7 Jenis Investasi Paling Menguntungkan 2021, Demi Masa Depan Aman!

7 Jenis Investasi Paling Menguntungkan 2021, Demi Masa Depan Aman!

Sedang menimbang-nimbang untuk memulai investasi tapi masih bimbang mau berinvestasi apa?

Bukan cuma satu atau dua, jenis-jenis investasi dan penjelasannya memang cukup banyak dan mungkin bikin kamu pusing meskipun kini sudah banyak aplikasi investasi terbaik untuk pemula yang bisa memudahkanmu dalam berinvestasi.

Sebagai investor, kamu dapat memilih untuk berinvestasi dalam jangka pendek atau jangka panjang sambil mengukur kemampuanmu untuk menanam modal investasi di awal.

Dari banyaknya jenis investasi yang ada saat ini, Jaka sudah mengumpulkan 7 di antaranya yang paling menjanjikan dan memberikan keuntungan. Dijamin kamu tak akan asing dengan investasi-investasi berikut!

1. Saham

Jenis Investasi 15754

Tentu kamu sudah tak asing lagi dengan bentuk investasi yang satu ini lantaran saham memang sedang meraih popularitasnya belakangan, ditambah lagi dengan ramainya kawula muda yang terjun bermain saham.

Untuk memulai investasi saham kamu bahkan bisa melakukannya secara online dengan modal yang sedikit pula, asal kamu tahu cara main saham buat pemula agar untung dan tidak asal-asalan.

Dengan menjadi pemegang saham di suatu perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, kamu berhak mendapatkan hak atas dividen yang besarannya sesuai dengan jumlah saham yang kamu miliki.

Main saham memang praktis karena dapat diperjualbelikan dengan cepat, tetapi kamu juga harus sabar untuk menuai hasil maksimal dari jenis investasi jangka panjang yang satu ini.

2. Emas dan Logam Mulia

Jenis Investasi Jangka Panjang 86ab7

Selain saham, sekarang lagi nge-tren banget menabung atau investasi emas di berbagai platform, bahkan aplikasi belanja seperti Bukalapak dan Tokopedia.

Kamu jadi tidak perlu repot-repot beli emas dan menyimpannya dalam bentuk fisik, dan juga dapat memulai berinvestasi dengan modal yang minim.

Masuk ke dalam salah satu jenis investasi yang menguntungkan, investasi emas sudah ada sejak zaman dahulu dan selalu digemari karena harga emas dan logam mulia yang selalu meningkat, atau setidaknya stabil.

Jika kamu tertarik untuk investasi emas yang aman untuk jangka panjang dan pendek ini, silakan download aplikasi investasi emas terbaik yang pastinya aman dan diawasi OJK.

3. Reksa Dana

Jenis Investasi Yang Menguntungkan 2a2ba

Tipe investasi berikutnya yang tak kalah ngetop adalah reksa dana, investasi yang cocok untuk pemula karena anti ribet dan tak memerlukan investor untuk berkutat dengan detail-detail investasi.

Kamu bahkan dapat menjadi investor dengan dana terbatas dan membiarkan uangmu ini bergerak secara otomatis, karena reksa dana merupakan investasi yang dikelola oleh Manajer Investasi.

Uangmu akan diinvestasikan dalam portfolio efek seperti obligasi maupun saham. Hmm, tak usah bingung-bingung, kamu bisa langsung unduh aplikasi reksa dana terbaik di Indonesia dan mulai jadi investor sekarang juga.

4. P2P Lending

Jenis Investasi Jangka Pendek 3a5c0

P2P Lending merupakan gebrakan yang cukup baru berkat semakin berkembangnya investasi yang dilakukan secara digital.

Jenis instrumen investasi ini cocok untuk kamu yang memiliki modal dan tidak tahu ingin disalurkan ke mana, karena kamu bisa membantu pengusaha untuk mengembangkan usahanya.

Bila biasanya pemilik modal dan pengusaha difasilitasi oleh bank untuk proses investasi dan permodalan, P2P lending akan langsung mempertemukan investor dengan peminjam melalui berbagai platform online untuk negosiasi lebih jauh.

Dengan cara ini, kedua belah pihak dapat meminimalisir kerugian akibat fee yang biasanya diambil oleh bank. Tertarik dengan P2P lending?

5. Obligasi

Tipe Investasi 7522f

Untuk kamu yang sudah lumayan senior di dunia investasi, jenis instrumen pasar modal obligasi mungkin bisa menjadi salah satu pilihan tepat.

Obligasi sendiri merupakan surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan ataupun pemerintah, sehingga kamu akan ikut memperoleh bunga dan pengembalian pokok utang nantinya.

Jenis dan investasi obligasi juga berbeda-beda, salah satu yang paling menguntungkan adalah Surat Berharga Negara yang diterbitkan oleh pemerintah.

Untuk menjadi seorang investor obligasi, kamu bisa mulai berinvestasi sebesar Rp1 juta saja.

6. Deposito Berjangka

Jenis Jenis Investasi Dan Penjelasannya 35dcc

Karena kebanyakan orang Indonesia masih menyimpan uangnya di bank ketimbang diinvestasikan, mengapa tidak mencoba untuk menabung tetapi dengan mendapatkan bunga yang lebih tinggi layaknya investasi?

Itulah yang bisa kamu dapatkan dengan membuka deposito berjangka di bank-bank pilihan. Nantinya, kamu tidak boleh mencairkan dana sebelum jangka waktu yang ditentukan misalnya 3, 6, atau 12 bulan.

Jika kamu menarik uang sebelum tanggal jatuh tempo yang telah disepakati, kamu akan dikenakan penalti. Meski ada penaltinya, investasi ini termasuk salah satu yang paling aman dan memiliki risiko rendah.

Meski masih banyak pertanyaan apakah deposito merupakan investasi atau bukan, deposito merupakan jenis investasi untuk pemula yang cukup diminati.

7. Properti

Jenis Instrumen Pasar Modal D281f

Jika kamu tidak tertarik untuk melirik berbagai macam investasi jangka pendek, bisa jadi investasi properti akan membuahkan hasil yang kamu harapkan dalam jangka panjang.

Reputasi properti sebagai investasi jangka panjang yang aman dan menguntungkan memang terbukti sejak lama, itulah mengapa banyak kalangan senior yang gemar koleksi properti.

Nilai properti yang selalu meningkat setiap tahun dengan persentase mencapai 15-20% menjadi alasan banyak orang memilih investasi ini.

Kamu bisa memiliki tanah, rumah, apartemen, ataupun villa dan menjual atau menyewakannya untuk mendapatkan keuntungan. Meski modalnya besar, keuntungan yang didapatkan juga tidak main-main, lho.

Akhir Kata

Dari ketujuh jenis investasi di atas, manakah yang menurutmu paling bisa diandalkan untuk masa depan? Pastikan pilih yang sesuai dengan kemampuanmu dan jangan lupa cari tahu lebih dalam, ya.

Kalau kamu sudah mulai berinvestasi, boleh dong bagikan tips-tips suksesnya dengan Jaka di kolom komentar!

Baca juga artikel seputar Investasi atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Investasi Emas Online 41602
Aplikasi Investasi Emas Online Terpercaya & Cara Penggunaannya, Praktis!
Investasi Jangka Pendek 8e244
5 Investasi Jangka Pendek Terbaik 2021, Aman & Cepat Untung!
Aplikasi Reksadana Terbaik 8b8eb
7 Aplikasi Reksadana Terbaik 2021, Cuma Modal Rp10 Ribu Doang!
Investasi Jangka Panjang 495aa
5 Investasi Jangka Panjang yang Aman dengan Keuntungan Besar
Aplikasi Investasi Terbaik Online D6ced
10 Aplikasi Investasi Untuk Pemula Terbaik, Mudah dan Terpercaya!
Banner1 6bdb1
Mengenal Jenis dan Investasi Obligasi Sebelum Membelinya
Tautan berhasil disalinX
x