J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Makhluk Paling Berbahaya di Muka Bumi | Ada yang dari Indonesia!

Jumat, 22 Jan 2021, 20:00 WIB
Kamu harus berhati-hati jika bertemu hewan-hewan ini. Pasalnya, mereka mendapatkan predikat sebagai mahkluk paling berbahaya di Bumi!

Tidak hanya manusia, Bumi juga diisi oleh berbagai jenis hewan. Ada yang mudah ditemukan, ada juga yang sangat langka dan nyaris punah. Beberapa di antaranya ada yang sangat indah, tapi sebagian yang lain dikenal menakutkan.

Biasanya, hewan-hewan tersebut ditakuti karena memiliki racun yang bukan hanya dapat melumpuhkan hewan lain, melainkan juga manusia. Bahkan, efeknya bisa sampai ke tahap kematian.

Namun, tidak semuanya adalah hewan karnivora besar seperti yang selama ini kamu bayangkan. Ada juga, loh, hewan-hewan kecil yang tampilannya cantik, tapi sebenarnya sangat mematikan.

Nah, berbeda dengan misteri sains yang tidak terpecahkan, kamu akan tahu alasan hewan-hewan di bawah ini disebut sebagai makhluk paling berbahaya di Bumi. Penasaran? Yuk, cek penjelasan berikut.

1. Bull Shark

Bull Shark 5a8c3

Meskipun tidak seperti hiu megalodon yang berukuran sangat besar atau setenar hiu putih, tapi bull shark atau hiu banteng tidak kalah menyeramkan.

Hal ini dikarenakan mereka bisa menyeberang dari air laut ke air tawar. Selain itu, hiu banteng bisa bertahan hidup di perairan dangkal, bahkan hanya sedalam 1 meter. Artinya, mereka lebih sering bertemu dengan manusia dibanding jenis hiu lainnya.

Sesuai namanya, predator ini menggunakan keganasannya untuk mendapatkan mangsa. Hiu banteng bisa menggigit dengan kekuatan lebih dari 5.900 newton, membuatnya menjadi hewan yang menakutkan.

2. Marbled Cone Snail

Cone Snail 66748

Percaya tidak kalau siput bisa menjadi makhluk yang berbahaya? Meskipun terlihat indah dengan cangkangnya yang bermotif marmer, tapi marbled cone snail memiliki racun yang mematikan.

Padahal, hewan ini hanya berukuran 3 sampai 5 inci. Namun, mereka memiliki semacam belalai yang dilengkapi dengan gigi tajam berbentuk harpoon gun dan biasa digunakan untuk menyengat mangsanya.

Pasca mengeluarkan racun, conotoxins yang mengandung amino akan memblokir sinapsis antara otot dan organ, membuat musuhnya mengalami paralisis. Bergantung pada racun yang dikeluarkan, efeknya akan terasa pada jantung atau saluran otot, atau keduanya.

3. Brazilian Wandering Spider

Brazilian Wandering Spider E6a16

Laba-laba pengembara Brazil tergolong dalam genus Phoneutria yang dalam bahasa Yunani berarti "pembunuh". Kamu yang menderita arachnophobia maupun tidak pasti dibuat ketakutan dengan hewan ini.

Tidak seperti laba-laba lain yang membuat jaring-jaring, makhluk yang biasa ditemukan di hutan ini mengintai mangsa dari tanah. Selain memiliki eksoskeleton (kerangka eksternal), gigitan mereka yang mengandung racun menjadi kombinasi yang tepat untuk mempertahankan diri dan berburu.

Jika terkena gigitan laba-laba pengembara Brazil, kamu tidak akan menjadi superhero paling populer Spider Man. Malah, racunnya akan menyerang sistem neuromuscular yang menyebabkan sesak napas dan kelumpuhan.

4. Pufferfish

Pufferfish 14c22

Bagi kamu yang gemar menonton kartun Nickelodeon terbaik SpongeBob SquarePants, pasti kamu sudah tidak asing dengan karakter Nyonya Puff. Meskipun terkesan lucu ketika sedang menggembung, tapi ternyata pufferfish atau ikan buntal sangat berbahaya bagi manusia, loh.

Ikan ini mengandung racun bernama tetrodotoxin yang seribu kali lebih mematikan dibanding sianida. Bahkan, satu ikan buntal dapat membunuh hingga 30 manusia. Pasalnya, racun tersebut dapat menyebabkan sesak napas.

Meskipun demikian, hewan yang di Jepang dikenal sebagai fugu ini sering dijadikan bahan makanan mewah. Dagingnya memang tidak beracun, tapi sebanyak 50 orang harus dirawat di rumah sakit setiap tahunnya akibat makan ikan buntal.

5. Blue Ringed Octopus

Blue Ringed Octopus Dd90f

Hewan yang terlihat cantik bisa jadi justru yang paling mematikan, contohnya gurita cincin biru. Biasa ditemukan di Samudra Pasifik, ukurannya tidak lebih dari 5 inci. Namun, sama seperti ikan buntal, gurita ini mengandung tetrodotoxin.

Kamu tidak butuh gigitan maupun sengatan untuk merasakan akibatnya, karena seluruh tubuh gurita cincin biru dilapisi oleh racun tersebut. Masalahnya, hingga kini belum ada penangkalnya.

Namun, ternyata kulitnya yang bermotif tersebut bukan untuk menarik perhatian, loh, melainkan melindungi diri dari predator. Unik juga, ya.

6. Black Mamba

Black Mamba Ea7d4

Ular ini dinamai mamba hitam bukan karena kulitnya, melainkan warna bagian dalam mulutnya. Hewan yang dapat ditemukan di Afrika Sub-Sahara ini sering merasa terancam, sehingga sifatnya agresif.

Racunnya mengandung neurotoxin dan dapat melumpuhkan badan. Hanya butuh dua tetes untuk membunuh manusia dewasa. Sekali gigit, Mamba hitam bisa mengeluarkan racun dalam jumlah yang lebih banyak dibanding jenis ular lainnya.

Selain itu, mereka dapat melata hingga 12 mil/jam atau 19 km/jam, lebih cepat dari kebanyakan manusia. Kelebihan ini tentunya sangat berguna bagi mamba hitam untuk menangkap mangsa mereka.

7. Komodo

Komodo A747c

Menjadi jenis kadal terbesar, komodo yang merupakan hewan asli Indonesia sudah ada sejak masa prasejarah. Hewan ini terkenal cerdas dan memiliki metode perburuan yang mematikan.

Komodo akan menggigit mangsanya untuk menyalurkan racun antikoagulan yang terdapat pada giginya. Selanjutnya, racun tersebut akan menyerang sensor motorik mangsa komodo hingga menyebabkan mereka menjadi lemah.

Pada detik-detik terakhir, komodo akan menyayat mangsanya yang sudah tidak berdaya dengan kukunya yang tajam dan mulai memakannya. Mirip seperti yang ada di film hewan buas!

Akhir Kata

Itu dia mahkluk-makhluk paling berbahaya di Bumi. Beberapa di antaranya memang dikenal sebagai spesies yang ditakuti, tapi beberapa yang lain justru terlihat menipu dengan tampilannya yang unik dan kecil. Nah, menurutmu mana yang paling mematikan di antara semuanya?

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
7 Penemu Yang Terbunuh Oleh Temuannya Sendiri Inovasi Berujung Petaka 52bc6
7 Penemu yang Terbunuh oleh Temuannya Sendiri, Inovasi Berujung Petaka!
Untitled Design 2021 01 08t141318 030 53e40
Bumi Berputar Lebih Cepat Dibanding 50 Tahun Terakhir, Apakah Terasa?
Makhluk Mitologi Islam 18d90
5 Hewan yang Awalnya Tidak Dipercaya Ada | Ada yang Asli Indonesia!
Momen Bersejarah Yang Tertangkap Kamera B7c15
5 Momen Paling Bersejarah yang Tertangkap Kamera, Kelam & Sadis!
Page123 Dbe78
5 Kebohongan Sejarah yang Menipu Manusia, Jangan Percaya Dulu!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal