Mengenal LinkedIn Learning, Kursus Online Terbaik untuk Profesional

Default

Siapa di sini yang hobi memperdalam ilmu dan mencari skill baru selama Work From Home? Jika kamu adalah salah satunya, maka kamu wajib mencoba kursus online terbaik, LinkedIn Learning.

Mengasah skill merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas hidup. Orang yang banyak belajar tentu saja bakalan lebih unggul dalam persaingan, terutama dalam pekerjaan.

Ada 2 cara utama yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh skill baru. Cara pertama adalah dengan belajar di institusi formal, seperti sekolah atau kuliah.

Namun, cara ini tentunya membutuhkan uang yang sangat banyak dan akan menyita waktu. Tentunya sulit banget kalau kamu sudah bekerja full time dan harus tetap menghadiri kelas setiap hari.

Untungnya, saat ini sudah banyak banget kursus atau pembelajaran online yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan skill baru. Salah satunya adalah LinkedIn Learning.

Mau tau selengkapnya? Yuk, simak artikel berikut ini!

Apa Itu LinkedIn Learning?

1 9e52e

Semenjak diakuisisi oleh Microsoft, nampaknya LinkedIn mencoba untuk melebarkan sayapnya ke bidang usaha baru. Dari merilis video orisinal, kini LinkedIn juga merilis platform pendidikan online.

Mungkin banyak yang nggak tahu kalau pada tahun 2015 lalu, LinkedIn mengakuisisi portal pembelajaran khusus profesional yang sangat populer, yaitu Lynda.com.

Lynda.com sendiri didirikan oleh Profesor Lynda Weinman dari Amerika Serikat pada tahun 1995. Awalnya, platform ini dibuat sebagai sarana membaca online untuk mendukung pembelajaran di kelas.

Lynda.com mulai menawarkan berbagai kursus online pada tahun 2002. Lynda.com kemudian mencapai masa puncak kejayaannya pada tahun 2013 sebelum diakuisisi oleh LinkedIn 2 tahun kemudian.

Bisa dibilang kalau LinkedIn Learning merupakan reinkarnasi dari Lynda.com. Hanya saja, platform ini kini dilengkapi dengan analitik yang lebih canggih.

LinkedIn Learning hadir dengan analitik yang terintegrasi sehingga perusahaan dapat memantau progress karyawannya yang menggunakan platform ini.

Materi Pembelajaran LinkedIn Learning

3 B3eee

LinkedIn Learning memiliki lebih dari 16 ribu kursus yang tersedia dalam berbagai bahasa dari para pakar industri dan profesional ternama.

Kamu bisa memilih course atau pembelajaran mengenai bidang pekerjaanmu untuk memperdalam ilmu. Kamu juga bisa mempelajari materi lain untuk memperluas pengetahuan.

Ada banyak banget materi pembelajaran untuk profesional di LinkedIn Learning. Di sini, kamu bisa menemukan pembelajaran berupa video ataupun teks mengenai coding, graphic design, web developing, dan lain-lain.

Ketika kamu masuk ke platform ini, kamu bakalan menemukan materi-materi pengantar untuk segala topik. Sayangnya, agak sulit menemukan materi lanjutan.

Meskipun begitu, materi yang ditampilkan sangat detail dan spesifik sehingga kamu bakalan mudah mengikuti pembelajaran di situs tersebut.

Kamu bisa mencari pakar-pakar profesional yang memiliki kredibilitas cukup tinggi untuk membawakan topik tersebut dan memeriksa apakah mereka memiliki kelas di platform e-learning.

Kursus dari platform ini bersifat intuitif dan personal sehingga prosesnya bakal lebih melibatkanmu. Kursus ini dilakukan dengan cara kuliah lewat video, lengkap dengan PR dan project terkait materi.

Setelah menyelesaikannya, kamu bakal diberikan sertifikat yang bisa ditambahkan ke profil LinkedIn kamu supaya makin terlihat profesional. Hanya saja, kursus di LinkedIn Learning tidak terakreditasi.

Ketika mencari kerja, para recruiter juga bakalan mengecek halaman LinkedIn kandidatnya. Kandidat yang memiliki banyak sertifikat tentu saja bakal lebih unggul.

Berikut adalah beberapa kelas unggulan yang ditawarkan oleh LinkedIn Learning:

  • Become a Project Manager
  • Python for Data Science
  • Time Management Fundamentals
  • Java Script Essential Training.
  • Become a Business Analyst.
  • Online Marketing Foundations.
  • dan masih banyak lagi.

Kelebihan dan Kekurangan LinkedIn Learning

2 Bc111

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari LinkedIn Training yang wajib kamu ketahui. Poin plus dan minus ini bisa jadi bahan pertimbanganmu.

Check it out!

Kelebihan LinkedIn Learning

  • Topik kursus online-nya sangat banyak dan dari beragam topik.
  • Branding LinkedIn sangat baik di dalam dunia bisnis.
  • User Interface simpel dan mudah digunakan.
  • Harganya cukup bersaing dengan platform MOOC (Massive Online Open Course) lainnya.
  • Tersedia trial gratis selama 1 bulan untuk pengguna LinkedIn.

Kekurangan LinkedIn Learning

  • Kurangnya materi kursus lanjutan. Lebih berfokus pada materi dasar.
  • Sertifikat LinkedIn Learning tidak terakreditasi.

Harga Berlangganan LinkedIn Learning

4 5893d

Berbicara soal harga, LinkedIn Learning bisa dibilang cukup mahal, geng. Kamu harus merogoh kocek sebesar Rp462.400,- per bulan untuk paket bulanan.

Kalau kamu ingin berlangganan jangka panjang, kamu bisa memilih paket tahunan yang biayanya Rp308.200,- yang akan ditagih setiap bulannya selama 1 tahun.

Namun, kamu bisa mencoba atau trial selama 1 bulan dengan gratis dengan memasukkan info kartu kredit kamu. Tenang, kalau gak pengen membayar, kamu bisa membatalkan langgananmu kapan saja, kok.

Selain paket personal, kamu juga bisa memilih paket yang bisa digunakan untuk 1 tim atau perusahaan. Tentunya lebih memberikan banyak benefit dan lebih murah jika menggunakan paket ini.

Oh iya, selain mendapatkan akses ke LinkedIn Learning, akun LinkedIn kamu juga bakal di-upgrade ke status premium selama masa berlangganan.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai LinkedIn Learning yang menjadi platform khusus online terbaik untuk profesional. Kalau kamu ingin makin sukses, platform satu ini recommended banget, deh!

Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya!

Baca artikel mengenai LinkedIn atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba.

ARTIKEL TERKAIT
7 Cara Untuk Membuat Profil Linkedin Kamu Terlihat Menarik Dan Profesional
7 Cara Untuk Membuat Profil Linkedin Kamu Terlihat Menarik dan Profesional
Untitled Design 71 B54e2
Cara Menghapus Akun LinkedIn di HP dan Laptop, Ada Tenggat 20 Hari!
Linkedin Power Profiles Indonesia
CEO BukaLapak hingga Founder GO-JEK, Inilah Daftar Orang Paling Berpengaruh di LinkedIn Indonesia
Cara Membuat Akun Linkedin Premium E2c71
Mau Bikin Akun LinkedIn Jadi Premium? Ini Caranya, Dijamin Gratis!
Linked In
Anggota LinkedIn Capai 500 Juta Berkat Negara Berkembang Asia Pasifik
Malware Facebook Linkedin Banner
Bahaya! Hacker Kini Bisa Bajak PC Kamu Lewat Facebook dan LinkedIn
Tags Terkait: linkedin
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal