J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Manfaat Puasa Gadget Ketika Bulan Ramadhan, Bikin Ibadah Makin Afdol!

5 Manfaat Puasa Gadget Ketika Bulan Ramadhan, Bikin Ibadah Makin Afdol!

Kamis, 21 Mei 2020, 20:00 WIB
Gadget terbukti dapat memudahkan pekerjaan kita sehari-hari, namun gadget juga memiliki pengaruh negatif terutama di bulan puasa. Biar ibadah makin afdol, mending kamu puasa gadget aja, geng!

Tanpa kita sadari, gadget merupakan alat yang selalu kita genggam setiap saat. Apalagi ketika puasa, geng. Sambil menunggu berbuka, main gadget merupakan aktivitas yang paling umum dilakukan.

Gadget memang berfungsi untuk meringankan kerja sehari-hari. Namun, terlalu banyak menggunakan gadget juga nggak baik, lho. Kesehatanmu dan kondisi mental dapat terganggu seiring dengan intensitas penggunaan gadget.

Nah, mumpung lagi berpuasa, alangkah baiknya kita nggak cuma pantang makan dan minum saja, geng. Pantang menggunakan gadget berlama-lama juga wajib kamu coba.

5 Manfaat Puasa Gadget Ketika Bulan Ramadhan

Dalam artikel ini, Jaka akan membahas mengenai manfaat puasa gadget, apalagi di bulan Ramadhan seperti sekarang. Meskipun begitu, manfaat puasa gadget juga bisa kamu rasakan setiap hari.

Pasti kamu pernah membaca, kan, mengenai dampak buruk berada di depan gadget selama lebih dari 12 jam sehari? Bahkan, ada yang kabarnya kena gangguan jiwa karena keseringan main HP, lho.

Kalau kamu belum berminat untuk puasa gadget, mungkin beberapa manfaat yang akan Jaka jelaskan di bawah ini bakal bikin kamu tertarik. Penasaran? Yuk, simak sama-sama, geng!

1. Lebih Fokus Berpuasa

1 2ba4a

Kamu tahu nggak, sih, tujuan dari berpuasa? Selain menambah pahala dengan menahan hawa nafsu, puasa juga mengajarkan kamu untuk berempati kepada orang-orang yang kurang beruntung di luar sana.

Semenjak ada gadget, orang menganggap puasa hanya menahan lapar dan haus saja. Sejak bangun tidur, HP selalu ada di genggaman hingga kamu nggak sadar tiba-tiba sudah buka puasa.

Sebenarnya nggak ada yang salah, sih, dengan hal tersebut. Namun, semakin banyak waktu yang kamu habiskan di depan gadget, semakin nggak fokus kamu dalam merenungi makna ibadah puasa.

Kamu bisa mencoba mendalami Alquran atau menggunakan gadget-mu untuk mencari pengetahuan-pengetahuan baru, geng. Jangan cuma main game dan media sosial, yah.

2. Lebih Dekat dengan Keluarga

2 Df05d

Di bulan Ramadhan seperti sekarang terutama di masa PSBB, kita seringkali merasa terjebak di rumah. Yang biasanya Sahur on The Road atau buka bersama teman jadinya cuma bisa berpuasa di rumah.

Meskipun membosankan, namun kamu harus coba lihat sisi positifnya, geng. Kalau kamu jarang ketemu orang di rumah karena sibuk, waktu ini bisa kamu manfaatkan sebaik mungkin.

Banyak yang bilang kalau gadget itu mendekatkan yang jauh tapi juga menjauhkan yang dekat. Seringkali kita terlalu sibuk dengan gadget sehingga lupa sama keluarga yang ada di rumah.

Kamu bisa mendekatkan diri kepada keluargamu. Kamu bisa bantu ayah dan ibumu dalam mengerjakan pekerjaan rumah, atau main dengan saudara-saudaramu di rumah.

Apalagi sekarang sudah banyak aplikasi dan layanan streaming film-film bagus. Kamu jadi bisa nonton film bareng keluarga sekaligus ngobrol tanpa perlu menggunakan gadget sama sekali.

3. Meningkatkan Produktivitas

3 C7984

Meskipun gadget seringkali membantu kita dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan, namun seringkali gadget lah yang bikin kita jadi lama dalam mengerjakan sesuatu.

Coba, deh, sekarang kamu cek, berapa lama yang kamu habiskan dalam sehari untuk menggunakan gadget. Kemudian, bandingkan dengan durasi kamu mengakses media sosial dan bermain game.

Jaka yakin, sebagian besar waktu yang kamu gunakan di gadget adalah bukan untuk bekerja dan hal-hal produktif lainnya. Apalagi, kini kualitas game-game HP sudah hampir setara game konsol.

Meskipun sedang berpuasa, kita jangan jadi malas-malasan, geng. Justru bulan puasa, terlebih pada masa PSBB seperti sekarang, harusnya menjadi waktu untuk kita semakin produktif.

4. Mengurangi Kecanduan

4 C4619

Coba, deh, kamu perhatikan lingkungan sekitarmu. Sejak kecil, anak-anak zaman sekarang sudah diberi akses untuk menggunakan gadget.

Beda banget dengan zaman dahulu di mana anak-anak masih sering main ke luar bersama teman-temannya. Selain bermain, mereka juga belajar mengenai sosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Ada banyak kasus-kasus kecanduan gadget yang dimiliki oleh masyarakat zaman sekarang. Teknologi yang memudahkan malah bikin kita jadi ketergantungan.

Coba, deh, sekali-kali kamu kurangi penggunaan gadget-mu. Kamu bakal merasakan manfaatnya kepada kesehatan mental dan juga fisik, lho.

5. Menjauhi Dosa

5 F2621

Manfaat puasa gadget yang terakhir di bulan Ramadhan adalah menjauhi dosa. Gadget dan internet kini merupakan dua hal yang tidak bisa terpisahkan.

Ada banyak hal positif yang bisa kamu dapat dari kedua hal tersebut. Namun, jangan lupa kalau internet juga memiliki konten-konten negatif.

Kamu juga bisa batal karena main gadget, lho. Misalnya saja kamu marah-marah ketika main game atau buka situs dan aplikasi dewasa yang menggoyahkan iman.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 5 manfaat puasa gadget ketika bulan Ramadhan. Meskipun manfaatnya nggak langsung terasa, namun bila kamu rutin melakukan, ibadah puasa kamu dijamin makin baik, deh!

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka lainnya. Jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar di kolom yang telah tersedia ya, geng!

Baca juga artikel seputar Ramadhan atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Meme Bulan Ramadhan Banner

20 Meme Sambut Bulan Ramadhan Paling Kocak Bikin Gak Sabar Puasa

Download Lagu Ramadhan Terbaru B4750

50+ Kumpulan Lagu Ramadhan Terbaik & Terbaru 2020, Bikin Hati Sejuk!

Masjid Banner

4 Aplikasi Terbaik yang Bisa Digunakan Kaum Muslim di Bulan Ramadhan

A21 2e090

5 Aplikasi yang WAJIB Kamu Persiapkan Saat Memasuki Bulan Ramadhan

Ucapan Selamat Puasa Ea16c

70+ Ucapan Selamat Puasa Ramadhan Terbaru 2020, Kirim Sekarang Yuk!

Mobile Legends Haram 8cd3b

Mobile Legends Haram Dimainkan Saat Ramadhan! Ini 5 Alasannya

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
5 Tips Membeli Gadget Baru dengan Uang THR, Biar Gak Auto Misqueen!

5 Tips Membeli Gadget Baru dengan Uang THR, Biar Gak Auto Misqueen!

Awas! 7 Kesalahan Pada Gadget Ini Bisa Bikin Liburan Gagal

Awas! 7 Kesalahan Pada Gadget Ini Bisa Bikin Liburan Gagal

10 Gadget yang Wajib Dibawa Saat Mudik Lebaran, Biar Makin Seru!

10 Gadget yang Wajib Dibawa Saat Mudik Lebaran, Biar Makin Seru!

70+ Ucapan Selamat Puasa Ramadhan Terbaru 2020, Kirim Sekarang Yuk!

70+ Ucapan Selamat Puasa Ramadhan Terbaru 2020, Kirim Sekarang Yuk!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal