J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Ternyata Ini Alasan Kenapa Anime di Jepang Minim Sensor Adegan Dewasa

Ternyata Ini Alasan Kenapa Anime di Jepang Minim Sensor Adegan Dewasa

Jumat, 26 Jun 2020, 17:00 WIB
Penasaran kenapa banyaka adegan dewasa di anime dan nggak di sensor di Jepang sana? Yuk cari tahu apa saja alasannya yang bikin konten itu lulus sensor.

Anime menjadi salah satu media hiburang yang paling diminati di seluruh dunia. Pola pengembangan cerita dan karakter yang unik, berbeda dari film barat pada umumnya, membuat anime diminati banyak orang.

Selain itu, anime juga terkenal sebagai sebuah media yang ekspresif di mana ide penulis sering kali dituangkan ke dalamnya tanpa dibatasi oleh kepentingan-kepentingan tertentu.

Alhasil, anime sering kali terlihat lebih vulgar dan sadis, seolah-olah tidak disensor layaknya kartun-kartun lain buatan Amerika.

5 Alasan Kenapa Anime di Jepang Minim Sensor

Banyak anime yang menampilkan adegan-adegan kekerasan ayng bahakan tergolong adegan gore dan tidak disensor sama sekali, begitupun dengan adegan-adegan yang terlihat vulgar dan sensual.

Ketika ditayangkan di negara lain, anime ini harus mengalami berbagai penyesuaian dulu agar layak untuk ditayangkan, entah dengan memburamkan bagian tertentu atau memotong adegan tersebut.

Terus kenapa adegan-adegan seperti ini lolos proses sensor yang dilakukan di negeri asalnya, yaitu di Jepang? Berikut ini beberapa alasannya.

1. Perbedaan Standar Sensor di Jepang dan Negara Lainnya

Quora J A8978
Sumber foto: quora.com

Hal pertama yang membuat beberapa adegan yang mungkin terlihat seakan tidak layak di negara barat masih ada di dalam anime adalah perbedaan standar sensor yang diterapkan.

Seberapa banyak bagian badan yang layak untuk ditampilkan, seberapa banyak darah atau hal sadis lainnya yang boleh ditampilkan, dibatasi dengan skala yang berbeda di tiap negara.

Jepang juga memiliki standarisasi tersendiri mengenai adegan apa yang layak dan tidak layak untuk masuk ke dalam anime populer tertentu.

Standar ini ditentukan berdasarkan akar budaya, dan pemahaman masyarakat. Contohnya, adegan pemandian air panas mungkin terlihat vulgar di negara lain, tetapi hal ini sudah menjadi bagian budaya Jepang.

2. Kategorisasi Anime

Ramenswag Com Ecea9
Sumber foto: ramenswag.com

Tidak semua anime dibuat seperti film Doraemon yang pangsa pasar utamanya adalah anak-anak, banyak juga anime yang sengaja dibuat untuk penonton dewasa.

Anime digolongkan ke dalam berbagai macam kategori, dan tidak semua kategori ini bebas untuk ditonton oleh semua usia.

Anime aksi seperti Tokyo Ghoul yang menampilkan adegan pertarungan berdarah, tidak akan disiarkan secara bebas pada jam tayang di mana anak-anak dapat menontonnya dengan mudah.

Sama halnya seperti film kartun The Simpson atau Family Guy yang dibuat khusus untuk penonton dewasa, banyak juga anime vulgar dan sadis yang memang dibuat khusus untuk pangsa pasar dewasa.

3. Nilai Budaya dan Norma yang Relatif Berbeda

Nintendo 81d70
Sumber foto: nintendo.com

Jika kamu pernah melihat versi asli anime komedi Shin Chan di mana Shinchan menggambar gajah di bagian bawah tubuhnya dan memamerkannya, mungkin kamu berfikir kenapa adegan seperti ini bisa lolos sensor?

Budaya yang berbeda menghasilkan pendekatan yang berbeda pula dalam berbagai permasalahan, termasuk dalam penentuan batasan layak atau tidaknya suatu konten.

Adegan Shinchan di atas juga adegan lain yang serupa, diperbolehkan karena collective believe bahwa adegan seperti itu tidak akan menyebabkan terjadinya fantasi negatif di Jepang.

Hal ini mungkin tidak akan diterima di beberapa negara dengan alasan yang bertolak belakang dari argumen sebelumnya, dan hal tersebut sah-sah saja mengingat budaya dan norma yang berlaku memang berbeda.

4. Budaya Fan Service

Zerochan Net 08f9b
Sumber foto: zerochan.net

Sebagai seorang penikmat anime, kamu pasti sudah sering mendengar istilah yang satu ini. Fan service merupakan selipan adegan yang berujuan untuk membuat penonton merasa senang.

Selipan adegan ini bisa bermacam-macam bentuknya dari mulai frekuensi dalam menampilkan karakter tertentu, hingga membuat karakter tersebut menampilkan pose tertentu.

Hal ini menjadi salah satu faktor penting yang membuat dunia anime dewasa ramai penggemar, dan membuat proses sensor menjadi lebih fleksibel dalam koridor-koridor tertentu.

Meskipun begitu, batasan-batasan ini pun diterapkan dengan professional dan dalam porsi yang wajar.

5. Pemahaman Konsep Spiritual yang Berbeda

Myanimelist J 43e8c
Sumber foto: myanimelist.net

Selain dalam hal adegan sadis dan busana yang sedikit terbuka, terkadang anime juga menampilkan konsep spiritual yang bertentangan dengan konsep spiritual yang banyak dianut di seluruh dunia.

Jika kamu penggemar anime aksi atau fantasi, mungkin akan sering mendengar adanya proses human sacrifice dan juga banyak karakter yang seolah bersekutu dengan setan.

Jika ada film kartun seperti ini, para orangtua di Indonesia mungkin akan khawatir kalau-kalau film ini mempengaruhi pola pikir anak-anak mereka.

Konsep spiritual nyeleneh ini sudah menjadi suatu tema yang umum diangkat di dalam anime karena masyarakat Jepang mampu mengerti dengan baik, bahwa hal seperti ini hanya rekaan saja.

Terlebih lagi, tema-tema speerti ini umumnya ada di anime dewasa yang penontonnya pun sudah memiliki konsep nalar spiritual yang cukup untuk membedakan mana yang layak atau tidak.

Akhir Kata

Itu dia beberapa alasan kenapa anime seolah-olah dibuat dengan proses sensor yang sangat minim, berbeda dari film kartun lainnya.

Anime sering kali digeneralisasi sebagai media hiburan untuk anak-anak, padahal banyak di antaranya yang khusus dibuat untuk penonton dewasa.

Semoga iniformasi yang Jaka bagikan kali ini bisa menghibur kalian semuanya, dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Anime atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
Film Anime Terbaru Banner 43009

20 Anime Movie Terbaik dan Terbaru 2020 | Wajib Nonton!

Anime China Terbaik Banner 180d5

10 Anime China Terbaik 2019, Lebih Baik dari Anime Jepang?

Anime Isekai Terbaik Sepanjang Masa Banner B7267

15 Anime Isekai Overpower, Magic, Hingga Fantasy Terbaik Wajib Nonton

Anime Zombie Terbaik Banner 26028

7 Anime Zombie Terbaik yang Tegang Banget, Banyak Adegan Ecchi?

Anime Olahraga Banner Facc9

15 Anime Olahraga Terbaik yang Wajib Kamu Tonton, Bikin Semangat!

7 Anime Populer Yang Paling Kontroversial Karena Rasis D1092

7 Anime Populer yang Paling Kontroversial, Nonton No. 6 Bisa Dipenjara!

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal