J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Istilah Penting Dalam File Audio yang Wajib Kamu Tahu

Rabu, 16 Nov 2016, 17:00 WIB
Jaka akan sedikit mengeksplorasi tentang pengertian file audio secara mendalam dan istilah penting dalam file audio dimana hal ini bisa mengoptimalkan kualitas audio saat kamu mendengar musik nantinya.

Setiap orang pasti tahu apa itu file Audio atau yang biasa kita sebut dengan file musik, tetapi tidak semua orang tahu tentang teknologi ini secara mendalam. Memang terlihat sepele atau tidak penting untuk kamu pelajari lebih lanjut. Tetapi ilmu tersebut sangat berguna untuk kamu yang ingin membuat rekaman musik atau cuman sekedar memaksimalkan kualitas audio saat kamu dengar sendiri.

Maka dari itu, Jaka akan sedikit mengeksplorasi tentang pengertian file audio secara mendalam dimana hal juga ini bisa mengoptimalkan kualitas audio saat kamu mendengar musik nantinya. Inilah 5 istilah penting dalam file audio yang wajib kamu tahu.

BACA JUGA
  • 5 Rekaman Audio 3D yang Pasti Membuat Kamu Takjub Hingga Ketakutan
  • Cara Update Driver Audio di Windows 7 dan Windows 8

5 Istilah Penting Dalam File Audio yang Wajib Kamu Tahu

1. Sample Rate

67a2c964836137277030879d7f8644d6
Sumber: makeuseof.com

Bagaimana cara kerja sebuah perangkat audio saat merekam? Perangkat tersebut bekerja dengan cara menangkap gelombang suara secara periodik atau mengambil dari waktu ke waktu hal tersebut dinamakan 'Snapshot'. Dimana setiap snapshot disebut Sample dan interval yang digunakan setiap snapshot disebut Sample Rate. Semakin pendek interval maka frekuensi semakin cepat, jika frekuensi lebih cepat maka kualitas audio akan lebih akurat.

2. Bitrate

Bec62b64dcf2fa39ebddf86080efe99f
Sumber: wikipedia.org

Banyak orang yang menganggap bahwa Bitrate sama dengan Sample Rate, tapi mereka memiliki berbedaan yang mendasar. Bitrate adalah banyaknya data suara yang diproses per detik, dan hal ini biasa dikalikan dengan Sample Rate dengan kedalaman bit. Contohnya file audio dengan Sample Rate 44.1 Khz dan kedalaman 16-bit akan memiliki Bitrate sebanyak 705,6 Kbps. Jadi apabila kedalaman bit semakin tinggi maka hasil rekaman juga akan semakin baik dan bagus.

3. Stereo vs Mono

7813d17099caa58a1ee4a4b011f06232
Sumber: audacityteam.org

Banyak orang yang masih belum paham perbedaan antara Stereo dan Mono. Singkatnya adalah Mono berarti satu saluran sedangkan Stereo berarti dua saluran. Dua saluran dalam Stereo bisa disebut dengan 'Kiri' dan 'Kanan'. Jadi apabila kamu mendengar musik bertipe stereo dengan headphone maka kamu akan mendengar dua suara yang berbeda antara Kiri dan Kanan. Tapi akan sangat berbeda jika kamu mendengarkan file bertipe Mono, kamu hanya akan mendengar musik yang datar.

File audio bertipe Stereo juga memiliki memori lebih banyak daripada file bertipe Mono. Jadi jika kamu berencana untuk mengurangi ukuran file audio secara signifikan maka mengubah musik Stereo menjadi Mono adalah langkah yang tepat. Tapi kamu tanggung sendiri resikonya, karena musik kamu akan terdengar datar nantinya.

4. Compression

97c5ce96379717e3b8fc60d0891ed166
Sumber: techeye.net

Compression bisa kamu sebut dengan kompresi atau biasa disebut dengan mengecilkan ukuran sebuah file. Jika kamu ingin mengecilkan file audio maka kamu bisa bermain-main dengan mengubah pengaturan seperti Sample Rate, Bitrate, dan Stereo, dan Mono.

Ada 2 cara dalam kompresi file audio yaitu:

  • Lossy compression adalah dengan cara menghilangkan data yang tidak diperlukan dalam file audio, seperti suara-suara yang terdengar jauh. Tetapi data tersebut akan benar-benar hilang setelah dikompres.
  • Lossless compression adalah mengkompres semua file audio dengan menggunakan algoritma matemarika. Tetapi file audio harus didekompresi kembali saat diputar sehingga akan membutuhkan kekuatan lebih saat audio diputar nantinya. Keuntungannya adalah tidak ada data audio yang hilang

5. File Format

50e859d8b13293e8f48cc362e9d06f29
Sumber: pixabay.com

Setelah kamu sudah mengerti dengan berbagai istilah di atas maka akan terasa kurang jika kamu tidak mengetahui jenis-jenis file audionya. File audio yang populer saat ini dan sering digunakan adalah jenis MP3, OGG, dan ACC.

Berikut ini penjelasan singkat perbedaan ketiga jenis file tersebut:

  • MP3 adalah file audio yang paling populer karena MP3 adalah jenis file audio pertama muncul.
  • ACC secara teknik ACC memiliki kelebihan dibanding dengan MP3 tetapi jarang yang memakai file tersebut karena memiliki memori yang lebih besar dibanting MP3.
  • OGG juga baik, tetapi tidak banyak perangkat yang mendukung jenis file OGG.

Dengan mengetahui 5 hal di atas, maka sekarang kamu bisa membuat rekaman audio dengan kualitas yang diinginkan. Kamu juga bisa mengkompres file audio secara benar tanpa harus merusak kualitas file audio tersebut.

ARTIKEL TERKAIT
Adobe Voco Software Edit Suara 2crop1200x512

Bukan Cuma Gambar, Photoshop Akan Bisa Digunakan Mengedit Suara!

Cara Mematikan Audio Langsung Dari Tab Google Chrome Banner

Cara Mematikan Audio Langsung dari Tab Google Chrome

Cara Baru Mengatur Volume Suara

Cara Mengatur Suara di Android Jika Tombol Volume Rusak

Google Now Banner

100+ Perintah Suara yang WAJIB Kamu Ketahui di Google Now

Cara Hack Suara Headphone

Cara Hack Headphone Agar Suara Makin Kencang Tanpa Root

APPS TERKAIT
Musixmatch Icon
Musixmatch - Lyrics & Music 7.4.1
Apps musiXmatch
Tunee Music
Tunee Music 6.0
Apps MediaFlow Labs
Joox Music Icon
JOOX Music - Live Now! 5.5.2
Apps Tencent Mobility Limited
Poweramp Icon
Poweramp Music Player
Apps Max MP
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Situs File Sharing Terbaik untuk Mengirim File Ukuran Besar

10 Situs File Sharing Terbaik untuk Mengirim File Ukuran Besar

5 Cara Transfer File Dari PC ke Android Tanpa Aplikasi

5 Cara Transfer File Dari PC ke Android Tanpa Aplikasi

6 Aplikasi File Manager Android Terbaik 2016

6 Aplikasi File Manager Android Terbaik 2016

Cara Menyembunyikan File Dalam Gambar Tanpa Software!

Cara Menyembunyikan File Dalam Gambar Tanpa Software!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal