7 Masalah iPhone dengan iOS 11 dan Cara Mengatasinya

18 October 2017

Sejak September lalu, versi final iOS 11 terbaru sudah bisa dinikmati para pengguna perangkat iOS. Seperti biasa, ada yang langsung buru-buru update dan ada pula yang masih enggan.

Mereka menunggu berbagai ulasan dari situs web ataupun pengguna lain dan memastikan tidak ada masalah. Ya, iOS 11 yang canggih pun tak lepas dari yang namanya masalah.

Makanya, berikut ini adalah pembahasan mengenai masalah pada iPhone dengan iOS 11 dan cara mengatasinya.

Masalah iPhone dengan iOS 11 dan Cara Mengatasinya

1. Tidak Bisa Terhubung ke Jaringan WiFi

masalah-ios-11-1

Beberapa pengguna melaporkan bahwa setelah meng-update iPhone dengan iOS 11, mereka tidak bisa terhubung ke jaringan WiFi. Jika itu terjadi pada kamu, langkah pertama yang bisa kamu lakukan ialah mengatur ulang jaringan.

Caranya buka Settings > General > Reset > Reset Network Settings. Pastikan juga bahwa router WiFi kamu tidak bermasalah dan coba deh hubungkan lagi.

2. Aplikasi Hilang atau Tidak Bekerja dengan Baik

masalah-ios-11-3

iOS 11 tidak lagi mendukung aplikasi 32-bit, akibatnya ribuan aplikasi di App Store tidak kompatibel dengan perangkat yang menjalankan iOS 11.

Setelah update iOS 11, kamu dapat memeriksa dengan cara buka Settings> General> About dan lihat pada bagian Aplications. Jika ada aplikasi yang tidak kompatibel maka akan muncul tanda. Selanjutnya, pastikan juga bahwa kamu telah meperbarui semua aplikasi ke versi yang terbaru.

5 Fitur iOS 11 Ini Bikin iPhone dan iPad Lebih Baik dari Android?
5 Fitur iOS 11 Ini Bikin iPhone dan iPad Lebih Baik dari Android?
5 Fitur iOS 11 Ini Bikin iPhone dan iPad Lebih Baik dari Android?
Baca

3. Daya Tahan Menurun Drastis

masalah-ios-11-3

Beberapa pengguna juga melaporkan bahwa daya tahan iPhone mereka menurun drastis. Sebelum mulai mengeluh, pertama buka Settings > Battery dan lihat apakah ada aplikasi yang jarang digunakan menguras baterai. Jika iya, hapus aplikasi tersebut.

Selanjutnya, buka Settings > General > Background App Refresh dan nonaktifkan sejumlah aplikasi yang menurut kamu tidak perlu berjalan di latar belakang.

4. Tombol Power Tidak Bekerja

masalah-ios-11-4

Setelah update iOS 11 dan ternyata tombol power tidak bekerja, jangan cemas karena kamu dapat mematikan smartphone lewat pengaturan. Caranya buka Setting > General dan gulir ke bawah lalu pilih menu "Shut down".

5. Control Center Muncul Saat Bermain Game

masalah-ios-11-5

Dengan Control Center, kamu memang bisa dengan mudah mengakses segala yang kamu inginkan dengan cepat. Makanya, pastikan kamu menyesuaikannya dengan buka Settings > Control Center > Customize Controls.

Lalu, jika saat bermain game dan tidak sengaja menggesek ke arah atas dan Control Center muncul tentunya bakal sangat mengganggu. Tapi tenang, kamu dapat menonaktifkan kemampuan Control Center untuk mengaksesnya dalam aplikasi di Settings > Control Center.

6. Foto Tidak Bisa Dibuka di PC Windows

masalah-ios-11-6

Di iOS 11, Apple menggunakan format gambar baru dengan format High Efficiency Image Format (HEIF) dengan simbol .heic sebagai ekstensinya. Fitur ini memang memungkinkan gambar yang memiliki kualitas sama dengan format JPEG dan H264 tapi dengan ukuran file lebih kecil.

iOS 11 juga menawarkan untuk secara otomatis mentransfer foto dan video dalam format yang kompatibel untuk Mac atau PC pengguna. Hal ini memang berguna jika kamu hanya ingin mentransfer iPhone ke laptop atau PC.

Sayangnya, jika kamu mem-backup foto ke cloud storage, seperti Google Drive dan Dropbox file tetap akan tersimpan dalam format HEIC. Sehingga jika kamu mengunduh ke PC, kamu membutuhkan aplikasi penampil gambar khusus untuk membuka foto koleksi kamu di iPhone.

7. Mati Total Setelah Update

masalah-ios-11-7

Sebelum update iOS 11, pastikan untuk melakukan backup menggunakan iTunes. Hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi, seperti mati total karena jaringan tidak stabil saat mengunduh file update yang diperlukan.

Jika itu terjadi, kamu tinggal melakukan restore dan meng-update kembali iPhone kamu menggunakan jaringan seluler atau WiFi yang stabil.

Akhir Kata

Itulah sejumlah masalah di iOS 11 dan cara mengatasinya. Setelah update iOS 11, biasanya memang membutuhkan beberapa waktu agar iPhone kamu bisa berjalan di iOS 11 dengan stabil. Kamu punya masalah lain di iOS 11?

Baca juga artikel seputar iPhone atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar