Apakah Mungkin Menjalankan Komputer Tanpa RAM?

26 May 2017

Bahasan tentang komputer memang tidak pernah ada habisnya untuk dibicarakan. Tapi, pernahkah kamu berpikir apakah mungkin menjalankan komputer tanpa RAM? Coba bayangkan, seperti apa komputer berjalan tanpa RAM ya?

Untuk itu, Jaka mau membahas tentang hal tersebut. Untuk membuatnya semakin jelas apakah komputer atau laptop itu bisa berjalan tanpa RAM. Kira-kira, tebakan kamu apa ya?

Apakah Mungkin Menjalankan Komputer Tanpa RAM?

komputer tanpa ram 1

Jika kamu benar pernah menyakan hal tersebut, berarti ketahuan kalau kamu kurang paham seperti apa komputer itu. Sebab, komputer yang menyematkan prosesor seperti Intel, itu tidak bisa berjalan tanpa menggunakan RAM. RAM merupakan tempat agar CPU bisa memerintahkannya untuk membaca dan menulis data.

Apabila kamu benar pernah bertanya akan hal tersebut, itu sama saja seperti menanyakan apakah mobil bisa berjalan tanpa ban. Sekalipun bisa, berarti itu adalah mobil eksperimen, bukan mobil biasa. Dan hal ini juga berlaku terhadap komputer brader.

Apa Jadinya Jika Memang Komputer Bisa Berjalan Tanpa RAM?

komputer tanpa ram 2

Kalau kita berandai-andai, apabila komputer itu benar bisa berjalan tanpa RAM, maka dijamin itu akan menjadi komputer paling lemot di dunia yang ada saat ini. Jadi, gak akan bisa kamu andalakan sedikitpun deh.

Dulu, ada yang disebut dengan Drum Computer seperti IBM 650, itu menggunakan drum magnetik sebagai memori kerja (bukan RAM) tetap bisa berjalan. Tapi, performanya sangat menyedihkan jika dibandingkan komputer zaman sekarang.

Itu dia penjelasan apakah komputer bisa berjalan tanpa RAM atau tidak. Pastikan juga kamu membaca artikel terkait Komputer atau tulisan menarik lain dari Jofinno Herian.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar