• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Lebih Baik Beli HP Flagship atau Kamera Digital Profesional? Ini Jawabannya!

Lebih Baik Beli HP Flagship atau Kamera Digital Profesional? Ini Jawabannya!

Minggu, 10 Nov 2019, 12:00 WIB
Fotografer pemula yang bukan sultan harus pintar memilih, geng! Di sini Jaka mau menjawab pertanyaan lebih baik beli HP kamera bagus atau kamera digital?

Hidup menjadi rakyat jelata itu adalah hidup penuh pilihan, geng, karena keterbatasan dana membuat kita nggak bisa beli semuanya.

Mau beli kemeja baru atau celana baru dulu? Hemat biar bisa menabung untuk beli mobil atau terus naik ojek online?

Sebagai rakyat jelata memang harus selalu bisa memikirkan prioritas, terutama buat kalian yang memiliki hobi bermodal tinggi seperti fotografi.

Sudah banyak banget sekarang HP yang memiliki kemampuan fotografi tinggi. Tapi apakah HP tersebut bisa menggantikan posisi kamera digital?

Lebih Baik Beli HP Kamera Bagus atau Kamera Digital?

Dengan kepopuleran media sosial seperti Instagram, nggak heran melihat hobi fotografi saat ini sangat diminati.

Kalau liburan pasti disertai dengan banyak foto-foto dokumentasi juga, kan? Tapi buat menghasilkan foto bagus itu nggak murah loh, geng.

Kalian bisa menggunakan HP flagship dengan kamera mumpuni seperti Huawei P30 Pro atau menggunakan kamera digital seperti kamera mirrorless.

Nah, untuk membuat pilihan kalian jadi lebih mudah, di sini Jaka mau menjawab pertanyaan lebih baik beli HP kamera bagus atau kamera digital?.

1. Masalah Kemudahan

Camera Phone 5d965

Dalam masalah kemudahan, tentunya menggunakan HP kamera itu jauh lebih nyaman karena kalian hampir nggak mungkin bepergian tanpa membawa HP.

Meskipun kalian menggunakan kamera point and shoot yang paling mungil sekalipun, kalian tetap harus menyisakan ruang lebih untuk kamera tersebut.

Apalagi kalau kalian memutuskan untuk membeli kamera DSLR atau kamera mirrorless dengan lensa tambahan, pasti bikin tambah ribet.

Selain itu, membawa kamera mahal akan mengharuskan kalian untuk menggunakan tas kamera yang tentunya akan menambah beban kalian juga.

Ronde 1: Handphone

2. Fleksibilitas

Multiple Lenses 80eed

Kalau kalian hanya ingin mengambil foto di siang hari dengan subjek yang tidak bergerak, kamera di HP kalian masih mencukupi.

Tapi, kalau kalian tertarik dengan fotografi di malam hari atau dengan subjek yang bergerak dengan cepat seperti saat nonton MotoGP, HP kalian nggak akan sanggup.

Makanya sekarang banyak banget HP yang menggunakan lebih dari dua kamera agar bisa digunakan dalam berbagai situasi dan itupun masih jauh dari sempurna, geng.

Berbeda dengan kamera HP, kamera digital jauh lebih fleksibel karena memiliki sensor yang jauh lebih besar dan lensa yang lebih bagus.

Ronde 2: Kamera Digital

3. Kualitas Gambar

Pic Quality 07b70

Hal ini masih terkait dengan poin sebelumnya, geng, di mana kualitas foto dari kamera HP itu tergantung dengan situasi.

Kalau kalian pernah melihat pemenang iPhone Photography Awards, bisa dilihat bahwa iPhone memiliki kemampuan fotografi yang nggak bisa diremehkan, geng.

Masalahnya, secanggih apapun kamera yang ada di HP kalian, nggak akan pernah bisa memiliki kualitas yang setara dengan kamera digital yang memiliki sensor yang jauh lebih besar.

Kualitas foto itu sangat tergantung dengan jumlah cahaya yang bisa ditangkap dan sama sekali nggak bisa diganggu gugat.

Hal ini jelas membuat kamera digital memiliki kualitas gambar yang lebih baik dibandingkan HP dengan kamera terbaik manapun.

Pilihan lensa yang beragam dan bukaan lensa yang besar membuat kamera digital baik DSLR maupun Mirrorless dapat bekerjal lebih baik dibandingkan kamera HP.

Ronde 3: Kamera Digital

4. Fitur Image Sharing

Insta App 2e098

HP itu fungsi utamanya adalah sebagai alat komunikasi. Jadi nggak heran kalau image sharing itu jauh lebih mudah di HP.

Kalian bisa langsung upload foto atau video ke berbagai akun media sosial kamu seperti Instagram, Facebook maupun Twitter.

Selain itu, kalian bisa langsung menggunakan aplikasi seperti WhatsApp untuk mengirim foto secara privat dan Google Drive untuk menyimpan foto di cloud.

Sedangkan untuk kamera digital, kalian akan membutuhkan bantuan alat lainnya seperti laptop, komputer, atau HP untuk bisa mengupload foto yang kalian ambil.

Ronde 4: Handphone

5. Fitur Image Editing

Snapseed 87ca1

Sama seperti poin di atas, geng, image editing itu jauh lebih mudah di HP karena aplikasi edit foto banyak pilihannya dan beragam.

Selain itu, semua kamera digital yang Jaka tau memiliki layar yang lebih kecil dibandingkan layar HP. Jadi, kalau kamu mau mengecek hasil jepretan kalian secara detail juga susah.

Memang aplikasi edit foto di HP itu nggak selengkap yang ada di komputer tetapi untuk penggunaan kasual, menurut Jaka sudah lebih dari cukup.

Ronde 5: Handphone

6. Kontrol Manual

Manual Mode 0e88a

Kalau kalian nggak mengerti apa kegunaan fungsi shutter speed, white balance, ISO, dkk, kalian kemungkinan nggak akan peduli dengan kontrol manual.

Tapi, buat kalian yang punya preferensi tertentu dalam mengambil foto, kalian pasti berterima kasih untuk kamera digital yang memiliki kontrol manual lebih lengkap.

Di aplikasi kamera HP memang ada fitur kontrol manual tapi opsi yang disediakan masih terbatas dibandingkan kamera mirrorless atau DSLR, geng.

Selain itu, banyak kamera yang juga menyediakan fitur viewfinder yang akan sangat memudahkan kalian dalam menentukan komposisi saat pengambilan gambar.

Ronde 6: Kamera Digital

7. Harga

Price Tag 5e607

Nah, yang satu ini pasti sudah kalian tunggu-tunggu, kan? Cukup dengan modal Rp4 jutaan saja, kalian sudah bisa membawa pulang kamera DSLR loh, geng.

Dengan harga segitu, kamu sudah bisa mendapatkan pilihan kamera digital dengan kualitas gambar di atas HP flagship.

Menurut Jaka, kalau kalian membeli HP mahal untuk mendapatkan kamera bagus, kalian secara tidak langsung cuma buang-buang duit karena tersedia pilihan yang lebih baik.

Lebih baik kalian beli HP Rp3 jutaan dan kamera dengan range Rp5 jutaan karena kalian bisa menangkap gambar yang lebih baik dibandingkan HP flagship paling mumpuni.

Ronde 7: Kamera Digital

Akhir Kata

Itulah, geng, jawaban Jaka untuk pertanyaan lebih baik beli HP kamera bagus atau kamera digital? Memang tipis, tapi hasilnya menunjukkan kalau kamera digital itu pilihan yang lebih baik.

Tapi perlu dicatat kalau kamera itu cuma sekadar alat dan hasil jepretan kalian akan tergantung ke kemampuan kalian dalam menggunakan alat tersebut.

Bagaimana pendapat kalian tentang argumen Jaka? Apa kalian punya pendapat sendiri? Share di kolom komentar ya, geng!

Baca juga artikel seputar Smartphone atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Edit Foto Banner 08061

10 Aplikasi Edit Foto Jadi Bokeh dan Blur di Android, Gak Perlu Kamera DSLR!

Aplikasi Kamera Selfie Banner 71522

10 Aplikasi Kamera Selfie Terbaik 2019 | Hasilnya Mantap Jiwa!

Aplikasi Slow Motion Video Android Terbaik 2020 Banner E4d6d

10 Aplikasi Slow Motion Android Terbaik 2020, Bikin Video TikTok Keren!

Hp Kamera Terbaik 2020 Banner 103f5

15 HP Kamera Terbaik 2020 versi DxOMark, Hasil Foto Memukau!

Meme Iphone 11 Banner Bdff3

10 Meme Kocak iPhone 11 Bully-an Netizen, Itu Kamera Apa Fidget Spinner?

Kamera Pocket Terbaik 2019 Banner Ec4ac

10 Kamera Pocket Murah Terbaik di 2019 Harga Mulai Rp1 Jutaan | Cocok Buat Nge-Vlog!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal