7 Hal Penting Mengenai Kebijakan Baru WhatsApp 2021 | Mending Uninstall Aja?

Kebijakan baru WhatsApp di 2021 yang baru saja diumumkan membuat heboh para penggunanya. Padahal, mereka baru saja menghela napas karena HP-nya tidak termasuk dalam HP yang tidak bisa menggunakan WhatsApp di 2021.

Pasalnya, kebijakan itu disebut-sebut mengancam privasi para pengguna WhatsApp lantaran aplikasi chatting tersebut akan berbagi data dengan Facebook.

Masalahnya, seluruh pengguna WhatsApp harus menyetujui kebijakan tersebut jika ingin tetap menggunakan WA setelah tanggal 8 Februari 2021.

Apakah kamu sudah menerima notifikasi untuk menyetujui kebijakan baru WhatsApp? Yuk, pikir-pikir lagi agar tahu apa yang harus dilakukan.

Poin Mengenai Kebijakan Baru WhatsApp dan Dampaknya

Meski nyaman menggunakan WhatsApp di HP dan laptop, tampaknya tak sedikit pengguna WA yang memutuskan hengkang akibat merasa privasinya terancam.

Bahkan, gonjang-ganjing ini turut mendorong Kemkominfo untuk memanggil pihak WhatsApp dan Faceboo untuk memastikan kedua pihak transparan mengenai data yang akan diambil dari pengguna.

Waduh, sebenarnya apa isi dari ketetapan baru yang akan digunakan WhatsApp mulai tanggal 9 Februari? Adakah perubahan? Berikut informasinya!

1. Berubahnya kebijakan privasi

Kebijakan Baru Whatsapp 5d406

Setidaknya, ada 3 perubahan dalam kebijakan baru WhatsApp, yaitu mengenai meningkatnya integrasi WhatsApp dengan produk Facebook lainnya, bagaimana WhatsApp memproses data milik penggunanya, dan bagaimana bisnis dapat memanfaatkan Facebook untuk mengelola dan bahkan menyimpan obrolan di WhatsApp.

Meski demikian, pihak WhatsApp mengatakan bahwa aplikasi tersebut akan tetap dilengkapi end-to-end encryption yang berarti percakapan pengguna akan tetap aman dan tak bisa diakses oleh WA maupun FB.

2. Data-data yang dikumpulkan WhatsApp

Kebijakan Baru Whatsapp Apakah Aman 5d305

Jika bukan chat antar pengguna, lantas data apa saja yang dikumpulkan WhatsApp dari para penggunanya? Berikut beberapa di antaranya:

  • Versi aplikasi
  • Informasi browser
  • Jaringan mobile
  • Sisa baterai
  • Kekuatan sinyal
  • Informasi koneksi mencakup nomor telepon, operator, dan ISP
  • Bahasa yang digunakan
  • Zona waktu
  • Alamat IP
  • Sistem operasi perangkat
  • Pengenal

Pengenal yang ada di poin tersebut termasuk pula pengidentifikasi unik untuk perusahaan-perusahaan yang merupakan produk dari Facebook, yang terkait di perangkat atau akun yang sama.

Banyaknya informasi yang didapatkan ini membuat netizen khawatir akan terulangnya bocornya data pengguna Facebook.

3. Data-data yang akan diperoleh Facebook dari WhatsApp

Kebijakan Baru Whatsapp 2021 19a00

Dari daftar informasi yang dikumpulkan WhatsApp di poin nomor dua, hampir semuanya akan dibagikan pula ke Facebook.

Data tersebut juga mencakup data transaksi, informasi terkait layanan dan cara interaksi dengan pengguna lain (termasuk dengan akun WhatsApp Business) saat menggunakan WA, serta informasi lain sesuai yang tercantum di halaman Informasi yang Kami Kumpulkan.

Sebenarnya, hal ini bukanlah sesuatu yang baru mengingat kebijakan WhatsApp untuk 'berbagi informasi' kepada Facebook sudah berlaku sejak 2016.

Bedanya, 4 tahun lalu WhatsApp memberlakukan opsi opt-out yang memungkinkan penggunanya menolak untuk berbagi data. Namun hal tersebut tak ditawarkan dalam kebijakan baru WhatsApp ini.

4. Data yang disimpan oleh WhatsApp

Kebijakan Baru Whatsapp Bahaya Atau Tidak 2a3b2

Bukan hanya Tiktok yang dapat melacak lokasi meski pengguna tidak menyalakan GPS, WhatsApp juga dapat mengetahui data-data seperti alamat IP dan kode area nomor ponsel.

Hal lain yang perlu diketahui adalah Facebook akan menyimpan seluruh data pengguna di pusat pengumpulan data global miliknya di Amerika Serikat.

Meski begitu, WhatsApp dalam halaman kebijakan privasinya mengungkap mereka tidak menyimpan pesan yang dikirimkan pengguna di servernya sama sekali.

5. Tidak ada iklan

Kebijakan Privasi Whatsapp Baru D1811

Meski pihak WhatsApp tidak menampik adanya kemungkinan untuk menghadirkan iklan dalam aplikasi, untuk saat ini mereka mengaku belum berencana melakukannya.

Nantinya, akan ada perubahan kebijakan jika memang WhatsApp memutuskan untuk menampilkan iklan.

6. Berhati-hati ketika berinteraksi dengan akun bisnis

Kebijakan Whatsapp Terbaru 7d9c1

Mudahnya penggunaan WhatsApp Business membuat banyak pebisnis melebarkan sayap usahanya ke aplikasi tersebut, dan kamu patut berhati-hati dengan hal ini, lho.

Sebab, kebijakan privasi WhatsApp terbaru menyatakan bahwa interaksi yang terjadi antara kamu dengan akun bisnis bisa saja diakses oleh beberapa orang atau bahkan dibagikan ke pihak ketiga.

Ini berarti data dan konten yang kamu berikan juga dapat dibaca dan dikelola oleh pihak tersebut. Hati-hati, ya!

7. Menghapus akun WhatsApp tak memusnahkan datamu

Kebijakan Privasi Whatsapp 24ba6

Banyak pengguna yang mengecam perubahan kebijakan baru WhatsApp 2021 dan menyerukan untuk menghapus akun WhatsApp dan beralih ke aplikasi chatting selain WA, tapi tahukah kamu bahwa itu juga percuma?

Jika kamu ingin 'menyelamatkan' datamu dengan menghapus akun, informasi mengenai grup dan pengguna lain yang terkait denganmu, termasuk salinan pesan akan tetap ada.

Jalan satu-satunya bila ingin memusnahkan datamu adalah dengan mengambil data dari WhatsApp dan menghapusnya sendiri. Bagaimana caranya, ya?

Akhir Kata

Itu dia hal-hal penting yang harus kamu ketahui. Mudah-mudahan dapat menjawab pertanyaanmu tentang kebijakan baru WhatsApp apakah aman.

Jadi, apakah kamu akan tetap setia menggunakan WA atau hijrah ke aplikasi lain, nih?

Baca juga artikel seputar WhatsApp atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Status Wa Keren 2f310
100+ Status WhatsApp Keren, Bijak, Lucu & Terbaru 2021 (Paling Update!)
Aplikasi Chatting Selain Wa 6b833
13 Aplikasi Chat Selain WA Terbaik | Alternatif WA Berbagi Data Pengguna!
Whatsapp Mod Apk Terbaru Terbaik 1c2f3
14 WhatsApp MOD APK dengan Fitur Terbaik dan Terbaru 2021, Anti Banned!
Tips Whatsapp Banner
14 Tips WhatsApp Ini (Mungkin) Belum Kamu Ketahui Hingga Saat Ini
Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat Whatsapp A0fa6
2 Cara Mudah Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp
Cara Mengganti Tema Whatsapp Tanpa Aplikasi 31ff2
3 Cara Mengganti Tema WhatsApp Tanpa Aplikasi & Root, Sudah Coba?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal