meskipun kamu harus merogoh kocek dalam-dalam.

Beberapa tahun berlalu, konsol generasi baru pun segera muncul. Konsol game andalanmu yang selalu menemani hari-harimu menjadi usang.

Dalam artikel kali ini, Jaka bakal kasih tahu kamu beberapa ide modifikasi yang bisa kamu lakukan pada konsol lamamu supaya bisa tetap berguna.

Kalau kamu tertarik, kamu bisa cari tutorial untuk memodifikasi konsol jadul di Google maupun YouTube, geng.

1. Gamecube sebagai Docking Station Nintendo Switch

1 B937e

Nintendo Gamecube dan Nintendo Switch merupakan 2 konsol Nintendo berbeda generasi yang merupakan anak emas dari Nintendo.

Nintendo Gamecube dirilis pertama kali pada tahun 2001. Gamecube memiliki spesifikasi yang hampir mirip dengan PS2, geng.

Sementara itu, Nintendo Switch merupakan konsol terbaru Nintendo yang merangkap handheld sekaligus konsol rumahan apabila disambungkan ke TV melalui docking station.

Beberapa orang di internet memodifikasi konsol jadul Nintendo Gamecube sebagai docking station Nintendo Switch. Nggak cuma keren, ada kegunaan lainnya, lho.

Switch yang menggunakan docking station dari Gamecube diketahui bisa menggunakan 4 kontroler Gamecube sekaligus. Wah, pasti seru banget main game rame-rame menggunakan konsol ini.

2. PS2 Portable

2 296ce

PlayStation 2 merupakan konsol terlaris yang pernah ada di bumi. Bagaimana nggak, game-game yang bisa dijalankan banyak banget dan sangat legendaris.

Sayangnya, PS2 merupakan home console, yang artinya kamu harus menyambungkan PS2 ke TV seperti di rumah. Namun, Sony nggak patah arang dengan menciptakan PlayStation Portable (PSP).

Meskipun memiliki spesifikasi yang sama, namun PSP nggak bisa menjalankan game-game PS2. PSP memiliki game eksklusif sendiri meskipun nggak sebagus game di PS2.

Nah, seorang YouTuber bernama GmanModz memodifikasi PSP miliknya supaya bisa menjalankan game-game PS2, geng.

Bahkan, PS2 portable miliknya bisa menggunakan 2 kontroler. Canggih banget, ya, geng!

3. Gantungan Kunci Gameboy

3 308ae

Kamu suka mengoleksi gantungan kunci? Sebuah website bernama www.pocketsprite.com menawarkan gantungan kunci yang unik dan canggih, geng.

Gantungan kunci yang satu ini nggak cuma bisa digunakan sebagai sebuah hiasan saja, melainkan kamu bisa memainkan game-game dari konsol Gameboy klasik di benda ini.

Bentuknya yang kecil menjadi sebuah keuntungan karena kamu bisa membawanya ke mana-mana. Namun, kalau jempol kamu besar, nampaknya bakal kesulitan untuk memainkannya.

Kalau kamu tertarik, kamu bisa membelinya di website Pocket Sprite mulai dari harga US$199 atau sekitar Rp2,8 juta. Cukup mahal ya, geng.

4. Ubah Nintendo DS-mu yang Rusak menjadi GBA

4 Cbae9

Nintendo DS merupakan konsol handheld Nintendo yang memiliki 2 layar, 1 layar biasa di atas dan 1 layar touchscreen di panel bawah.

Karena konsol ini adalah konsol lipat, Nintendo DS memiliki kelemahan, yaitu panel atas yang rentan patah. Untungnya, seorang modder bernama Joe Bleeps dapat mengakali Nintendo DS yang patah.

Beruntungnya, Nintendo DS bisa tetap memainkan game dari konsol Game Boy Advance meskipun cuma menggunakan layar bagian bawah.

Supaya makin cakep, Joe Bleeps menambahkan lampu neon sebagai pengganti engsel DS yang patah.

Meskipun modifikasi yang dilakukan sangat sederhana, namun konsol modifikasi ini bakal membuat grafis game GBA kamu menjadi lebih baik.

5. Portable Wii

Portable Wii 22ace

Wii merupakan konsol Nintendo pertama yang menggunakan sensor gerakan untuk memainkan mayoritas game-nya. Niatnya, sih, supaya orang nggak cuma asyik nge-game, tapi juga makin sehat.

Meskipun begitu, sensor gerakan di kontroler Wii nggak begitu bagus, geng. Kamu juga harus menyambungkan Wii ke TV untuk memainkannya.

Untungnya, ada seorang modder yang berinovasi untuk menjadikan Wii sebagai konsol handheld. Dengan menggunakan konsep seperti kontroler Wii U, kamu bisa memainkan game Wii secara mobile.

6. Memainkan Game Nintendo 3DS di TV

6 A019b

Nintendo 3DS merupakan konsol handheld Nintendo yang adalah evolusi dari Nintendo DS. Sama-sama memiliki layar lipat dengan 2 layar, namun 3DS memiliki resolusi tinggi dan grafis 3 dimensi.

Semenjak Nintendo Switch yang bisa di-docking ke TV rilis, popularitas 3DS menurun banget, geng. Sebuah perusahaan bernama Katsukiy memodifikasi dan nintendo 3DS tersebut.

Nggak cuma bisa disambungkan ke TV, 3DS ini juga bisa merekam game yang kamu mainkan. Sayangnya, perusahaan tersebut kini sudah bangkrut.

7. GBA Consolizer

7 E1966

Game Boy Advance merupakan salah satu konsol tersukses yang pernah diciptakan oleh Nintendo.

Beberapa game terpopulernya adalah Pokemon Ruby, The Legend of Zelda: The Minnish Cap, dan masih banyak lagi.

Meskipun gambarnya ketinggalan zaman banget, namun hingga kini masih banyak orang yang memainkan game-game GBA, geng.

Nah, seorang YouTuber bernama Woozle memodifikasi konsol handheld GBA yang sudah dimodifikasi dengan menambahkan adapter HDMI di bagian body bernama GBA Consolizer.

Adapter ini membuat kamu bisa memainkan game-game klasik GBA dengan resolusi HD di tv rumah kamu, geng.

Wah, kamu sepertinya harus mencoba memodifikasi Game Boy Advance milikmu, geng.

Akhir Kata

Deikian artikel Jaka mengenai 7 modifikasi kreatif yang bisa kamu lakukan pada konsol game jadul milikmu. Semoga artikel ini mampu menginspirasimu ya, geng.

Sampai jumpa di artikel Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Konsol Game atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Konsol Game Terlaris 627eb

10 Konsol Game Paling Laris Sepanjang Masa, PlayStation Menjadi Raja Konsol!

Banner Sega Konsolbatal

4 Konsol Game Keren Ini Pasti Belum Pernah Kamu Mainkan

Banner Unsplash Konsolgamebaik

5 Alasan Kenapa Konsol Game Lebih Baik Daripada PC Gaming

20 Bentuk Modifikasi Casing Pc Yang Kreatif Banner

20 Bentuk Modifikasi Casing CPU Komputer yang Kreatif

10 Game Nintendo Switch Terbaik Yang Wajib Kamu Mainkan E2cca

10 Game Nintendo Switch Terbaik yang Wajib Kamu Mainkan, Bikin Ketagihan!

Game Nintendo Jadul Banner

7 Game Nintendo Jadul Terbaik yang Pernah Bikin Kamu Lupa Waktu

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal