J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Kesalahan Besar Film Adaptasi Komik | Malah Bikin Filmnya Sukses?

Senin, 19 Okt 2020, 18:00 WIB
Film-film adaptasi komik di bawah ini dianggap nggak sesuai dengan versi komiknya, sehingga bikin kecewa penggemar. Kok bisa? Temukan jawabannya di bawah!

Sebuah film bisa berasal dari ide original si filmmaker maupun dari sumber yang sudah ada. Selain diadaptasi dari novel, banyak juga film yang diadaptasi dari buku komik.

Kebanyak dari film-film tersebut bertema superhero, yaitu dari jagat Marvel dan DC. Sebagai film adaptasi, tentunya jalan cerita yang terjadi di film didasarkan pada komiknya.

Sebenarnya, versi film sah-sah saja jika memberikan perbedaan dari versi komiknya, namun jangan sampai melenceng terlalu jauh dari sumber originalnya. Bisa-bisa diprotes para penggemar!

Nah, 7 film adaptasi komik di bawah ini melakukan kesalahan karena dianggap terlalu berbeda dari versi komiknya. Penasaran? Yuk, simak penjelasan berikut.

7 Hal dari Film Adaptasi Komik yang Mengecewakan

Dalam satu dekade terakhir, semakin banyak film yang diadaptasi dari buku komik. Salah satunya bahkan menjadi film dengan pendapatan terbesar sepanjang masa, yaitu Avengers: Endgame (2019).

Meskipun demikian, nggak mudah mengadaptasi komik menjadi film. Salah sedikit saja, maka para penggemar komiknya akan memberikan respons negatif.

Begitu pula dengan film-film adaptasi komik di bawah ini yang nggak lepas dari berbagai kritik karena dianggap nggak sesuai dengan versi originalnya.

1. Captain America: Civil War (2016)

Captain America Civil War 99ce3

Pada dua film prekuelnya, Peggy Carter selalu digambarkan sebagai perempuan yang dicintai oleh Steve Rogers. Nggak heran jika Rogers masih mengunjungi Peggy yang sudah lanjut usia di film Captain America: The Winter Soldier (2014), dan merasa terpukul ketika mendengar berita kematiannya pada awal film Civil War.

Oleh karena itu, para penggemar dibuat bingung ketika Rogers mencium Sharon Carter yang nggak lain adalah keponakan Peggy. Ciuman ini bahkan terjadi nggak lama setelah upacara pemakaman Peggy.

Meskipun Sharon sudah muncul dan berinteraksi dengan Rogers di film The Winter Soldier, namun romansa antara mereka berdua terasa dipaksakan, geng.

2. Fantastic Four: Rise of the Silver Surfer (2007)

Fantastic Four Rise Of The Silver Surfur 5c89d

Selama ini sudah banyak villain dari komik Marvel yang diangkat ke layar lebar. Beberapa di antaranya disukai oleh para fans, namun sebagian yang lain justru terkesan flop.

Salah satunya adalah Galactus. Padahal, karakter ini adalah salah satu yang terkuat dan paling disukai oleh para penggemar komik Marvel. Sayangnya, pihak studio produksi film ini malah membuatnya menjadi awan.

Ya, Galactus yang seharusnya memiliki wujud sebagai humanoid raksasa malah berwujud sebagai awan tanpa emosi. Kalau begini, apakah masih cocok disebut sebagai villain?

3. X-Men Origins: Wolverine (2009)

X Men Origins Wolverine Ea3b0

Meskipun X-Men Origins: Wolverine nggak menjadi favorit banyak orang, namun salah satu kesalahan paling buruk di film ini adalah mengubah fisik Wade Wilson hingga menjadi nggak dikenali.

Tokoh yang juga dikenal dengan nama Deadpool ini nggak tampak seperti versi komiknya, geng. Selain karena nggak menggunakan kostum merahnya yang khas, mulut karakter yang diperankan oleh Ryan Reynolds ini dijahit hingga nggak tampak bibirnya.

Tentu saja fans merasa kecewa dengan hal ini. Namun untungnya, Reynolds berhasil membawakan kembali karakter Deadpool yang mirip versi komik di film Deadpool (2016) dan mendapatkan sambutan positif secara luas.

4. Suicide Squad (2016)

Suicide Squad 329c1

Film yang dianggap menipu penonton karena memiliki trailer yang menarik namun ternyata nggak sesuai ekspektasi ini memiliki karakter yang dianggap banyak orang paling mengecewakan. Siapa lagi kalau bukan Joker.

Ditunggu-tunggu setelah diperankan oleh Heath Ledger 8 tahun sebelumnya, ternyata Joker versi Jared Leto nggak mampu menyamai pendahulunya. Selain itu, ia hanya memiliki waktu tampil yang sangat sedikit dan perkembangan karakter yang nggak matang.

Dengan demikian, karakter Clown Prince of Crime dirasa nggak mampu membuat keseluruhan kualitas film Suicide Squad menjadi lebih baik.

5. Kingsman: The Golden Circle (2017)

Kingsman The Golden Circle E2101

Penyanyi legendaris Elton John menjadi salah satu pemeran di film ini. Sempat dikira banyak orang hanya menjadi cameo, namun ternyata perannya di film ini cukup besar, geng.

Ketika menjadi tawanan di Poppy Land, Elton melawan tiga petugas keamanan berbadan besar dengan cara yang cukup brutal, seperti menendang wajah mereka, hingga menjepit kepala salah satu petugas dengan tutup pianonya.

Meskipun karakternya nggak ada di versi komik, namun Elton mampu memberikan kesan fresh pada film ini, serta pandangan baru masyarakat terhadap dirinya yang ternyata nggak cuma bisa menyanyi.

6. Batman v Superman: Dawn of Justice (2016)

Batman V Superman Dawn Of Justice 65883

Sebagai film yang mempertemukan dua superhero yang dianggap paling kuat di DC Universe, film Batman v Superman: Dawn of Justice justru dianggap mengecewakan di berbagai aspek, seperti villain, jalan cerita, hingga dialognya.

Salah satu yang paling bikin kecewa adalah scene Martha. Ketika Batman sudah sangat yakin untuk membunuh Superman jika superhero dengan nama lain Man of Steel ini membahayakan Bumi, ia malah berubah pikiran, geng.

Hal ini dikarenakan terungkap fakta bahwa ibu mereka sama-sama bernama Martha. Hanya karena hal kecil inilah Batman akhirnya nggak jadi membunuh Superman. Meskipun ini keputusan bagus, namun kesannya Batman plin-plan karena hal sepele.

7. Avengers: Age of Ultron (2015)

Avengers Age Of Ultron F0203

Nggak cuma hubungan antara Steve Rogers dan Sharon Carter yang membingungkan para penggemar, geng, melainkan juga hubungan antara Bruce Banner dan Natasha Romanoff.

Sepanjang film Age of Ultron, penonton disuguhkan adegan-adegan flirting antara Banner dan Romanoff, mulai dari di Avengers Tower hingga di rumah Clint Barton. Masalahnya, hubungan yang memiliki ship name Brutasha ini terlihat dipaksakan.

Padahal, karakter Banner dan Romanoff sudah memiliki latar belakang emosional yang kuat tanpa perlu disatukan. Banner sedang berusaha mengendalikan Hulk yang mengakibatkan kehancuran di mana-mana, sedangkan Romanoff masih teringat dengan masa lalu kelamnya di Red Room.

Akhir Kata

Nah, itu dia 7 kesalahan pada film-film adaptasi komik yang dianggap mengecewakan. Meskipun demikian, sebagian besar di antaranya bukan hal fatal kok, geng. Kamu tetap bisa menikmati film-film ini terlepas dari keputusan absurd yang diambil oleh si pembuat film.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Dceu Adegan Terbaik A6894

10 Adegan Action Film DC Paling Seru, Gak Bakal Ada di MCU!

Momen Terbaik Mcu Banner 2a25e

10 Momen Terbaik MCU, Bikin Marvel Menang Telak Lawan DC!

Banner 395f8

5 Alasan Kenapa Film DC Lebih Gelap Dibandingkan Marvel, CGI-nya Jelek?

Superhero Paling Populer Banner A5a4c

10 Superhero Paling Populer Sepanjang Masa, Marvel Kalah Telak dari DC?

Banner Jadi 9f555

10 Film Action Paling Sukses di Dekade Ini | Film Super Hero Semua?

10 Film Yang Dicekal Banner

10 Film Sadis dan Kontroversial yang Dicekal Banyak Negara

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Film Superhero Marvel Terburuk Sepanjang Masa, Bagusan Green Lantern!

7 Film Superhero Marvel Terburuk Sepanjang Masa, Bagusan Green Lantern!

7 Film yang Jeleknya Gak Ketolongan|, Ngapain Dibuat Sih?

7 Film yang Jeleknya Gak Ketolongan|, Ngapain Dibuat Sih?

7 Kasus Pembajakan Film Hollywood Paling Menghebohkan, Ulah Hacker?

7 Kasus Pembajakan Film Hollywood Paling Menghebohkan, Ulah Hacker?

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal