Awas Bikin Fobia, 5 Lukisan Paling Mengerikan yang Pernah Dibuat Manusia!

Default

Membahas karya seni memang nggak bakal ada habisnya. Selain memiliki nilai estetika yang tinggi, karya seni juga menyimpan pesan filosofisnya masing-masing.

Nah, karya seni sendiri dibuat dengan berbagai macam bentuk serta rupa. Ada yang nampak elok dan indah jika dilihat, namun ada juga yang menampilkan gambar mengerikan atau bahkan berdarah-darah.

Sepanjang sejarah, ada beberapa karya seni, khususnya lukisan, yang sengaja dibuat dengan sangat mengerikan dan kejam. Bahkan buat kamu yang punya fobia tertentu, melihat lukisan tersebut bisa memicu fobiamu kambuh.

Maka dari itu, dalam artikel ini Jaka akan membahas deretan lukisan paling mengerikan yang pernah dibuat. Hati-hati, jangan sampai ke-triggered!

1. Severed Heads - Theodore Gericault

Lukisan Mengerikan 1 Custom B83cc

Theodore Gericault memang terkenal dengan karya seninya yang menyeramkan dan sadis. Mungkin jika Gericault hidup pada zaman sekarang, ia bakal banyak berkecimpung dalam membuat film-film sadis atau psikopat.

Salah satu karya lukisannya yang paling menyeramkan berjudul "Severed Heads". Dilukis pada tahun 1810, lukisan ini menggambarkan 2 kepala manusia yang habis dipenggal.

Secara singkat, lukisan tersebut hendak memberi pesan pada kita mengenai perjalanan dari kehidupan menuju kematian. Kepala sang wanita yang mengarah ke sang pria mau menunjukkan bahwa pada akhirnya, semua orang akan mati. Perkara kapan, itu terserah Sang Pencipta ......

2. Dante and Virgil - William-Adolphe Bouguereau

Lukisan Mengerikan 2 Custom 37778

Sekilas jika kamu melihat lukisan tahun 1850 ini nampak biasa saja. Namun, ketika kamu melihat background lukisan ditambah mengetahui kisah di baliknya, dijamin bulu kudukmu langsung berdiri.

Berdasar puisi naratif Divine Comedy garapan Dante Alighieri, William-Adolphe Bouguereau berhasil mengilustrasikan pemandangan Neraka, lengkap dengan iblis dan kehidupannya yang mengerikan.

Bahkan, di sana kamu bisa melihat sosok Dante dan malaikat pelindungnya sedang menyaksikan pertunjukan jiwa manusia yang saling bertarung sampai mati. Mengerikan!

3. Judith Beheading Holofernes - Artemisia Gentileschi

Lukisan Mengerikan 3 Custom 3a03b

Jika di-Bahasa Indonesia-kan, terjemahannya adalah "Yudit memenggal Holofernes". Digarap tahun 1620 oleh Artemisia Gentileschi, ia berhasil mengilustrasikan kejadian dalam Alkitab dengan tepat, sekaligus ngeri.

Singkatnya, lukisan tersebut mengisahkan Yudit, seorang janda cantik, yang diizinkan masuk tenda oleh Jenderal Holofernes, tokoh militer yang nyaris menghancurkan kampung halamannya Yudit.

Kemudian, sang jenderal dibuat mabuk hingga tak sadarkan diri. Saat itulah, Yudit memenggal kepala Jenderal Holofernes. Kepalanya pun dimasukkan ke dalam keranjang. Mengerikan!

4. The Face Of War - Salvador Dali

Lukisan Mengerikan 4 Custom 9c24b

Lukisan "The Face Of War" dilukis oleh seniman surrealist Salvador Dali pada tahun 1940 di California. Lukisan ini dibuat pada masa Perang Dunia II, persis penggambarannya seperti film-film perang terbaik.

Dalam lukisan tersebut tergambar jelas jasad kepala manusia yang membusuk, lengkap dengan serangga-serangga yang berada di sekitarnya.

Pelukis asal Spanyol tersebut hendak menjelaskan betapa buruknya situasi perang serta dampaknya bagi umat manusia. Ia berharap dengan lukisan tersebut, perang segera berakhir.

5. The Massacre Of The Innocents - Peter Paul Rubens

Lukisan Mengerikan 5 Custom 49a8c

Dilukis pada tahun 1610 oleh Peter Paul Rubens, lukisan yang jika di-Bahasa Indonesia-kan menjadi "Pembantaian Kanak-Kanak Suci" ini menggambarkan tragedi pembantaian bayi-bayi nggak bersalah oleh Herodes, penguasa Israel yang hidup waktu Yesus Kristus lahir.

Beberapa kali jadi inspirasi pembuatan film Natal terbaik, tragedi mengerikan tersebut berhasil dilukiskan dengan jelas oleh Rubens, lengkap dengan penggambaran kekejian prajurit Israel yang merebut para bayi dari ibunya.

Yang lebih sadis, kamu bisa melihat bayi-bayi tersebut bergelimpangan di lantai sambil bercucuran darah. Bikin auto nangis lihatnya!

Akhir Kata

Itulah tadi pembahasan khusus Jaka mengenai lukisan paling mengerikan yang pernah dibuat manusia. Gimana menurutmu, geng?

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal