Kenapa Fitur Stop Motion di Instagram Tidak Muncul? Ini Alasannya

Default

Stop Motion merupakan salah satu fitur dari Instagram yang bisa digunakan pada menu Stories. Sayangnya fitur ini baru bisa digunakan oleh para pengguna iOS. Pengguna platform lain seperti android, Windows Phone, atau Blackberry, masih belum bisa menggunakannya.

Akan tetapi saat ini fitur ini mengalami beberapa masalah. Fitur stop motion di Instagram tidak muncul di iPhone. Ini tentunya membuat netizen kecewa dan penasaran kenapa fitur stop motion Instagram tidak muncul. Berikut beberapa penjelasan dan solusinya dari Jaka.

BACA JUGA
  • Cara Membuat Instagram Story Kreatif Seperti Selebgram Hits
  • Cara Mudah Repost Instastory Orang Lain Tanpa Aplikasi!
  • Cara Share Instagram Story ke Whatsapp dengan Mudah

Ini Penjelasan Kenapa Fitur Stop Motion di Instagram Tidak Muncul

Permasalahan kenapa fitur stop motion Instagram tidak muncul ini pastinya bisa disebabkan oleh beberapa hal guys. Faktor bisa datang dari user maupun dari dalam aplikasi itu sendiri. Untuk mengetahui penyebab dan bagaimana mengatasi masalah kenapa fitur stop motion di Instagram tidak muncul, simak penjelasan di bawah ini.

1. Aplikasi Instagram Belum Update

Salah satu penyebab kenapa fitur stop motion di Instagram tidak muncul bisa karena aplikasi kamu belum update ke versi terbaru guys. Developer pastinya akan terus memberikan update aplikasi mereka, baik untuk memperbaiki permasalahan sebelumnya, maupun menambah fitur baru.

Kenapa Fitur Stop Motion Instagram Tidak Muncul 1 50e0b

Solusinya :

Solusi untuk permasalahan yang pertama ini pastinya kamu harus langsung update aplikasi Instagram kamu ke versi yang terbaru. Buka App Store lalu cari aplikasi Instagram, dan langsung update ke versi terbaru. Sudah update masih tidak muncul juga? coba cek poin 2.

2. Ada Bug di HP Kamu

Penyebab kenapa fitur stop motion Instagram tidak muncul yang kedua adalah karena adanya bug pada aplikasi Instagram di HP kamu. Secara sederhana, bug ini adalah pengganggu yang membuat aplikasi tidak berjalan sebagai mana mestinya. Dalam hal ini fitur stop motion di Instagram jadi tidak muncul.

Kenapa Fitur Stop Motion Instagram Tidak Muncul 9 114da

Sumber foto: Shuterstock

Solusinya :

  • Pertama coba untuk restart HP kamu.
  • Jika masih hilang, coba clear data aplikasi Instagram.
  • Kalau masih belum muncul juga, coba uninstal lalu instal lagi aplikasi Instagram.

3. Permasalahan di Pihak Instagram

Alasan kenapa fitur stop motion di Instagram tidak muncul yang ketiga adalah karena adanya permasalahan di pihak Instagram. Permasalahan fitur yang tiba-tiba hilang ini bukan pertama kali. Sebelumnya fitur GIF juga sempat hilang dari aplikasi, ternyata ada masalah pada konten GIF yang dinilai rasis. Maka Instagram melakukan take down terhadap fitur ini dan mengaktifkannya kembali saat permasalahan sudah diatasi.

Kenapa Fitur Stop Motion Instagram Tidak Muncul 10 49811

Sumber foto: Shuterstock

Solusinya :

Untuk permasalahan terkait stop motion yang menghilang ini, belum diketahui karena belum ada pernyataan resmi dari Instagram. Sebagai solusi kita hanya bisa menunggu dan bersabar sampai fitur ini muncul kembali. Atau kamu juga bisa membuat video stop motion dengan aplikasi tambahan.

Mau buat video stop motion ala Instagram dengan aplikasi tambahan? Lanjut di halaman 2 ya guys

2. Cara Membuat Stop Motion Instagram di Semua HP Android

Kalau kamu pengguna android dan ingin membuat video stop motion ala Instagram, bisa kok! Cara membuat stop motion Instagram di android ini hanya membutuhkan beberapa langkah saja. Tapi sebelumnya kamu harus instal terlebih dahulu aplikasi tambahan bernama PicPac. Kamu bisa download lewat link di bawah :

Picpac Stop Motion Timelapse 3ff87
PicPac Stop Motion & TimeLapse 1.53
Apps Video & Audio
DOWNLOAD

Setelah aplikasi terinstal, kini kamu bisa membuat video stop motion Instagram di HP kamu. Siapkan dulu foto-foto mana yang ingin kamu buat menjadi video stop motion. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut :

  • Buka aplikasi PicPac untuk bisa membuat video stop motion Instagram di android. Langkah pertama kita akan menghilangkan dulu watermark dari aplikasi ini. Caranya tap ikon Setting yang ada di sudut kanan bawah. Lalu scrol sampai kamu menemukan opsi Video Ending Logo.
Kenapa Fitur Stop Motion Instagram Tidak Muncul 2 955a8
  • Kamu akan menemukan 3 pilihan, untuk menghilangkan watermark dari video stop motion Instagram kita, maka pilih opsi ketiga. Selama kamu tidak menggunakan background musik dari SoundCloud maka video yang kita buat tidak akan memiliki watermark.
Kenapa Fitur Stop Motion Instagram Tidak Muncul 3 D454c
  • Sekarang kita akan mulai membuat video stop motion Instagram di android. Tap ikon Local Photos, setelah itu pilih semua foto yang ingin kamu buat jadi video stop motion. Jika sudah tap ikon panah ke kanan yang ada di sudut kanan atas.
Kenapa Fitur Stop Motion Instagram Tidak Muncul 4 3e0dc
  • Selanjutnya kamu akan masuk ke menu editing video stop motion. Pilih ikon Speed yang ada di paling kanan untuk merubah kecepatan perpindahan dari tiap foto. Ubah menjadi 1/4 seconds, lalu tap OK.
Kenapa Fitur Stop Motion Instagram Tidak Muncul 5 B0f61
  • Tahap selanjutnya adalah memberi judul untuk awal video dan juga kualitas video stop motion Instagram android kita. Masukan judul di kolom Title, lalu pilih kualitas video di kolom Video Size. Pilih size 1080p untuk kualitas terbaik, setelah itu tap Create Video.
Kenapa Fitur Stop Motion Instagram Tidak Muncul 6 14655
  • Tunggu hingga proses rendering selesai. Setelah itu kamu masuk ke menu untuk menambahkan musik. Kita bisa langsung lanjut saja dengan tap ikon panah ke kanan yang ada di sudut kanan atas.
Kenapa Fitur Stop Motion Instagram Tidak Muncul 7 58fed
  • Terakhir adalah menyimpan video stop motion Instagram android kita guys. Tap ikon Save yang ada di bagian tengah bawah. Maka video stop motion yang kita buat akan tersimpan di dalam galeri.
Kenapa Fitur Stop Motion Instagram Tidak Muncul 8 27f00
  • Kamu bisa langsung membagikan video ini ke Instagram Stories maupun media sosial lainnya. Begini guys penampakan hasil video stop motion Instagram android milik Jaka.

Akhir Kata

Nah itu dia guys penjelasan mengenai kenapa fitur stop motion di Instagram tidak muncul beserta solusi dari Jaka. Permasalahan fitur yang kerap muncul lalu hilang ini memang sering terjadi pada Instagram. Semoga saja pihak Instagram semakin bagus dalam perbaikan jadi tidak ada lagi masalah serupa.

Baca juga artikel seputar Instagram atau artikel menarik lainnya dari Chaeroni Fitri.

ARTIKEL TERKAIT
Hashtag Banned Ig 721c8
10 Hashtag Terkonyol yang Di-banned Instagram, Pernah Pakai?
Pemain Sepakbola Followers Terbanyak F0413
11 Pemain Sepakbola dengan Followers Terbanyak di Instagram
Untitled Design 2021 08 30t173928 266 701d7
10 Cara Hack Instagram Orang Lain Terbaru 2021 & Cara Mencegahnya
APPS TERKAIT
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Instagram Icon
Instagram 127.0.0.30.121
Apps Instagram
Insta Downloader
Instagram Downloader 1.8.10
Apps MohammadAG
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal