J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Mitos Gak Masuk Akal yang Dipercaya Banyak Orang Gara-Gara Film

7 Mitos Gak Masuk Akal yang Dipercaya Banyak Orang Gara-Gara Film

Jumat, 27 Mar 2020, 21:00 WIB
Tahu nggak sih kalau menembak dengan dua pistol lebih efektif itu cuma mitos? Cari tahu mitos apa saja yang banyak dipercaya gara-gara film.

Film menjadi media hiburan yang sangat populer di masyarakat saat ini. Banyak film yang menjadi ikon budaya, membuat trend tertentu, dan banyak juga yang mempengaruhi minat para penontonnya.

Image bahwa semua yang tampil di dalam film adalah yang terbaik, yang paling memukau, dan yang paling benar berhasil mempengaruhi pola pikir banyak orang.

Film juga menjadi media yang bertanggung jawab atas beredarnya berbagai macam mitos tidak benar yang banyak dipercaya di masyarakat.

7 Mitos yang Banyak Dipercaya Akibat Film

Hampir semua film memasukkan unsur fantasi dan juga mendramatisir setiap adegannya agar lebih menarik untuk ditonton, dan juga bisa teringiang-ngiang di kepala para penontonnya.

Banyak elemen fiksi dan proses dramatisasi yang sama diadopsi oleh lebih dari 1 film dan membuatnya menjadi fakta yang banyak dipercayai, padahal sebenarnnya hanyalah adegan dramatisasi.

Apa saja sih mitos yang banyak dipercaya di masyarakat akibat film? Berikut informasi selengkapnya.

1. Kemampuan Hiu Mencium Darah dari Ratusan Meter

Cnn Com 38f85
Sumber foto: cnn.com

Mitos yang satu ini menjadi sumber ketakutan yang teramat besar bagi sebagian orang terhadap makhluk laut yang satu ini, bahkan membuat sebagian orang merasa tidak aman ketika berenang di tepi pantai.

Banyak orang yang percaya bahwa hiu bisa mencium bau darah bermil-mil jauhnya dan akan langsung menyerang sumber bau yang diciumnya itu.

Padahal, hiu hanya dapat mencium tetesan darah di air dengan radius seluas kolam renang standar olimpiade saja, tidak sampai bermil-mil seperti yang diceritakan dalam film sci-fi.

2. Orang Tenggelam Mudah Terlihat

Cognitiveitching Wordpress Com Bcf1a
Sumber foto: cognitiveitching.wordpress.com

Salah satu adegan yang kerap kali terlihat di dalam sebuah film adalah adegan orang tenggelam di laut.

Adegan tim penyelamat atau penjaga pantai yang melihat orang tenggelam dari atas helikopter, bergegas turun dan menyelamatkan orang tersebut sering kali terlihat di dalam sebuah film, bahkan film drama sekalipun.

Faktanya, mencari orang tenggelam tidaklah semudah yang digambarkan di dalam film.

Orang dalam keadaan tenggelam hanya sedikit bagian tubuhnya yang keluar dari permukaan air, tidak sampai setengah badan seperti di kebanyakan film.

3. Bisa Bercakap-cakap Ketika Terjun Bebas

Surophoenix17 Fr 88a1d
Sumber foto: surophoenix17.fr

Untuk para penggemar film aksi, mungkin akan familiar dengan adegan di mana karakter di dalam film aksi ini melakukan terjun payung dan bercakap-cakap setelah terjun dari pesawat.

Banyak yang percaya kalau orang mungkin saja untuk mengobrol ketika melakukan terjun payung, padahal aslinya para penerjun berkomunikasi dengan isyarat tertentu sesudah lompat dari pesawat.

Suara dari penerjun tidak akan mampu didengar oleh rekan-rekannya karena angin yang berhembus di sekitar telinga ketika dalam keadaan jatuh cepat membuat suara apapun tidak dapat terdengar saat itu.

4. Melepas Pin Granat Menggunakan Gigi

Diply Com 6686d
Sumber foto: diply.com

Salah satu senjata yang paling sering digunakan di dalam film perang adalah granat. Senjata yang satu ini mampu membuat sekumpulan pasukan kocar-kacir karena efek ledakkannya.

Kekuatan dari benda kecil ini memang benar adanya, tetapi cara menggunakannya sering kali digambarkan dengan tidak masuk akal.

Pin granat didesain untuk melekat dengan sangat kuat, beberapa bahkan butuh untuk diputar terlebih dahulu sebelum bisa dibuka.

Membuaka pin granat dengan gigi akan membuat orang yang melakukannya kehilangan gigi mereka, dan pin granat tersebut masih melekat erat.

5. Chloroform Langsung Membuat Orang Pingsan

Maseonlitedubai Com 24d99
Sumber foto: maseonlinedubai.com

Bahan kimia yang satu ini sering kali terlihat di berbagai film. Chloroform sering kali digunakan oleh para penjahat di film horor untuk membuat korbannya tidak sadarkan diri.

Beberapa tetes dari zat kimia ini di sapu tangan, dekatkan dengan mulut dan hidung korban, dan voila sang korban akan langsung tak sadarkan diri.

Faktanya, chloroform membutuhkan waktu untuk bekerja dalam membuat orang tak sadarkan diri.

Dalam dosis besar diperlukan waktu sekitar lima menit untuk membuat korban tidak sadar, dan beberapa tetes di sapu tangan tentunya bukan termasuk dosis besar.

6. Orang yang Tertembak Akan Terpental

Pinterst 01dd1
Sumber foto: pinterest.com

Seberapa sering kalian melihat orang terpental saat tertembak di film aksi? Jawabannya mungkin akan sangat sering.

Film aksi seperti James Bond sering kali mendramatisir adegan baku tembak yang terjadi di film tersebut untuk membuat penonton lebih tertarik, dan salah satunya dengan mementalkan orang yang tertembak.

Efek tembakan memang berpotensi mengakhiri nyawa seseorang, tetapi efek ledakanya tidak mampu membuat seseorang terpental. Hal ini mungkin terjadi apabila orang tersebut ditembak menggunakan meriam.

7. Menembak dengan Dua Pistol Lebih Efektif

Pinterest 30f01
Sumber foto: pinterest.com

Lebih banyak senjata lebih baik, dan dua pistol akan membunuh dua kali lipat lebih banyak. Prinsip seperti ini sering kali diadaptasi ke dalam berbagai film aksi.

Untuk menembak sasaran dengan tepat diperlukan konsentrasi juga koordinasi di antara tangan dan mata yang sangat baik, dan hal ini tidak mungkin dilakukan ketika memegang dua pistol sekaligus.

Kemampuan membidik seseorang akan jauh berkurang ketika menggunakan dua pistol secara bersamaan.

Akhir Kata

Itu dia 7 mitos yang banyak dipercaya di kalangan masyarakat secara umum karena film.

Mitos-mitos ini hadir dan berkembang karena proses dramatisasi berulang yang dilakukan oleh beberapa film dengan genre yang sama.

Sebelum percaya akan sesuatu, lebih baik mencari tahu terlebih dahulu kebenaran akan hal tersebut.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
10 Film Action Terbaru Dan Terbaik Di Tahun 2020 Penuh Aksi Menegangkan 5086f

7 Film Action Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Penuh Aksi Mendebarkan!

Film Action Terbaik Banner2 3c96b

28 Film Action Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Adegan Mendebarkan!

Film Romantis Indonesia A77d0

25 Daftar Film Romantis Indonesia Terbaik & Terbaru 2020

10 Film Barat Terbaru Dan Terbaik Di Tahun 2020 Masih Fresh Di Bioskop E95f1

10 Film Barat Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Masih Fresh di Bioskop!

Cameo Paling Mengejutkan Banner 434ca

7 Cameo Paling Mengejutkan di Film Hollywood, No. 6 Gak Nyangka Banget!

Banner C7b97

7 Artis Hollywood yang Merendahkan Film Marvel, Kesal Karena Gak Diajak Main?

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal