5 Ledakan Terburuk dalam Sejarah, Renggut Puluhan Ribu Jiwa!

5 Ledakan Terburuk dalam Sejarah, Renggut Puluhan Ribu Jiwa!

Ada banyak kejadian buruk yang tercatat dalam sejarah dunia. Salah satunya adalah berbagai insiden ledakan dahsyat yang terjadi di berbagai negara beberapa tahun silam.

Ledakan yang terjadi disebabkan oleh beragam faktor, mulai dari kelalaian manusia hingga bencana alam yang memang tidak bisa dihindari.

Saking dahsyatnya, ledakan-ledakan tersebut sampai memakan banyak korban jiwa dan menimbulkan kerusakan parah pada wilayah di sekitar terjadinya ledakan.

Nah, kali ini Jaka bakal mengulas beberapa ledakan terburuk dalam sejarah yang salah satunya terjadi di Indonesia. Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

1. Ledakan Tianjin, China

Exp1 Custom Bb7e5

Pada Agustus 2015, ledakan terjadi di sebuah stasiun penyimpanan kontainer di Pelabuhan Tianjin, China. Dua ledakan pertama terjadi di tempat berbeda selama 30 detik.

Berdasarkan data dari China Earthquake Networks Centre, ledakan bahan kimia pertama berkekuatan setara dengan 3 ton bom TNT. Bahkan, ledakan kedua setara dengan ledakan 21 ton bom TNT.

Tercatat, korban jiwa mencapai 17 orang, 400 orang terluka, dan 32 di antaranya kritis. Ledakan itu juga menghanguskan dan memecahkan kaca pada hampir semua apartemen di sekitarnya.

2. Ledakan di Texas, Amerika Serikat

Exp2 Custom 2d962

Dilansir New York Times, kapal kargo SS Grandcamp yang membawa 2.300 ton amonium nitrat terbakar dan meledak di pelabuhan Texas City pada 1947.

Ledakan amonium nitrat, yakni senyawa yang digunakan dalam pupuk dan bahan peledak tinggi, ikut meledakkan 2 pesawat yang sedang terbang.

Tidak hanya itu, ledakan juga memicu reaksi berantai yang meledakkan kilang minyak di dekatnya. Sebuah kapal kargo yang membawa 1.000 ton amonium nitrat juga ikut meledak.

Ledakan beruntun ini bahkan menewaskan setidaknya 581 orang hingga disebut sebagai kecelakaan industri terburuk dalam sejarah Amerika Serikat.

3. Ledakan di Pelabuhan Halifax, Kanada

Exp3 Custom Dfd37

Sebelum Texas, ledakan kapal lebih dahulu terjadi di Pelabuhan Halifax, Kanada, pada 1917. Insiden bermula saa sebuah kapal kargo Perancis membawa bahan peledak untuk Perang Dunia I.

Tapi, secara tidak sengaja kapal tersebut bertabrakan dengan kapal Belgia hingga menimbulkan meledak dengan kekuatan yang sangat dahsyat, yakni setara 3 kiloton TNT.

Ledakan tersebut menimbulkan kepulan asap putih setinggi 6.100 meter dan memicu tsunami setinggi 18 meter. Kerusakan terjadi hingga sekitar 2 km dari pusat ledakan.

Akibat ledakan tersebut, sekitar 2.000 orang tewas dan 9.000 orang terluka. Ledakan itu pun kabarnya merupakan ledakan kecelakaan buatan manusia terbesar di dunia.

4. Ledakan Reaktor Nuklir Chernobyl, Ukraina

Exp4 Custom E4eb7

Insiden ledakan nuklir terburuk di dunia salah satunya terjadi pada tahun 1986 di Chernobyl, Ukraina, yang saat itu masih menjadi bagian dari Uni Soviet.

Insiden ini meledakkan sekitar 2.000 ton reaktor. Akibatnya, dampak radioaktif dari ledakan tersebut dikabarkan 400 kali lebih parah daripada bom Hiroshima.

Ledakan ini menyebabkan sekitar 600 ribu orang terpapar radiasi dosis tinggi, dan lebih dari 350 ribu orang harus dievakuasi. Bahkan, lebih dari 77 ribu mil persegi Eropa tercemar.

Chernobyl menjadi salah satu tempat mengerikan yang digunakan untuk syuting film Chernobyl Diaries. Film ini terinspirasi dari kekelaman kota kecil tersebut.

5. Letusan Gunung Tambora, Indonesia

Exp5 Custom 96316

Salah satu ledakan terbesar di dunia terjadi pada tahun tahun 1815. Ledakan ini berasal dari letusan Gunung Tambora di Pulau Sumbawa, Indonesia.

Total volume yang dikeluarkan mencapai 150 kilometer kubik atau 150 miliar meter kubik. Letusan bahkan terdengar sejauh 2.600 km, dan abu jatuh sejauh 1.300 km.

Sedikitnya 71 ribu orang meninggal karena letusan ini. Sekitar 10 ribu orang tewas secara langsung akibat letusan, sedangkan sisanya karena bencana kelaparan dan penyakit.

Jika kehancuran di sekitar Tambora disebabkan terpaan awan panas, kematian massal berskala global justru disebabkan pendinginan Bumi pasca-letusan.

Anomali iklim global akibat letusan ini menyebabkan penurunan suhu bumi hingga mencapai 0,4 derajat celsius. Tahun berikutnya yakni 1816 disebut sebagai tahun tanpa musim panas.

Akhir Kata

Nah, itu tadi ulasan mengenai 5 ledakan terbesar dalam sejarah yang salah satunya terjadi di Tanah Air. Ledakan tadi menimbulkan dampak yang begitu besar.

Saking dahsyatnya, banyak korban berjatuhan akibat ledakan tadi. Belum lagi kerusakan lingkungan yang terjadi pasca-ledakan yang sangat dahsyat tadi.

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT
Pembunuh Berantai Yang Bebas Berkeliaran D4201
5 Pembunuh Berantai yang Bebas Berkeliaran, Sampai 300 Korban!
A Inter 1 5cd6d
7 Film dengan Teori Sains Paling Akurat, Plotnya Kelewat Jenius!
7 Penemu Yang Terbunuh Oleh Temuannya Sendiri Inovasi Berujung Petaka 52bc6
7 Penemu yang Terbunuh oleh Temuannya Sendiri, Inovasi Berujung Petaka!
Momen Bersejarah Yang Tertangkap Kamera B7c15
5 Momen Paling Bersejarah yang Tertangkap Kamera, Kelam & Sadis!
Film Aktor Membunuh Orang Lain 7d68d
Biadab! 7 Aktor Ini Membunuh Orang Lain, Aktor Marvel Termasuk!
Tautan berhasil disalinX
x