Misteri Lubang Raksasa di Siberia, Tempat Mendarat UFO?

Default

Pada Juli 2020 lalu, ditemukan sebuah kawah raksasa di lingkaran Arktik yang diduga terbentuk karena ledakan besar. Sekilas, memang lubang besar itu terlihat seperti efek ledakan.

Namun, nyatanya ini bukanlah lubang raksasa pertama yang ditemukan di area itu. Menurut laporan LADbible, ini merupakan penemuan lubang besar ke-17 di sekitar semenanjung Yamal dan Gyda, Rusia, sejak 2013.

Kemunculan lubang besar yang tidak biasa itu memicu berbagai teori aneh mengenai asal mulanya, beberapa di antaranya mengacu pada pengujian rudal Kremlin dan peninggalan alien. Bahkan ada yang beranggapan itu tempat mendarat UFO.

Menepis segala dugaan, ilmuwan akhirnya berhasil menemukan jawabannya secara ilmiah. Untuk mengungkap fakta kebenaran mengenai kawah tersebut, mereka menggunakan drone untuk membuat model 3D dari kawah.

Misteri Lubang Raksasa Di Siberia 86653

Hasilnya, model yang dibuat berdasarkan lubang raksasa tersebut menunjukkan gua-gua di dasar kawah yang mengkonfirmasi hipotesis mereka.

Model ini tersaji dalam studi yang dipimpin Igor Bogoyavlensky dari Institusi Riset Gas dan Minyak di Akadami Sains Rusia.

Terungkap, ada penumpukan gas metana di rongga es yang menyebabkan gundukan terbentuk di permukaan tanah, yang akhirnya meledak dan menciptakan kawah.

Meski begitu, kenapa metana dapat menumpuk belum dapat dibuktikan. Menurut para ilmuwan, tampaknya hal tersebut terjadi karena faktor perubahan iklim.

Pada dasarnya, permafrost atau tanah beku permanen mencair secara bertahap selama musim panas, sehingga membuat gas metana yang terperangkap di dalam tanah merembes keluar.

Evgeny Chuvilin, ilmuwan peneliti utama di Pusat Pemulihan Hidrokarbon Institut Sains dan Teknologi Skolkovo di Moskow, menjelaskan pada CNN bahwa perubahan iklim berdampak pada kemungkinan kawah hasil ledakan gas muncul di lapisan es Arktik.

Sejauh ini, kawah yang ditemukan helikopter terletak di tempat-tempat terpencil. Namun fenomena ini tetap menjadi ancaman bagi penduduk lokal, sehingga para ilmuwan berharap penelitian lebih lanjut dapat memungkinkan mereka memprediksi ledakan di masa depan.

Baca artikel mengenai Sains atau artikel menarik lainnya dari Michelle Cornelia.

ARTIKEL TERKAIT
Kota Yang Memiliki Internet Tercepat Di Indonesia Banner E9f7b
Ini Kota dengan Internet Tercepat di Indonesia, Bukan Jakarta?
Vivo Banner Aad20
5 Merek HP Terlaris di Indonesia, Nomor Satu Bukan Oppo atau Xiaomi!
Benarkah Gojek Dan Tokopedia Akan Merger Banner 19cde
Benarkah Gojek dan Tokopedia Akan Merger? Ini Faktanya
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal