J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Lebih Pilih Game Offline Atau Online? Inilah Kekurangan Dan Kelebihannya

Lebih Pilih Game Offline Atau Online? Inilah Kekurangan Dan Kelebihannya

Jumat, 28 Jul 2017, 17:30 WIB
Kamu lebih suka main game oniline atau offline? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kalian harus mengetahui beberapa hal tentang game offline dan online itu sendiri, seperti yang akan Jaka jelaskan berikut ini. Simak yuk!

Game merupakan salah satu bentuk hiburan yang sangat digemari oleh banyak kalangan karena dianggap lebih interaktif dan menantang. Selain itu, game juga menawarkan visual yang menarik dan mampu memanjakan mata para gamer. Saat ini, kita mengenal dua jenis game, yaitu game offline dan game online.

Perbedaan mendasar dari kedua jenis game tersebut hanya satu, yaitu game online membutuhkan koneksi internet, sementara game offline tidak. Sekarang pertanyaannya, manakah di antara kedua jenis game tersebut yang dapat memberikan pengalaman lebih seru ketika dimainkan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pertama-tama, kalian harus mengetahui beberapa hal tentang game offline dan online itu sendiri, seperti yang akan Jaka jelaskan berikut ini. Simak yuk!

BACA JUGA
  • Nostalgia! 5 Game Online Jadul yang Dihidupkan Kembali di Smartphone
  • Bukannya Menghibur, 5 Game ini Justru Bikin Gamer Makin Stres
  • 5 Game Ini Jadi Kegagalan Terbesar Sepanjang Sejarah Industri Video Game

Lebih Pilih Game Offline Atau Online? Inilah Kekurangan dan Kelebihannya

1. Game Offline

310c858dd21be390287912ed40ae5666
Foto: wtfgamersonly.com

Seperti yang sudah Jaka jelaskan di atas, game offline merupakan jenis game yang tidak membutuhkan koneksi internet dan berumur lebih tua dari game online. Umumnya game offline ini memiliki gameplay yang terarah karena player biasanya hanya bertugas untuk mencapai suatu tujuan seperti mengalahkan penjahat untuk menyelamatkan dunia, menjadi juara suatu turnamen, menyelesaikan suatu misi, dan sebagainya. Di dalam game offline pun, para player hanya bisa berinteraksi dengan NPC saja atau dengan karakter player lain yang jumlahnya terbatas dan tidak begitu banyak.

2. Game Online

369aaf794ce4d15113b1b2493f26432c
Foto: mmobomb.com

Bagaimana dengan game online? Game online merupakan jenis game yang membutuhkan koneksi internet stabil secara terus-menerus agar bisa dimainkan karena game online menggunakan sistem gameplay real-time. Gameplay dari game online pun agak berbeda dari game offline karena para player umumnya dituntut untuk melakukan berbagai aktivitas yang repetitif sekaligus berkelanjutan. Di dalam game online, para player bisa berinteraksi dengan NPC atau karakter player lain yang jumlahnya sangat banyak, tergantung dari kemampuan server game tersebut dalam menampung player.

3. Game Offline Atau Online, Mana yang Lebih Seru?

6746612274a9e454e7d3461fc4fb7007
Foto: lifewire.com

Kembali ke pertanyaan awal, manakah di antara kedua jenis game tersebut yang lebih seru? Jawaban dari Jaka adalah keduanya. Meskipun interaksi yang bisa dilakukan sangat terbatas, game offline masih tetap mampu menghadirkan keseruan yang dibutuhkan oleh para gamer atau orang awan yang sekedar ingin melepas penat. Selain itu, game offline juga tidak menuntut para player untuk terus-menerus bermain setiap harinya karena kondisi di dalam game offline itu selalu statis sesuai dengan data save game.

Di sisi lain, game online memiliki keuntungan dalam hal interaksi karena melalui game online para player dari berbagai tempat bisa bertemu dan saling berinteraksi. Selain itu, kondisi di dalam game online yang dinamis (berubah-ubah) membuat gameplay yang ditawarkan terasa lebih seru dan interaktif. Sayangnya, sisi negatif dari game online ini adalah efek adiktif yang ditimbulkannya (player dituntut harus online setiap hari).

Itulah tadi penjelasan tentang manakah di antara game offline dan online yang menawarkan pengalaman lebih seru, semoga bermanfaat dan selamat memilih jenis game kalian. Jaka sendiri memainkan kedua jenis game tersebut, namun jika harus memilih, Jaka lebih memilih game online karena faktor ruang lingkup interaksi dengan player lain yang lebih luas dan tentunya hal tersebut akan membuat permainan semakin seru. Akhir kata, pastikan kalian meninggalkan jejak di kolom komentar serta share artikel ini ke teman-teman kalian.

ARTIKEL TERKAIT
865c789ed061ad6710ce93bd85b5ebb1

5 Game Online Android Jadul Ini Masih Banyak Pemainnya Hingga Sekarang

Nikah Karena Game

7 Pasangan Ini Bertemu di Game Online dan Menikah di Dunia Nyata

Nightmare Malaria

5 Game Horror Survival Android Terbaik dan Terseram Saat Ini

Gallerygaming Gamer Generic

5 Game PC Dengan Grafis dan Gameplay Terbaik Sepanjang Masa

APPS TERKAIT
Mobile Legends Bang Bang Icon
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Nostalgia! 5 Game Online Jadul yang Dihidupkan Kembali di Smartphone

Nostalgia! 5 Game Online Jadul yang Dihidupkan Kembali di Smartphone

5 Hal Yang Paling Menjengkelkan Saat Bermain Game Online

5 Hal Yang Paling Menjengkelkan Saat Bermain Game Online

7 Game Online Android Seru yang Paling Hemat Kuota, Gak Bakal Bikin Kere

7 Game Online Android Seru yang Paling Hemat Kuota, Gak Bakal Bikin Kere

5 Game PC Terbaru Bulan Desember 2017 Ini Wajib Kamu Coba

5 Game PC Terbaru Bulan Desember 2017 Ini Wajib Kamu Coba

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal