Heboh Padahal Salah, 7 Mitos Film ini Sempat Dipercaya Penonton!

Default

Ngaku deh, pasti kamu suka banget kan, ngomongin teori-teori dan mitos tentang sebuah film?

Memang sih, ngomongin hal unik mengenai sebuah film sangatlah menarik diperbincangkan dan mampu mengundang diskusi-diskusi seru.

Contohnya saja, adegan ciuman yang ternyata diimprovisasi oleh para aktornya dan sebenarnya nggak ada di naskah.

Tapi, kamu yakin nggak kalau rumor dan mitos yang kamu percaya tentang sebuah film adalah benar?

Nih, Jaka punya daftar 7 mitos film yang sudah terbongkar kebenarannya!

Mitos Film yang Sempat Dipercaya Penonton

Penonton memang paling jago membuat rumor, gosip, mitos, bahkan asumsi dari sebuah film.

Entah karena ngefans banget atau memang senang cocoklogi aja, ada banyak teori film yang muncul dan dipercaya oleh banyak kalangan.

Beberapa kesalahan tersebut sempat bikin heboh, tapi sudah terbongkar kebenarannya seiring dengan berjalannya waktu.

Mitos film apa sajakah itu? Yuk simak selengkapnya!

1. Three Men and a Baby (1987)

Three Men And A Baby 748f0

Three Men and a Baby adalah salah satu film komedi tahun 80an yang paling disenangi. Premisnya yang kocak dan pemeran bintang Tom Selleck dan Ted Danson berhasil membuatnya nge-hits banget di era itu.

Selama bertahun-tahun, penonton memiliki teori tentang munculnya hantu di jendela yang berwujud laki-laki.

Fans percaya bahwa hantu yang 'tidak sengaja tertangkap kamera' itu adalah korban pembunuhan, dan rumah tempat syuting dilm ini memang pusat tragedi.

Rumor ini berhasil meningkatkan penjualan DVD akibat banyak orang yang kepo sama 'hantu' ini, geng.

Ternyata, sosok itu hanyalah sebuah cardboard berbentuk Ted Danson dalam ukuran asli yang disimpan disana.

Rahasia ini baru ketahuan di tahun 2017 berkat Tom Selleck angkat bicara. Yah, salah nih, teori yang diyakini penonton selama 30 tahun!

2. The Lion King (1994)

07d 1d497
Sumber foto: Know Your Meme

Jika kamu nonton The Lion King dan nge-pause filmnya pada salah satu adegan dimana Simba menendang awan, maka kamu akan melihat bahwa awan itu bertuliskan "SEX".

Menurut Disney, hal ini tidaklah disengaja karena sebenarnya jika diperhatikan, awan itu bertuliskan "SFX", akibat ulah iseng tim special effect yang pengen eksis melalui adegan tersebut.

Wah, padahal organisasi keagamaan American Life League sudah berkampanye untuk menentang penggunaan pesan seksual Disney dalam film.

Hayo, tanggungjawab dong, tim SFX! Dikira kesalahan fatal film Disney, nih!

3. King Kong vs. Godzilla (1962)

King Kong Vs Godzilla Ba6fb

Film monster klasik tahun 1963 ini mengisahkan pertarungan dua monster raksasa ini yang dimenangkan oleh Kong.

Tetapi, ada sebuah majalah film tahun 60an yang memuat artikel dimana penulisnya keliu dengan mengatakan bahwa dalam versi Jepang, Godzilla memenangkan pertarungan melawan Kong.

Padahal, dalam versi Jepang nya pun tidak ada yang menunjukkan bahwa Godzilla menang.

Akibatnya, fans malah meyakini bahwa ada ending alternatif yang disembunyikan. Nyatanya, nggak ada tuh sampai sekarang.

4. Singin' In The Rain (1952)

Gene Kelly Singing In The Rain 650cd

Ada rumor yang mengatakan bahwa air hujan dalam Singin' In The Rain mengandung susu, agar tetesan hujan bisa terlihat lebih jelas di kamera.

Tetapi, sutradara Gene Kelly dan Stanley Donen sudah menampik kabar burung tersebut dengan mengatakan bahwa tetesan hujan dapat direkam dengan baik dengan teknik lighting, bukan menambahkan susu ke dalam air hujan seperti yang dikabarkan.

Duh, ada ada saja nih, penonton.

5. Poltergeist (1982)

Ugxpp6g8i3n11 A6136
Sumber foto: Getty Images

Semua orang pasti setuju untuk menyebut Poltergeist sebagai salah satu film horor paling keren.

Sejak awal pembuatannya, Tobe Hooper memang dikreditkan sebagai sutradaranya, tetapi sejak saat itu pula lah masyarakat percaya bahwa sebenarnya yang memimpin film ini adalah Steven Spielberg.

Mitos ini semakin diperkuat dengan banyaknya pemeran dan kru film yang juga mengatakan bahwa peran 'sutradara' dalam film itu lebih besar daripada peran Hooper.

Spielberg mengaku membantu Hooper untuk membuat Poltergeist, tetapi Hooper tetaplah sutradaranya, sedangkan Spielberg adalah penulis naskahnya.

Kasian banget nih, Tobe Hooper jadi kurang diapresiasi gitu.

6. Ben-Hur (1959)

Ben Hur 865x452 2e460

Film yang merupakan salah satu epos sejarah paling ambisius yang pernah dibuat ini dibintangi oleh Charlton Heston, dan membutuhkan banyak stuntman karena banyak adegan aksi didalamnya.

Premis pekerjaan pemeran pengganti yang memang berbahaya kemudian sukses menimbulkan sebuah mitos tentang Ben-Hur yang suram dan berlebihan.

Gimana enggak, ada mitos yang mengatakan bahwa salah satu pemeran pengganti yang terlibat dalam adegan balapan kereta terbunuh saat pengambilan adegan.

Lebih parahnya lagi, disebutkan bahwa kematian tersebut tetap dimasukkan ke dalam hasil akhir film Ben-Hur.

Padahal aslinya nggak ada tuh, cerita seperti itu. Duh, hoax nih namanya.

7. The Dark Knight (2008)

421268 462169547139042 1244995412 N E4c1f

Fans Heath Ledger siap-siap sakit nih, dengar fakta yang satu ini.

Jika selama ini kamu berpikir bahwa Heath Ledger lah yang melakukan improvisasi pada adegan ledakan rumah sakit, kamu salah total.

Para fans meyakini bahwa adegan sebelum ledakan besar terakhir dalam adegan tersebut diimprovasi oleh Ledger akibat hampir terjadi kesalahan dalam scene yang cuma bisa dilakukan sekali itu.

Nyatanya, sutradara Christopher Nolan mengatakan bahwa jeda sebelum ledakan itu memang dibuat oleh Nolan supaya Ledger tetap aman.

Hal ini juga sudah diketahui oleh seluruh kru dan pihak yang terlibat dalam film.

Hmm, jadi ini memanglah direncanakan,bukan sebuah kesalahan dalam film yang berhasil diselamatkan Ledger.

Akhir Kata

Itu dia deretan mitos film yang banyak dipercaya orang-orang. Padahal sebenarnya tidak seperti itu ya, geng!

Baca terus fakta-fakta seputar film lainnya di Jalantikus. Dijamin semua pertanyaan kamu tentang film terjawab di sini.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Mitos Dan Fakta Film Banner
12 Mitos dan Fakta di Dunia Film yang Wajib Kamu Ketahui
8 Rumor Terheboh Seputar Sekuel Spider Man 3 Makin Gak Sabar Buat Nonton 083d3
8 Rumor Terheboh Seputar Sekuel Spider-Man 3, Gak Sabar Buat Nonton!
Teori Film Disney 0205f
10 Teori Film Disney yang Paling Mencengangkan | Karakter Boo di Monster Inc. Adalah Penyihir?
Banner Jadi 0e782
7 Film Bertema Teori Konspirasi Terbaik Wajib Tonton, No. 6 Kontroversial!
Page 2782c
7 Teori Fans Avengers yang Terjadi Sungguhan, No. 5 Gak Disangka!
Film Teori Fans Jadi Kenyataan 4c2d2
7 Teori Fans tentang Film yang Jadi Kenyataan, Netizen Cenayang?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal