Kata Siapa Internet Indonesia Lambat? Ini Bukti Internet Indonesia Itu Cepat

5 April 2016

Seiring berkembangnya teknologi, internet sudah bergeser menjadi kebutuhan utama dalam berbagai aspek kehidupan. Gara-gara internet, kamu pasti jarang pergi ke kantor pos untuk berkirim surat, atau ke ATM hanya untuk mengirim uang. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah dengan bantuan akses internet yang cepat.

Namun kemudahan karena internet itu seringkali terbentur dengan kecepatan internet. Di negara berkembang seperti Indonesia, kecepatan internet seringkali terasa tidak merata dan berkesan lambat.

Kata Siapa Kecepatan Internet Indonesia Lambat?

Setelah melewati era 3G, Indonesia mulai merambah ke era internet super cepat 4G LTE sejak tahun 2014 lalu. Meski di berbagai daerah jangkauan 3G masih belum merata dan memiliki kecepatan internet yang tidak stabil, rupanya kecepatan Internet di Indonesia masih diperhitungkan di mata dunia loh! Gak percaya? Jaka ada buktinya nih!

Kecepatan Tertinggi Internet Indonesia Peringkat ke-6 Dunia

Bagi kamu yang anaknya techie abis pasti selalu menyimak perkembangan kecepatan internet yang ditawarkan oleh operator atau penyedia jasa ISP. Rata-rata mereka menawarkan kecepatan internet Up to, yang merupakan kecepatan puncak internet yang bisa dicapai oleh layanan mereka. Nah, menurut survey Akamai Technologies, di kuarter keempat 2015 kecepatan rata-rata tertinggi internet di Indonesia berada di peringkat ke-6 dunia loh!

foto-kecepatan-puncak-internet-indonesia-peringkat-ke-6-dunia

Dari tabel itu bisa terlihat bagaimana kecepatan tertinggi internet di Indonesia bisa mengalahkan Australia dan Malaysia. Terlihat pula bahwa ternyata internet Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, mencapai peningkatan sebesar 495%. Keren kan Indonesia?

foto-kecepatan-puncak-internet-indonesia-peringkat-ke-6-dunia-2

Sebagai informasi, Akamai Technologies adalah market leader untuk layanan Content Delivery Network (CDN) yang menyediakan layanan internet cepat, aman, dan diandalkan di pasar global. Jadi hasil surveynya cukup banyak diandalkan oleh pengguna internet dunia.

Berapa Kecepatan Download internet Kamu?

foto-kecepatan-puncak-internet-indonesia-peringkat-ke-6-dunia-3

Jika kamu merasa hasil survey Akamai itu jauh dari realita, kamu bisa coba lakukan pengujian sendiri di beberapa titik yang memiliki jaringan internet stabil. Di Jakarta dan beberapa kota yang sudah tercover jaringan 4G LTE, kamu bisa coba lakukan pengujian kecepatan internet menggunakan SpeedTest dan OpenSignal di beberapa titik. Lalu bandingkan hasilnya dan buat data kecepatan rata-rata internetnya sendiri.

Perlu diketahui, peningkatan kecepatan rata-rata Internet di Indonesia tidak terlepas dari infrastruktur 4G LTE yang sudah diimplementasikan oleh beberapa operator seluler. Padahal sejauh ini implementasi 4G belum merata di seluruh Indonesia. Maka dari itu ayo pake smartphone 4G!

Apa jadinya jika implementasi internet super cepat 4G LTE sudah merata di Indonesia ya? Bisa jadi kecepatan rata-rata internet di Indonesia akan melesat naik.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar