J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Kenapa Semua MEME di Internet Menggunakan Font yang Sama?!

Kenapa Semua MEME di Internet Menggunakan Font yang Sama?!

Selasa, 20 Sep 2016, 10:30 WIB
Melalui artikel ini, akan kami kupas tuntas, dari mana asalnya sehingga meme menggunakan satu font yang sama. Baca terus artikel ini hingga habis ya.

Kenapa Semua MEME di Internet Menggunakan Font yang Sama?! - Tampaknya kini Meme dan gambar-gambar lucu sudah mendominasi internet ya. Dikit-dikit ada Meme, pengen buka website tertentu, eh ada Meme-nya, dan berbagai kasus lainnya yang membuktikan bahwa meme sudah menjadi bagian dari aktifitas berinternet kita sehari-hari. Tapi apakah kamu menyadari bahwa bentuk standar dari Meme itu terdiri dari gambar dan tulisan yang berada di bagian atas dan bawah. Template yang monoton tersebut sebenarnya dimulai dari mana sih, dan kenapa harus menggunakan font yang sama untuk jutaan Meme di luar sana?

Melalui artikel ini, akan kami kupas tuntas, dari mana asalnya sehingga meme menggunakan satu font yang sama. Baca terus artikel ini hingga habis ya.

BACA JUGA
  • Cara Mudah Membuat Meme Tanpa Photoshop
  • PARAH! Ini Dia 8 Ilustrasi Paling Menyindir Bagi Pengguna HP Kayak Kamu
  • Kumpulan Meme dan Foto Lucu Tentang Clash of Clans

Font Meme Impact 1

Oke, mari kita langsung to the point, font yang sering kamu temukan di setiap meme yang beredar di internet itu bernama Impact, dan ia rupanya sudah hadir jauh sekali sebelum adanya era dunia maya. Impact merupakan font yang diciptakan oleh Geoffrey Lee pada tahun 1963. Ia menciptakannya dalam tiga jenis yang berbeda, meliputi Bold, Condensed, dan Sans Serif. Semua itu sesuai dengan gaya pop yang sedang hits sekali di tahun 1960-an, yang menekankan kepada font headline yang tegas dan dapat digunakan di berbagai poster dan iklan.

Font Meme Impact 2

Geoffrey sebenarnya terinspirasi dari font-font yang diiptakan oleh gerakan bernama The International Typographic Style, atau dikenal dengan nama SWISS Style. Impact mengikuti font-font karya dari Swiss Style seperti Helvetica dan Univers yang dirancang memang untuk mudah dibaca dan bersih. Impact yang populer tersebut akhirnya dijual kepada perusahaan Stephenson Blake, melalui plat-plat besi ukiran untuk percetakan.

Semakin Tenar Akibat Ulah Microsoft

Font Meme Impact 3

Setelah berjaya melalui Stephenson Blake, Impact kemudian dijual kembali kepada salah satu perusahaan typeface terkemuka lainnya yaitu Monotype. Jika ketika kamu mengetik menggunakan Microsoft Office, pasti tidak akan lepas dari font bernama Times New Roman kan, dan Monotype lah pemilik dari font legendaris tersebut. Melalui kerjasama lisensi yang terjalin di antara Monotype dan Microsoft, maka beberapa font milik Monotype pun akhirnya muncul di produk-produk Microsoft, tentu saja salah satunya adalah Impact.

Font Meme Impact 4

Pada tahun 1996, Microsoft membuat satu standar terhadap font yang digunakan pada website-website yang beredar, mereka menamakannya sebagai 11 core fonts, atau Free Standard Font Pack. Mudah ditebak, salah satu font yang ada di dalam paket tersebut tentu saja ada Impact. Dari sinilah awal dari populernya beberapa font di kalangan pengguna internet, terutama font Impact yang sangat digemari oleh pengguna forum di dunia maya.

Meme Cinta Impact

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Meme merupakan salah satu senjata pamungkas dari para pengguna forum yang tersebar di internet. Demi memudahkan pembuatan Meme sehingga menjadi terstandardisasi, maka dibutuhkan satu alat yang dapat memudahkan pembuatan media ekspresi tersebut. Maka muncullah jenis image macros, yaitu Meme yang berdasarkan kepada instruksi otomatis yang sebelumnya telah diatur sedemkian rupa sehingga pengguna hanya perlu meng-input step sederhana untuk menciptakan Meme.

Font Meme Impact 5

Awal dari meledaknya Meme ada di tahun 2003. Pada tahun tersebut, internet dihebohkan dengan foto kucing lucu yang bertuliskan ** I CAN HAZ CHEEZBURGER **. Tebak font apa yang digunakan untuk menuliskan pernyataan tersebut? Yap benar, Impact. Semenjak saat itu situs-situs yang menyediakan meme generator mulai bermunculan guna mempermudah orang-orang dalam menciptakan Meme nya sendiri. Kini bahkan aplikasi Android untuk membuat Meme ikonik tersebut pun sudah banyak beredar lho.

Font Meme Impact 6

Jadi kini kamu sudah tau bagaimana sejarah munculnya Meme dan mengapa setiap Meme menggunakan font yang sama kan? Jangan lupa juga untuk memberikan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah ini ya. Have a nice day!

Sumber: Vox

Memegeneratorlite
Meme Generator Lite 1.2.2
Apps Intermezzo Neqoo
DOWNLOAD

ARTIKEL TERKAIT
Commawiki Banner

Kumpulan Meme Commawiki Buat Kode-Kodean di Socmed (Part 1)

Commawiki Part 2 Banner2

Kumpulan Meme Commawiki Buat Kode-Kodean di Socmed (Part 2)

Dewi Sri Mulyani

Kumpulan Meme Kocak Di Situ Kadang Saya Merasa Sedih

Memebanjirrr

Kumpulan Meme Banjir Ibu Kota

Asal Mula Meme

Ini Dia Asal Mula Karakter-karakter Meme

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Memecomicindonesia Icon
Meme Comic Indonesia 0.9.5
Apps Ganjil Studio
Webtoon Logo Ec4ad
WEBTOON 1.8.5
Apps NAVER Corp.
Pletoon Icon Icon
Pletoon 1.0.4
Apps Creative HotHouse
Moman_icon
Moman Camera for Android
Apps Nuangjamnong ICT
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Gara-Gara Disindir Lewat Meme, 6 orang Ini Jadi Terkenal

Gara-Gara Disindir Lewat Meme, 6 orang Ini Jadi Terkenal

Cara Jadikan Tulisan Tangan Sendiri Jadi Font di Android

Cara Jadikan Tulisan Tangan Sendiri Jadi Font di Android

Sering Ditolak? Coba Pake Font Ini Untuk CV Lamaran Kerja Kamu!

Sering Ditolak? Coba Pake Font Ini Untuk CV Lamaran Kerja Kamu!

Kumpulan MEME Saipul Jamil yang Bisa Bikin Ngakak

Kumpulan MEME Saipul Jamil yang Bisa Bikin Ngakak

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal