Bluesky: Media Sosial Baru Ciptaan Mantan Bos Twitter, Jauh Lebih Aman & Sehat?

Default

Bluesky siap menjadi media sosial "super" yang digadang-gadang akan menyaingi platform lainnya, terutama Twitter. Media sosial baru ini kini memang menjadi pusat perhatian warganet meski belum benar-benar dirilis.

Bluesky merupakan hasil kreasi terbaru dari mantan bos Twitter, Jack Dorsey yang dibesut dengan fokus untuk membangun eksosistem lebih sehat. Proyek ini terus berkembang agar menjadi media sosial baru di masa depan.

Jack Dorsey mengklaim bahwa media sosial barunya ini akan menjadi pesaing bagi media sosial lain atau perusahaan teknologi mana pun. Konsep kontrol dan juga transparansi lebih baik yang diusung media sosial ini disebut bisa menarik minat banyak orang.

Apakah proyek ini akan menjadi media sosial alternatif yang menarik dan lebih menyenangkan? Simak ulasan tentang Bluesky yang wajib kamu ketahui berikut ini!

Apa Itu Bluesky?

Apa Itu Bluesky
Sumber foto: blueskyweb.org - Bluesky

Bluesky adalah proyek media sosial opensource yang akan menghubungkan platform media sosial saat ini dan masa depan. Artinya, para pemilik akun seperti Facebook, Instagram, atau Twitter dapat berinteraksi dengan semua pengguna lain di platform Bluesky.

Bluesky dibangun dengan perangkat lunak opensource, sehingga tak ada satu perusahaan pun yang akan memiliki media sosial ini. Menariknya lagi, platform satu ini dirancang dengan menggabungkan media sosial dengan sistem blockchain.

Mengutip Yahoo Finance, Bluesky bakal menjadi jaringan media sosial yang terpisah dengan sistem kurasi dan moderasi sendiri tapi tetap berinteraksi satu sama lain. Platform baru ini bahkan disebut sebagai solusi atas "kegagalan" Twitter.

Jack Dorsey pertama kali memperkenalkan Bluesky pada Desember 2019 sebagai inisiatif nirlaba. Pengembangan platform ini dilakukan sekitar seminggu setelah Elon Musk membeli saham Twitter.

Bagaimana Cara Daftar Bluesky?

Cara Daftar Bluesky
Sumber foto: blueskyweb.org - Bluesky

Pada Mei 2022, Bluesky merilis protokol mereka ke publik untuk pengujian di GitHub serta meminta sukarelawan untuk mendaftar ke versi Beta. Sejauh ini, 30.000 orang telah mendaftar untuk menguji coba platform tersebut sekaligus memberikan saran dan kritik untuk pengembangannya.

Buat kamu yang tertarik untuk ikut menguji coba platform BlueSky app nantinya, saat ini pendaftaran masih dibuka dengan hanya memasukkan email. Berikut cara mendaftar media sosial Bluesky.

  1. Buka browser dan kunjungi situs bsky.app.
  2. Masukkan email aktif pada kolom.
  3. Klik tombol Join Waitlist.
  4. Selesai dan tunggu undangan uji coba.

Tidak ada informasi lain yang diminta selain email. Selain itu, penting untuk diingat bahwa meski dikembangkan sejak akhir 2019, masih belum ada tanggal yang ditetapkan untuk peluncuran publik atau uji coba platform ini.

Cara Kerja Media Sosial Bluesky

Cara kerja Bluesky social app seperti algoritma rekomendasi, yakni informasi kepemilikan dijaga ketat seperti halnya data yang mereka kumpulkan dari pengguna. Pemilik jaringan bisa memilih apa dan bagaimana aplikasi perangkat lunak lain dapat mengakses fitur dan datanya.

Tugas Bluesky membuat protokol terdesentralisasi untuk media sosial. Hal ini memungkinkan sejumlah perusahaan dan individu untuk membangun aplikasi, layanan, atau algoritma rekomendasi mereka sendiri di atas jaringan dan data dasar yang sama.

Misalnya, pengguna yang tidak menyukai rekomendasi otomatis YouTube, bisa beralih ke aplikasi lain untuk dapat mengakses video serupa dengan sistem rekomendasi berbeda atau tidak sama sekali.

Bluesky social media membawa gagasan bahwa pengguna harus memiliki kendali sendiri atas algoritma yang mendukung pengalaman bermedia sosial. Ide tersebutlah yang membedakannya dari jejaring sosial lain saat ini.

Apakah Bluesky Bagian dari Twitter?

Mungkin kebanyakan orang berpikir bahwa Bluesky akan mirip dengan Twitter. Meski proyek ini didanai oleh Twitter, pada akhirnya Bluesky adalah program yang akan berjalan sendiri dengan cara kerja berbeda.

Sebaliknya, Dorsey mengatakan Bluesky akan menjadi pesaing platform lainnya termasuk Twitter. Terlepas dari ini, pengguna Twitter nantinya juga bisa merasakan struktur dasar dari protokol yang sedang dirancang Bluesky.

Fakta-fakta Media Sosial Bluesky

Saat diperkenalkan, Dorsey mengatakan Bluesky akan menawarkan pondasi baru untuk jejaring sosial yang memberikan kebebasan kepada pengguna. Terdapat beberapa fakta tentang media sosial ini yang bisa kamu simak berikut.

  • Dorsey pertama kali mengumumkan inisiatif Bluesky pada tahun 2019 di Twitter.

  • Pada awal tahun 2021, Bluesky berada dalam tahap penelitian dengan 40 50 orang dari komunitas teknologi terdesentralisasi aktif dalam mengevaluasi opsi dan mengumpulkan proposal untuk protokol tersebut.

  • Pada Maret 2022, Bluesky mengumumkan tiga karyawan pertamanya, yakni Aaron Goldman sebagai insinyur keamanan, serta Paul Frazee dan Daniel Holmgren sebagai insinyur protokol.

  • Pada 15 April 2022, Jack Dorsey mengakui bahwa kemajuan awal proyek ini dimulai dengan lambat.

  • Pada 26 April 2022, Bluesky menyatakan bahwa proyek ini akan dan berfungsi secara independen sebagai perseroan terbatas untuk kepentingan publik sejak Februari 2022.

  • Pada Mei 2022, Bluesky merilis kode untuk server data pribadi eksperimental.

  • Pada Oktober 2022, Bluesky mengumumkan roadmap dan mulai menerima pendaftaran untuk menguji versi aplikasi yang akan datang.

Akhir Kata

Kehadiran Bluesky sebagai media sosial baru di masa depan menambah pilihan warganet dalam berinteraksi di internet. Media sosial ini bahkan diklaim akan datang dengan kemampuan yang memberi pengguna lebih banyak kontrol.

Meski dianggap sebagai "pembunuh Twitter" oleh sebagian orang, Bluesky sebenarnya lebih fokus untuk membangun media sosial yang terdesentralisasi. Konsep ini mirip dengan apa yang dibawa oleh ekosistem Web3.

Baca juga artikel Cara Daftar Paket Nelpon Telkomsel, Cara Root HP, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Mempercepat Jaringan 1dbf0
10 Aplikasi Mempercepat WiFi dan Jaringan Internet, Stabil & Ngebut!
Vpn Pc Terbaik 5b648
12 Aplikasi VPN PC Terbaik & Anti Blokir 2021 | Internetan Sepuasnya!
Cara Internet Gratis B6a81
Kumpulan Cara Internetan Gratis Sepuasnya Terbaru, Solusi Gak Punya Kuota!
12 Aplikasi Internet Gratis Android Terbaik 2020 Penolong Di Tanggal Tua 1b6a7
12 Aplikasi Internet Gratis untuk Semua Operator, Gak Butuh Kuota!
Aplikasi Bobol Wifi Android 2022 581d3
22 Aplikasi Pembobol WiFi Terampuh 2022 & Gratis, Bisa untuk Android + PC!
Peyimpanan Cloud Aman Banner
Benarkah Menyimpan Data di Cloud Itu Aman dan Apa Keuntungannya?
Tags Terkait: social media
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal